in

Geger Video Produksi Masker Tak Higienis, Catat 3 Hal Ini agar Tak Ketipu Produk Abal-abal

Sejak marak virus Corona, masker menjadi benda paling dicari oleh banyak orang. Walhasil, kelangkaan pun terjadi dan harganya melonjak dengan bar-bar. Tak hanya sampai di situ, baru-baru ini netizen dikagetkan dengan munculnya video dokumentasi pengemasan masker yang jauh dari higienis.

Video yang masih ditelusuri dan dilaporkan ke akun resmi Kepolisian RI tersebut, mempertontonkan bagaimana masker bertebaran dan menumpuk di lantai. Sambil suara pria yang merekam, menjelaskan proses produksi bahwa barangnya nyata. Di antara tumpukan tersebut ada ibu-ibu pekerja yang duduk di atasnya seraya mengumpulkan dan mengemas masker. Bahkan, ada ibu pekerja yang lewat dengan menginjakkan kaki di atas tumpukan masker.

https://twitter.com/MRFOLKTIVE/status/1230424475524460546?s=19

Sangat disayangkan, kondisi tegang dan penuh kecemasan akan wabah penyakit seperti ini seringkali jadi peluang yang dimanfaatkan dengan tidak benar oleh berbagai pihak. Masker adalah benda yang sejak awal produksi hingga akhir penggunaannya dilakukan untuk kebutuhan higienik. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum kita membeli dan setelah selesai menggunakan masker, supaya meminimalisir celah ambil untung dari oknum tertentu hingga merugikan lebih banyak orang.

Rusak masker setelah selesai menggunakan

Rusak masker [sumber gambar]
Masker pada umumnya dibuang setelah satu kali pakai, sebagian besar dalam kondisi yang terlihat masih bagus. Kalau masker Sobat Boombastis selesai dipakai, ada baiknya digunting atau dirobek. Hal ini untuk menghindari pengambilan dan pengepulan masker bekas untuk ‘dikelola’ kembali seolah seperti baru dan dijual kembali.

Jangan tergiur harga murah

Jangan tergiur harga murah [sumber gambar]
Di saat masker langka atau pun tidak, sebagai pembeli kita tentu akan cari harga yang ekonomis. Sebaiknya, cari harga yang masuk akal. Harga mahal tidak jaminan, terlalu murah pun patut dipertanyakan. Misalnya masker sachet isi 5, standarnya dimulai dari harga IDR 8,500. Jika ada yang menjual masker isi 8 dengan IDR 8,000, ada baiknya pikir seribu kali untuk membeli.

Beli masker di tempat yang meyakinkan

Beli masker di supermarket [sumber gambar]
Selain harga, cara lain membeli masker yang aman adalah memperhatikan di mana kita membeli. Penjaja di jalanan biasanya menawarkan barang yang lebih murah, tapi kualitasnya ya jangan dibandingkan dengan distributor resmi, apotek atau minimarket. Cek juga asal produksinya, karena produsen asli biasanya memiliki alamat gedung atau situs resmi.

BACA JUGA: Mengenal Jenis Masker Standar Dunia untuk Cegah Virus Corona agar Tidak Mudah Tertular

Intinya, telitilah dulu sebelum membeli. Tidak perlu tergesa atau terbawa suasana sehingga kita mengambil keputusan tanpa pikir panjang. Terlanjur bayar mahal tapi dapat barang abal-abal, malah bikin rugi dan tambah kesal, kan?

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Yoshio Kodama, Tokoh Yakuza yang Berjasa Menjaga Sukarno Selama Berkunjung ke Jepang

Duka Sleman: Arus Besar Terjang Susur Sungai SMPN 1 Turi, Ratusan Pelajar Sempat Hanyut