in

Ajaib! 5 Masjid Indonesia Ini Kokoh Berdiri Meski Sekitarnya Luluh Lantak Karena Bencana

Masjid Baiturrahman [Sumber gambar]

Jika kita flashback diingatkan kepada bencana tsunami tahun 2004 silam, maka yang terlintas adalah Aceh yang luluh lantak dan menelan ratusan ribu korban jiwa. Namun, ada saja keajaiban yang terselip di antara bencana maha dahsyat yang menghancurkan apa saja yang ada di tempat tersebut. Salah satu contohnya adalah, keberadaan Masjid Baiturrahman yang masih tegak kokoh walaupun semua bangunan sekitarnya habis diterjang bencana.

Hal tersebut ternyata tidak hanya terjadi di Aceh saja, di beberapa daerah, rumah ibadah ini seolah menjadi saksi atas apa yang terjadi di atasnya. Penasaran masjid apa saja yang masih bertahan di tengah goyangan bencana? Simak ulasannya berikut ya!

Masjid Biaturrahman Aceh ketika tsunami 2004

Tsunami yang menerjang Aceh dalam beberapa menit di tahun 2004 silam masuk dalam deretan bencana paling menakutkan yang pernah terjadi di Indonesia. Gelombang setinggi 30 meter disertai gempa berkekuatan 9 SR tersebut menyapu semua bangunan kokoh yang ada. Bencana yang masuk dalam kategori megathrust ini tidak hanya menghancurkan Indonesia bagian barat saja, tetapi juga berdampak bagi negara Thailand, Sri Lanka, serta India.

Masjid Baiturrahman [Sumber gambar]
Namun, dari semua yang hancur, ada satu bangunan yang hanya dilewati oleh air mematikan tersebut. Adalah masjid Baiturrahman, yang hingga sekarang berdiri dan dijadikan kunjungan wajib oleh siapapun yang datang ke Serambi Mekkah ini.

Masjid yang tetap berdiri walau dua kali diguncang bencana

Masih di Aceh, masjid ini bernama Baiturrahim. Dibangun pada tahun abad 17 (tahun 1873), berlokasi di Ulee Lheue, Meuraksa, masjid ini pernah dua kali terguncang bencana besar namun tetap berdiri hingga kini. Pertama kali, Masjid Biaturrahman pernah terkena gempa dahsyat pada 1983, salah satu kubah masjid ini runtuh, kemudian diganti dengan atap biasa seperti kebanyakan masjid.

Masjid Baiturrahim [Sumber gambar]

Tsunami 2004 lalu juga membebaskan masjid peninggalan Sultan Aceh ini dari sapuan air. Di saat air naik ke daratan, Masjid Baiturrahim justru menjadi tempat berlindung yang tidak terkena bencana besar tersebut.

Masjid Al Mujahidin, Yogyakarta yang terlewati lava Merapi

Letusan gunung sudah tentu membuat siapapun khawatir dan takut. Ketika Merapi memuntahkan lava panasnya pada 26 Oktober 2010 lalu, semua orang yang tinggal di sekitar daerah tersebut diungsikan dan dievakuasi ke tempat yang lebih aman. Saking mengerikannya letusan ini, juru kunci Merapi, Mbah Maridjan meninggal tak lama setelah letusan gunung tersebut.

Masjid Al Mujahidin [Sumber gambar]
Ajaibnya, di tengah bencana lava dan awan panas yang menewaskan apapun yang ia lewati, sebuah masjid bernama Al Mujahidin malah masih berdiri kokoh seolah tak tersentuh. Sungguh ini semua kuasa Tuhan yang maha berkendak!

Masjid Al Barkah Banten yang selamat dari jebolnya Bendungan Situ Gintung

Walaupun berkekuatan lebih kecil dari tsunami, air bah bisa juga menghancurkan suatu tempat dan menewaskan loh Saboom. Kejadian ini pernah terjadi di Banten, tepatnya Bendungan Situ Gintung. Jebolnya tanggul air pada 2009 ini membuat ratusan rumah terendam banjir bercampur lumpur, serta sebagian bangunan runtuh akibat terjangan kuat tersebut.

Masjid Al Barkah Banten [Sumber gambar]
Tidak hanya itu, kejadian yang terjadi dini hari ini setidaknya menewaskan sekitar 32 orang. Namun, anehnya, Masjid Al Barkah justru tetap kokoh berdiri. Hanya sedikit saja bagian dari dinding masjid ini yang tergerus dan mengalami kerusakan.

Gagah berdiri di tengah letusan Gunung Galunggung

Lazimnya daerah yang berada di kaki gunung pasti menjadi tempat paling berbahaya saat pasak bumi tersebut meletus. Begitu pula dengan Masjid Kikisik yang hanya berjarak 5 Km dari kawah lahar Gunung Galunggung. Tapi, begitulah kuasa Tuhan, saat Galunggung meletus dan memuntahkan lahar panas tahun 1982 silam.

Masjid Kikisik [Sumber gambar]
Cairan berbahaya tersebut malah berbelok arah dan tidak mengenai sedikitpun bagian dari Masjid Kikisik. Padahal, jika mau ditelaah secara logika, masjid yang berada di cekungan seharusnya musnah pertama kali, tapi hal tersebut tidak pernah terjadi.

Ya, begitu kuasa Tuhan saat ia sudah berkendak. Segala hal  tak masuk akal menurut manusia akan dengan mudah bisa terjadi, seperti kejadian masjid-masjid di atas. Pelajaran yang bisa kita ambil dari kejadian di atas adalah tetap menjaga rumah Allah, akan lebih baik kalau dimakmurkan dan digunakan dengan baik. Semoga bermanfaat!

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Tidak Banyak Diketahui, Kenali Macam-macam Plat ‘Dewa’ yang Kebal Terhadap Tilangan Polisi

Sanggup Melepas Nyawa Sendiri, Beginilah Dahsyatnya Ajian Rogo Sukmo