in

Menengok Megahnya Masjid-Masjid di Negara Palu Arit

Central Mosque Saigon [image: source]

Setelah Baitullah, masjid adalah tempat ibadah yang mempunyai keutamaan bagi umat muslim. Sebab, dengan melakukan ibadah di masjid dan berkumpul dengan sesama muslim, ganjaran pahalanya dilipatgandakan ketimbang melakukan ibadah sendirian. Karenanya, banyak masjid-masjid besar nan megah berdiri. Tujuannya juga agar bisa beribadah dengan sangat nyaman.

Tentang masjid, bangunan suci ini bisa ditemui di seluruh dunia. Mulai dari belahan bumi timur ke barat. Bahkan, kalau kamu belum tahu, di negara-negara komunis pun masjid juga tegak berdiri. Agak tidak biasa ya, tapi memang begitulah fakta sebenarnya. Bahkan di beberapa negara berazas palu arit, masjid-masjidnya sangat luar biasa.

Lalu, negara-negara komunis mana saja yang memiliki masjid megah? Simak ulasannya berikut.

Central Mosque Saigon, Vietnam

Central Mosque Saigon terletak di jantung kota Vietnam. Dinamai Central Mosque Saigon, karena Saigon sendiri adalah sebutan daerah yang kini dinamai Ho Chi Minh City, tempat berdirinya masjid. Tempat ibadah ini dibangun sekitar tahun 1935 dan diprakarsai oleh muslim dari kawasan India selatan yang tinggal di Ho Chi Minh City. Posisi masjid yang diapit gedung-gedung menjulang tinggi membuat landscape masjid nampak indah. Tidak hanya itu, empat menara di setiap sudut menambah kesan cantik masjid dengan warna biru muda dan putih ini.

Central Mosque Saigon [image: source]
Nuansa Timur Tengah terlihat dari lubang melengkung yang khas, dan berjajar sebanyak tujuh buah di bagian depan bangunan masjid. Sebelum memasuki masjid, ada anak-anak tangga yang mengantarkan kaki melangkah. Tanaman-tanaman asri di sekitar masjid pun menambah suasana adem selepas ibadah.

Masjid Id Kah, Xinjiang China

Disebut-sebut sebagai masjid terbesar di negara China, luas masjid Id Kah mencapai 16.800 meter persegi. Masjid yang terletak di Kashgar Xinjiang ini dapat menampung sekitar 20 ribu jamaah sekaligus. Masjid yang diisi hampir 1000-an orang ketika pelaksanaan sholat jumat ini, pernah juga masuk pada deretan masjid tercantik di dunia. Tempat ibadah berwarna dominan kuning ini juga menjadi destinasi wisata religi bagi umat Islam yang tengah berlibur ke China. Dibangun sekitar tahun 1400, arsitek yang merancang bernama Mirza Saqsix.

Masjid Id Kah, Xinjiang China [image: source]
Memasuki bagian halaman, tumbuh pohon-pohon poplar dan rhu yang menjulang tinggi dan subur. Pohon-pohon inilah yang menjadi sumber kesejukan di masjid Id Kah. Ada juga sebuah kolam yang berair jernih, kita bisa bercermin saking beningnya. Tiba di ruang utama masjid, banyak tiang berukir dan terdapat gambar yang indah. Masjid ini sempat mengalami kerusakan saat masa revolusi kebudayaan China. Dan kini telah diperbaiki dan dilindungi dengan baik.

Masjid Niujie, Beijing

Merupakan masjid tertua di China, Niujie telah berumur lebih dari seribu tahun. Daya tarik masjid ini terletak pada arsitekturnya yang lebih dominan khas Cina, meski tetap ada pengaruh Islam di dalamnya. Masjid ini dibangun pada masa pemerintahan Kaisar Tonghe dari Dinasti Liao. Diprakarsai oleh orang-orang berkebangsaan Arab, masjid ini telah melewati enam zaman dinasti Cina hingga era modern.

Masjid Niujie [image: source]
Niujie berarti “Jalan Sapi”, konon penamaan ini dilatarbelakangi oleh adanya banyak penjual makanan halal. Dan makanan yang paling dominan adalah yang berbahan baku daging sapi. Sebagai masjid tertua, masjid Niujei menjadi pusat komunitas Muslim di kota Beijing dengan jumlah anggota mencapai 200 ribu jiwa. Tampak luar, bangunan masjid menampakkan arsitektur tradisional Cina. Sedangkan bagian dalam kental dengan gaya arsitektur Islam.

Masjid Pyongyang, Korea Utara

Disebut-sebut sebagai satu-satunya masjid di Negara Korea Utara, Pyongyang berada di komplek kedutaan besar Iran yang terdampingan dengan kedutaan besar Romania. Karena Korea Utara terkenal sebagai negara yang tertutup, tak banyak informasi yang dapat diambil tentang kondisi umat Muslim di sana.

Masjid Pyongyang [image: source]
Kabarnya, ada komunitas Islam dengan jumlah anggota sekitar 2000 orang. Masjid megah di Korea Utara ini memiliki puncak yang dihiasi lafal Allah.  Dan masjid ini merupakan tujuan utama bagi turis muslim yang ingin beribadah.

Kemegahan masjid-masjid di atas menunjukkan bahwa di daerah yang bahkan sulit untuk didirikan tempat ibadah, ternyata agama Islam masih bisa tumbuh dengan baik. Bagaimana menurutmu masjid-masjid di atas, indah bukan?

Written by Aini Boom

Leave a Reply

4 Kisah Perayaan Ulang Tahun yang Berakhir Tragis

5 Foto Penampakan Benda Asing di Mars Ini Masih Menjadi Misteri Hingga Sekarang