in

Sering Dibuang, Daun Sirsak Memiliki Beragam Manfaat yang Sangat Menakjubkan

Daun sirsak memang sering kali kita temukan setiap harinya. Apalagi yang punya pohon sirsak, wah sampai bosan deh melihatnya. Namun dengan keterbatasan pengetahuan para pemilik, daun sirsak kerap dibuang ketika sudah berguguran ataupun ketika sedang memanen buah tersebut.

Padahal, daun sirsak ini punya manfaat bagi kita lho. Terutama dalam bidang kesehatan. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya penelitian yang melibatkan daun sirsak sebagai pemeran utamanya. Jadi apa saja sih khasiat dari daun sirsak ini?

Bisa mengobati asam urat yang sering tertimbun dalam tubuh

Daun dari buah sirsak ini ternyata mampu mengobati asam urat lho Sahabat Boombastis. Dilansir dari laman liputan6.com, daun ini mengandung acetogenin, annocatalin, asam gentisic, annomuricin, caclourin, dan asam linoleat.

Mengobati asam urat [Sumber Gambar]
Nah, dari campuran senyawa-senyawa inilah, daun sirsak bisa menghambat pertumbuhan asam urat yang ada di dalam tubuh seseorang. Jadi enggak perlu lagi deh untuk pergi ke apotek buat beli obat mahal. Cukup rebus daun sirsak dan konsumsi setiap pagi, maka asam urat lambat laun akan pergi jauh.

Dapat memperlambat tumbuhnya sel kanker

Di tahun 1976 lalu ada seorang Ahli Farmasi di Amerika yang menyatakan kalau daun sirsak memiliki manfaat mengejutkan. Adalah daun sirsak memiliki kekuatan 10ribu kali lebih besar daripada kemoterapi untuk menyembuhkan beragam kanker. Seperti kanker payudara, paru-paru dan juga usus besar.

Memperkecil sel kanker [Sumber Gambar]
Ini dikarenakan bersumber dari kumparan.com, daun sirsak mengandung Acetogenin yang bisa menghambat sel kanker dan pertumbuhan tumor pada tubuh. Cara menggunakannya adalah dengan merebus 10 lembar daun sirsak dan kemudian diminum setiap pagi.

Diabetes pun bisa diusir oleh daun sirsak ini

Tak hanya asam urat dan kanker, daun sirsak juga bisa mencegah timbulnya diabetes. Ya, penyakit yang disebabkan oleh kadar gula tinggi ini bisa diusir karena beberapa senyawa dari dalam buah sirsak tersebut.

Mengobati diabetes [Sumber Gambar]
Seperti yang disebutkan dalam vemale.com, kalau daun sirsak mengandung banyak antioksidan di dalamnya. Seperti polifenol, saponin dan juga bioflavonoid. Bahkan, zat-zat tersebut juga bisa melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas.

Sudah tahu kan apa saja manfaat dari daun sirsak ini? Tak disangka ya ternyata, daun dari buah ini mampu mengobati beberapa penyakit khususnya kanker yang paling ditakuti. Oleh karena itu, bagi kalian yang punya pohon sirsak, lebih baik daunnya disimpan dan dijadikan obat untuk mengusir penyakit. Ya itung-itung enggak perlu lagi beli obat di apotek lah ya. Tapi, jika kalian ingin mengobati penyakit dengan daun sirsak ini, lebih baik konsultasikan dulu kepada dokter. Sebab, ada beberapa orang dengan ciri tertentu yang tidak boleh mengonsumsi daun sirsak.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Cantik dan Nggak Sombong, Ini Lho 4 Bukti Kalau Gisella Anastasia itu Istri Idaman Banget

3 Tempat Jatuhnya Pesawat di Indonesia yang Dianggap Sebagai Wilayah Angker