in

Ajaib! Inilah 4 Manfaat Daun Kenikir yang Kini Sulit untuk Ditemukan

Masih ingat dengan daun kenikir? Tanaman yang dulu kerap dijadikan urap-urap dan juga campuran pecel. Rasanya yang maknyus, mampu memanjakan lidah setiap penikmatnya. Selain itu, kemudahan untuk mendapatkannya di mana pun, membuat banyak orang tak segan menjadikannya daun terfavorit sepanjang masa.

Sayangnya, daun kenikir saat ini sangat sulit ditemukan Sahabat Boombastis. Sehingga toko-toko online sampai menjual bibitnya dengan harga yang lumayan mahal. Padahal, jika daun kenikir masih gampang ditemukan di berbagai tempat, kalian bisa memanfaatkannya. Alasannya karena kenikir memiliki khasiat yang luar biasa di dalamnya.

Dapat membasmi sel penyakit paling mematikan di dunia

Mengurangi sel kanker pankreas [Sumber Gambar]
Salah satu manfaat yang bisa kita dapatkan dari daun kenikir ini adalah bisa melawan kanker. Hal ini diungkapkan oleh Dr. Frank Shallenberher M.D selaku spesialis pengobatan alternatif dan anti penuaan di Amerika Serikat. Ia mengutarakan jika daun kenikir ampuh dalam melawan sel-sel kanker dalam tubuh. Ini dikarenakan zat-zat aktif dalam daun kenikir dapat menahan tumbuh kembangnya sel-sel kanker dengan cara mereduksi dan memproteksi sistem imunitas tubuh seseorang. Namun, ini berlaku hanya untuk kanker pankreas Sahabat Boombastis.

Menjaga kesehatan organ dalam seperti jantung dan juga hati

Mengurangi risiko perlemakan hati [Sumber Gambar]
Kemudian, jantung dan hati juga bisa dilindungi kesehatannya oleh daun kenikir lho. Ini dibuktikan dalam penelitian dan hasil riset Journal of Medicinal Food 2013 yang ternyata bisa menurunkan risiko terjadinya penyakit kardiovaskular dan juga perlemakan hati. Nah, kedua penyakit tersebut bisa dikurangi lantaran daun kenikir memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang cukup banyak. Contohnya saja seperti asam amino, serat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin C dan K serta beta karoten.

Bisa menangkal serangan radikal bebas

Menangkal serangan radikal bebas [Sumber Gambar]
Selain dua di atas, kenikir juga mampu menangkal serangan radikal bebas. Sebuah hasil riset dari European Journal of Clinical Nutrition di tahun 2004 menyebutkan jika kenikir memang ampuh menangkal radikal bebas yang bisa merusak sistem sel-sel saraf dalam tubuh. Ini bisa terjadi karena daun kenikir segar mengandung sekitar 2500 mg asam karbonat yang setara dengan kapasitas antioksidan pada buah-buahan seperti apel, strawberry dan juga pisang. Cocok banget nih untuk kita yang sering sekali berhadapan langsung dengan radikal bebas.

Tak memiliki efek buruk bagi pengonsumsinya, maka aman dimakan siapa saja

Aman dikonsumsi siapa saja [Sumber Gambar]
Mungkin beberapa di antara kalian berpikir kalau mengonsumsi daun kenikir terlalu banyak bisa sebabkan efek samping yang kurang baik bagi tubuh. Namun, menurut spesialis Molecular Biophysics dari University of Southern, Denmark yaitu Prof Dr. Ole G. Mouritsen, jika kenikir merupakan makanan nabati yang tidak memiliki kandungan garam di dalamnya. Dengan demikian, daun kenikir terbilang aman apabila dikonsumsi bagi siapa saja dan berapapun jumlahnya.

Itulah segudang manfaat yang diberikan oleh daun kenikir. Namun masih banyak lagi khaiat yang dihasilkan oleh tanaman satu ini. Jika kalian tahu apa saja manfaat daun kenikir selain yang disebutkan di atas, bisa share di kolom komentar ya.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Potret Transformasi Kevin Sanjaya ‘The Minions,’ Ternyata dari Kecil Sudah Tengil!

Berisik Bagi Negara Lain, Inilah Sejarah Sorakan ‘Eeaa-Eeaa’ dari Suporter Bulu Tangkis