in

Disebut Pohon Ajaib, Begini ‘Sisi Lain’ Daun Kelor yang Ternyata Bisa Lunturkan Kesaktian

Mengeluarkan susuk dengan kelor [Sumber gambar]

Bentuknya yang kecil membuat ia dijadikan sebagai peribahasa ‘dunia tak selebar daun kelor’. Padahal jika ditilik dari manfaat ada banyak sekali keuntungan yang bisa diambil dari tanaman yang sering disayur ini. Tercatat, kelor bisa menyembuhkan sekitar 300 jenis penyakit, baik dari daun ataupun buahnya.

Di sisi lain, banyak pula mitos yang menerangkan bahwa kelor punya manfaat magis. Kelor adalah pohon sakti yang masih dianggap manjur untuk menangkal segala jenis ilmu hitam oleh sebagian orang Indonesia. Untuk mengetahui lebih dalam ‘sisi lain’ daun kelor, mari simak ulasan berikut ini.

Kelor sebagai media mengeluarkan susuk

Mengeluarkan susuk dengan kelor [Sumber gambar]
Indonesia masih kental budaya percaya dengan hal-hal yang bisa mendatangkan keberuntungan melalui jimat, susuk, dan mantra. Susuk di sini bisa dijadikan syarat untuk melariskan dagangan, membuat selalu terlihat cantik dan awet muda, serta banyak niatan lain. Namun, ketika seseorang meninggal, susuk ini harus dilepas dari tubuhnya. Memakai daun kelor adalah salah satu alternative paling mudah yang banyak sekali digunakan dari dulu. Caranya bisa dengan memukulkan batang atau daun pada tempat yang ditanami susuk. Mengeluarkan susuk ini biasanya disertai mantra tertentu.

Bisa melunturkan kesaktian

Ilustrasi orang kebal [Sumber gambar]
Kesaktian seperti punya ilmu kebal, dan juga energi jahat dalam tubuh bisa ditemukan di negara kita. Hal ini sudah ada sejak zaman nenek moyang kita dulu, di mana hingga sekarang kadang masih menjadi misteri bagaimana hal tersebut bisa terjadi. Dilansir dari grid.id, ada sebuah tulisan dari B. Soelist tentang  Manusia Kebal Antara Kenyataan dan Legenda. Dalam buku ini diceritakan salah satu tokoh PKI di Madiun yang takluk karena cambukan daun kelor. Ia yang sebelumnya punya badan sekebal baja yangtak mampu ditebas algojo lemas tiada daya saat disentuh oleh kelor. Sampai kini kisah kesaktian manusia itu masih sering terdengar.

Mengusir jin dan ilmu hitam

Tanaman kelor [Sumber gambar]
Pohon kelor dianggap sebagai tanaman sakti karena khasiatnya yang bisa mengalahkan makhluk halus. Orang yang punya kekuatan yang bersumber dari setan bisa kalah dengan pohon berdaun kecil ini. Di samping itu, ada orang yang masih percaya bahwa menaruh seikat daun kelor di atas pintu bisa menolak segala bala yang akan datang.  Selain itu, orang dahulu sering sengaja menanam kelor di depan rumah mereka untuk menangkal segala serangan gaib yang hendak masuk, sehingga niat jahat orang yang mengirim petaka bisa dilumpuhkan dan seisi rumah aman.

Nah, meskipun hal ini hanya disebut sebagai mitos, faktanya banyak sekali orang yang percaya dan membuktikan sendiri manfaat yang diberikan oleh daun kelor. Tapi kembali lagi, untuk fungsinya sebagai obat, badan kesehatan dunia (WHO) memang menobatkan kelor sebagai pohon ajaib yang bisa menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

5 Fakta Sapi Limousin, Hewan di Indonesia yang Bobotnya Saingan dengan Kontainer Barang

15 Meme Tengil Kevin Sanjaya di Lapangan Asian Games 2018, Bikin Geregetan Banget!