in

Ketahui Manfaat Penting Gac, ‘Buah dari Surga’ yang Ampuh Obati Penyakit Mematikan di Dunia

Siapa yang tahu buah bernama Gac? Mungkin di antara kalian masih banyak yang belum tahu dengan buah satu ini. Gac merupakan buah yang punya warna oranye kemerahan dan dilengkapi duri tumpul pada kulitnya. Kalau dibuka, bagian dalamnya sangat mirip dengan markisa, namun perbedaannya hanyalah pada warnanya saja Sahabat Boom (Saboom). Kalau markisa warnanya kuning, jika gac adalah merah darah.

Selain bentuknya yang unik, buah ini juga punya julukan menarik. Panggilannya adalah buah dari surga. Entah apa alasannya dijuluki buah seperti itu, tapi yang jelas ia memiliki fakta-fakta menarik di dalamnya. Jadi, apa saja sih fakta dari buah gac?

Bisa mengobati diabetes maupun kanker

Cegah penyakit diabetes [sumber gambar]
Gac memang bukan sembarang buah. Walaupun ia memiliki bentuk yang aneh, buah gac memiliki banyak manfaat lho Saboom. Contohnya bisa untuk mengobati diabetes, bahkan penyakit kanker pun bisa disembuhkan. Ini karena jumlah beta-carotene (vitamin A) dan lycopene yang terkandung di dalamnya sangatlah tinggi. Malahan, bisa dikatakan kandungan beta-carotene di buah gac lebih tinggi dibandingkan dengan wortel ataupun ubi ungu. Oleh karena itu, tak jarang orang rela mencari-cari buah ini ke manapun asalkan kesehatan bisa terjaga.

Dapat meningkatkan kekebalan tubuh

Sistem kekebalan tubuh meningkat [Sumber Gambar]
Jika Saboom sekalian sering jatuh sakit, sudah tidak perlu khawatir lagi. Sebab, buah gac bisa membantu menjaga imunitas tubuh berkat vitamin C yang dikandungnya. Vitamin C pada buah ini dapat meningkatkan produksi sel darah putih serta antibodi yang membantu melawan virus atau bakteri di dalam tubuh. Sehingga, tubuh kalian dijamin tidak akan mudah sakit kalau konsumsi buah gac.

Mencegah terjadinya penuaan dini

Cegah penuaan dini [Sumber Gambar]
Hal yang satu ini pasti disukai oleh para wanita. Bagaimana tidak, buah berwarna oranye ini mempunyai khasiat luar biasa yakni dapat mencegah penuaan dini Saboom. Manfaat tersebut bisa terjadi lantaran antioksidan yang terkandung dalam buah gac punya kemampuan untuk mempertahankan elastisitas kulit sehingga bisa lebih kencang, sehat dan segar. Hayo, siapa yang mau coba buah ini?

Memiliki banyak sebutan nama dari berbagai negara

Memiliki banyak sebutan di berbagai negara [Sumber Gambar]
Buah yang banyak ditemukan di Asia Tenggara ini, ternyata punya banyak sebutan Saboom. Nama Gac berasal dari negara Indonesia, nah kalau di negeri lain pasi tidak tahu dengan sebutan tersebut. Kalau di negara Thailand sebutannya adalah Fahk Khao. Sedangkan di negeri Myanmar namanya Taw Thabu. Kemudian untuk di negara-negara lain di dunia ada yang menyebutnya Spiny Bitter Gourd, Sweet Gourd dan Cochinchin Gourd. Jadi, untuk Saboom yang pergi ke luar negeri kalau mau cari buah gac, harus hafalin dulu nih nama-namanya.

Hanya tumbuh dua bulan dalam setahun

Hanya tumbuh pada Desember dan Januari [Sumber Gambar]
Jangan heran jika kalian jarang atau tidak pernah melihat buah ini. Karena ada beberapa alasan di baliknya. Pertama, di Indonesia baru ditemukan di daerah Gunung Kidul,Yogyakarta. Lalu, alasan kedua adalah buah ini hanya tumbuh beberapa kali saja dalam setahun Saboom. Dilansir dari travel.tribunnews.com, buah gac tumbuh selama dua bulan dalam kurun waktu setahun. Kira-kira di bulan Desember dan Januari. Sehingga, bagi kalian yang ingin makan buah ini wajib tunggu tahun baru dulu ya.

Setelah melihat penjelasan di atas, bisa disimpulkan nih jika gac memang pantas dijuluki buah dari surga. Jadi tak heran jika banyak orang rela mencarinya ke mana-mana demi kesehatan. Lalu, setelah kalian melihat berbagai manfaatnya, apa Saboom tertarik untuk mencicipinya?

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Orang Tua Tunanetra, Perjuangan Gadis Pencari Beasiswa dan Lulus Kuliah Ini Bikin Terharu

Nggak Melulu Kaku, Deretan Foto Ini Bukti Tentara Juga Bisa Bertingkah Absurd