in

Biji Nangka, Bagian yang Sering Dibuang Namun Punya Manfaat Tak Terduga

Dari dulu sampai kini, yang kita tahu nangka hanya bisa dinikmati buahnya saja. Sebab, buahnya bisa dijadikan cemilan semacam keripik. Namun apa kalian tahu kalau sebenarnya nangka enggak hanya bisa dinikmati bagian buahnya saja lho. Ada bagian lain yang bisa dikonsumsi juga.

Adalah biji nangka. Yap, bagian nangka yang sering kali kita buang ini ternyata dapat dikonsumsi juga Sahabat Boombastis. Tapi tentunya harus melalu proses pengolahan terlebih dahulu. Biji nangka ini memiliki segudang manfaat di baliknya. Jadi, jangan dibuang dulu kalau kalian punya bagian buah nangka yang sering disepelekan satu ini.

Biji nangka banyak manfaat [Sumber Gambar]
Khasiat yang bisa kita dapatkan dari biji nangka adalah bisa mencegah anemia. Nah, biji nangka ini bisa menangkal anemia dikarenakan di dalamnya terdapat zat besi yang berfungsi untuk memproduksi sel-sel darah merah dalam tubuh. Sehingga kalian tak perlu lagi deh membeli vitamin penambah darah yang harganya mahal.

Untuk manfaat selanjutnya adalah dapat menyehatkan mata juga lho Sahabat Boombastis. Usut punya usut, ternyata bagian dari buah nangka ini mengandung vitamin A. Oleh karena itu, biji nangka dipercaya dapat menjadi penyehat sekaligus vitamin untuk mata juga. Jadi kalian enggak perlu khawatir lagi terkena penyakit mata kalau sudah mengonsumsi biji nangka ini.

Bisa cegah anemia [Sumber Gambar]
Kemudian, manfaat selanjutnya dari biji nangka ini yaitu dapat menjaga kesehatan kulit. Biji nangka dapat menjaga kesehatan kulit lantaran ada banyak kandungan protein dan mikronutrien di dalamnya. Sehingga kulit akan tetap terjaga kesehatannya dan juga kekenyalannya. Sangat cocok nih untuk para ladies yang masih kesusahan mencari obat perawatan guna kesehatan kulit.

Tak hanya kulit, rambut pun juga bisa dirawat oleh biji nangka ini. Apalagi kalau bukan karena vitamin A yang dikandungnya. Dengan adanya vitamin tersebut, rambut akan terhindar dari segala masalah. Mulai dari patah hingga kerontokan juga. Selain itu, rambut kalian akan terasa lebih lembut dan sehat karena biji nangka ini. Jadi jangan ragu lagi deh untuk mengonsumsi biji nangka ini. Dijamin rambut kalian akan sebagus di iklan shampo.

Bisa cegah rambut rontok [Sumber Gambar]
Nah, itu tadi adalah manfaat yang bisa kalian dapatkan dari biji nangka. Jika kalian punya dan tertarik untuk menggunakannya, caranya cukup mudah kok. Cukup rebus biji nangka tersebut sampai teksturnya lembut. Kalau sudah, kalian bisa langsung mengonsumsinya. Selamat mencoba Sahabat Boombastis.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Mengenang ‘Dosa-dosa’ PSSI yang Berujung Sanksi Pedih Dari FIFA

10 Pasangan Selebriti Ini Tak Enggan untuk Posting Foto Mesra di Media Sosial