in

Bandotan, Musuh Bebuyutan Petani yang Ternyata Punya Manfaat Mengejutkan

Dalam menanam hasil kebunnya, petani selalu saja mempunyai beberapa musuh. Tapi di sini bukan musuh manusia ya, namun berupa tanaman. Salah satunya adalah tanaman bandotan. Mungkin Sahabat Boombastis sudah tidak asing lagi dengan tanaman satu ini.

Ya, tanaman cantik satu ini memang menjadi gulma bagi para petani. Ia bisa merusak tanaman padi dan juga menjadi racun bagi hewan ternak seperti sapi. Nah, namun di balik sifat dirinya yang dibenci oleh petani, bandotan ini mempunyai beragam manfaat lho bagi manusia.

Bisa menangkal radikal bebas

Tangkal radikal bebas [Sumber Gambar]
Siapa sangka jika tanaman imut satu ini bisa menangkal radikal bebas. Hal ini diungkapkan di dalam Journal of Bone & Mineral Research pada tahun 2009. Di sana dituliskan kalau daun pada tanaman bandotan ini mengandung senyawa anti-inflamasi dan juga antioksidan. Nah, dari kandungannya ini, tanaman bandotan selain bisa menangkal radikal bebas, juga dapat memperkecil pertumbuhan sel-sel kanker yang ada pada tubuh.

Dapat mengobati beragam gangguan pada pencernaan

Mengobati gangguan pencernaan [Sumber Gambar]
Salah seorang pakar kesehatan yang bernama Dr. Shandya Pandev menyebutkan kalau bandotan dapat mengobati gangguan di pencernaan. Contohnya adalah maag, diare, sembelit dan lain sebagainya. Hal ini telah ia buktikan sendiri pada penelitiannya. Hasilnya, daun bandotan mengandung asupan gizi vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan untuk mengobati masalah pencernaan. Seperti zat besi, Thiamin, Riboflavin, Vitamin C dan juga fosfor.

Dapat menambah nafsu makan seseorang

Menambah nafsu makan [Sumber Gambar]
Sahabat Boombastis ingin nafsu makannya bertambah? Jangan khawatir, daun bandotan mampu mengatasi itu semua. Alasannya karena di dalam Journal Clinical of Food & Nutrition tahun 2001 disebukan bahwa daun bandotan mengandung Asam Trichosanat dan juga Asam Momordicine. Nah, dua senyawa ini bisa dibilang sangat handal untuk membantu permasalahan nafsu makan seseorang yang tidak stabil.

Memperkuat ketahanan gigi

Perkuat gigi [Sumber Gambar]
Biasanya, ketika gigi kita sudah mengamai kerusakan, maka organ dalam mulut tersebut akan mudah untuk terserang suatu penyakit. Khususnya adalah pengeroposan dan juga penipisan email gigi. Namun, kalau kalian mempunyai daun bandotan di rumah, bisa coba tanaman tersebut untuk dijadikan obat. Sebab, menurut hasil perhitungan dari United State Department of Agriculture (USDA), dalam setiap 77 gram daun bandotan tersedia kandungan kalsium sebanyak 29 mg, magnesium 34 m dan juga fosfor 110 mg. Di mana kandungan-kandungan tersebut bisa memperbaiki struktur jaringan gigi dan gusi.

Itulah manfaat yang bisa kita dapatkan dari bandotan ini. Ya meskipun dia adalah musuh bebuyutan dari para petani, namun tak diragukan lagi khasiatnya. Nah, ada enggak dari kalian yang pernah menggunakan bandotan sebagai obat? Kalau ada, coba share di kolom komentar ya pengalaman kalian.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Tak Hanya Ganteng, Sandiaga Uno Juga Jago Ndagel! Netizen Bilang Dirinya Cocok Jadi Bintang Meme

Makin Mesra, Begini 10 Potret Terkini Couple Favorit Netizen Joshua Suherman dan Clairine Clay