in

Setelah 100 Tahun Lamanya, Akhirnya Indonesia dan Malaysia Satu Suara Berkat Rendang Crispy

Persaingan Indonesia dan Malaysia seakan tidak pernah pupus dalam ingatan. Kedua negara ini sering bersitegang membahas masalah hak milik. Mulai dari tarian sampai alat musik pernah jadi perebutan, bahkan pulau pun demikian. Hal ini kemudian menyebabkan banyak negara di dunia menganggap kalau Indonesia dan Malaysia tak akan pernah akur.

Tapi, sepertinya pernyataan tak pernah akur sudah mulai terhapus dari pemikiran setiap orang. Alasannya tak lain karena rendang yang jadi makanan favorit semua umat di dua negara ini dikomentari oleh juru kompetisi memasak di Inggris. Ia bilang dagingnya kurang crispy, padahal mana ada cerita rendang kok crunchy. Melihat makanan terenak di dunia ini dikomentari tak sedap, warga Indonesia dan Malaysia pun bersatu membela rendang.

Rendang Crispy, mempersatukan netizen Indonesia dan Malaysia

Peristiwa Rendang Crispy ternyata jadi suatu fenomena unik di dunia maya. Yap, bisa dilihat nih di twitter tentang komentar-komentar netizen yang ternyata sebagian besar adalah dari negara Indonesia dan Malaysia. Padahal, kita tahu sendiri kalau Indonesia dan Malaysia selalu bersitegang dalam masalah apapun. Khususnya masalah perebutan hak milik kebudayaan. Ya, termasuk si rendang ini sih, tapi mimin enggak bakal bahas makanan ini secara mendalam sekarang, namun nanti ada waktunya.

Cuitan koplak dari para netizen Indonesia [Sumber Gambar]
Warganet Malaysia yang juga andil ngetwit tentang Rendang Crispy [Sumber Gambar]
Tapi sekarang, demi makanan yang disebut-sebut terenak di dunia ini Indonesia dan Malaysia satu suara. Para warganet bahu membahu untuk membela kalau rendang tidak pernah crispy. Pembelaannya pun bermacam-macam, mulai dari celotehan sampai nada membenci pun ada. Cukup lucu sih melihatnya kejadian ini, keduanya bisa akur dan satu pikiran begitu. Ya, walaupun beberapa di antaranya masih tercium bau-bau permusuhan sengit lantaran rendang ini milik siapa.

John Torode yang nasibnya benar-benar tidak beruntung kali ini

Sudah jatuh tertimpa tangga. Mungkin itu pepatah yang pantas untuk menggambarkan John Torode si juri kompetisi. Ya, bagaimana tidak Saboom? Ia dihujat habis-habisan karena berkata kalau rendang yang dimasak oleh Zaleha warga Malaysia tidak renyah alias kriuk-kriuk. Lalu, di saat yang hampir bersamaan, ia dilempari komentar pedas lagi oleh netizen karena pria tersebut salah mengatakan kata sapaan kepada Indonesia. Yang seharusnya untuk negara India, malah ditujukan ke Indonesia.

Cuitan Namaste dari warga Indonesia [Sumber Gambar]
Cuitan Namaste dari Malaysia [Sumber Gambar]
Alhasil, warganet dari Malaysia dan Indonesia pun mengomentari John Torode lagi. Bahkan, kebanyakan orang-orang mention langsung ke akun twitter milik John Torode dengan nada negatif. Mungkin itu hal sepele ya menurut kita, tapi tidak untuk warganet yang sudah tersulut amarah gara-gara rendang tidak crispy. Oalah, Torode Torode nasibmu kok jadi sial begini..

Ada juga yang mensyukuri Rendang Crispy karena Indonesia dan Malaysia jadi akur

Cuitan-cuitan netizen yang sebagian besar dari Indonesia dan Malaysia membuat khalayak umum senyum-senyum sendiri. Sebab, secara tidak langsung mereka menganggap kalau kedua negara yang terkenal karena permusuhannya, malah jadi adem ayem gara-gara rendang. Ya, makanya banyak yang bilang kalau rendang ini adalah makanan pemersatu Indonesia dan Malaysia.

Cuitan syukur atas karunia dari Rendang Crispy [Sumber Gambar]
Buktinya cuitan dari mbak-mbak satu ini nih. Ia bersyukur dengan adanya fenomena Rendang Crispy yang dibuat oleh dua juri kompetisi memasak Masterchef di Inggris ini. Berkat makanan satu ini, Indonesia dan Malaysia mulai menunjukkan kekompakannya. Bisa-bisa ini jadi awal perdamaian antara Indonesia dan Malaysia nih..

Tapi kalau dibahas lebih mendalam, mungkin kedua belah pihak akan berseteru kembali

Semua orang di dunia pasti sudah tahu kalau rendang adalah makanan yang berasal dari Indonesia. Bukan lihat dari bentuk makanannya, tapi namanya aja sudah terlihat kok kalau berasal dari Indonesia. Nah, kalau bahasannya sudah mendetail seperti ini, mungkin Indonesia dan Malaysia bakal bersitegang lagi nih.

Kalau dibahas lebih mendalam, bisa jadi perseteruan baru [Sumber Gambar]
Di beberapa sumber sudah menyebutkan kalau rendang adalah milik Indonesia. Bahkan, rendang sudah mulai disinggung oleh para pelancong Portugis yang berkelana ke Indonesia di abad 16 lalu. Diceritakan kalau para pelancong Portugis ini disuguhkan dengan makanan yang berasal dari daging sapi tersebut oleh saudagar Minang. Jadi, bisa dibilang kalau rendang ini adalah makanan yang berasal dari Indonesia.

Walaupun hanya cuitan di Twitter, namun aksi saling dukung rendang oleh netizen Indonesia dan Malaysia adalah hal yang bagus. Ini adalah kali pertama, bisa melihat kekompakan dua negara ini walaupun cuma di dunia maya. Harapannya, mudah-mudahan kedamaian ini tak hanya terjadi sekali saja, tapi juga seterusnya. Tentu tanpa harus ada kasus dulu. Kalau sama-sama adem gini kan enak, kita bisa lagi barter artis seperti zaman 90an dulu.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

5 Fakta Payudara yang Patut Diketahui Oleh Wanita Agar Tetap Sehat Setiap Saat

Bukan Hanya Robek Uang, Saaih Halilintar Sudah Duluan Tuai Kontroversi Berkat 4 Hal Ini