in

6 Tokoh Penting Malaysia Ini Ternyata Masih Punya Darah Indonesia

Indonesia dan Malaysia tidak terpisah jarak yang jauh. Bahkan, si negeri Jiran itu pernah menjadi bagian dari Nusantara. Makanya, tak heran kalau secara naluri kita dan mereka seolah memiliki kedekatan khusus, terlepas dari masalah-masalah yang dulu pernah ada. Bukti dekatnya Indonesia dan si negeri berlambang harimau itu tak hanya bisa dilihat dari budaya yang hampir-hampir sama, tapi juga orang-orang penting di sana.

Ya, kamu mungkin tak begitu memperhatikan, tapi ada banyak tokoh penting Malaysia yang ternyata memiliki darah Indonesia. Mereka bukan orang asli Indonesia, tapi dalam darahnya mengalir DNA NKRI. Diketahui para keturunan Indonesia ini lahir dari para perantau Nusantara yang kemudian menetap di Malaysia.

Lalu, siapa saja tokoh-tokoh besar Malaysia yang ternyata berdarah Indonesia? Simak ulasannya berikut.

Tun Abdul Razak, Perdana Menteri ke-2 Malaysia

Tun Abdul Razak [Image Source]
Bangga nggak sih kalau ada keturunan Indonesia yang menjadi perdana menteri di negara lain? Tentu jawabannya sudah pasti iya. Dan fenomena ini bisa kita dari sosok Tun Abdul Razak. Pria mantan perdana menteri Malaysia ini ternyata memiliki darah Indonesia. Diketahui, nenek Moyang Tun Abdul Razak berasal dari Bugis yang hijrah ke Malaka pada abad ke-19. Razak bukan keturunan langsung memang, tapi darahnya tetap Bugis.

Najib Tun Razak, Perdana Menteri ke-6 Malaysia

Najib Tun Razak [Image Source]
Najib Tun Razak adalah anak dari Tun Abdul Razak. Secara otomatis, ia memiliki darah Indonesia pula. Meski banyak menuai kontroversi dan terancam akan dilengserkan, kita patut bangga karena lagi-lagi ada keturunan Indonesia yang jadi pemangku jabatan penting di luar negeri.

Ahmad Zahid Hamidi

Ahmad Zahid Hamidi [Image Source]
Ahmad adalah tokoh politik senior Partai Barisan Nasional atau United Malays National Organisation (UMNO) yang kemudian menjadi Menteri Dalam Negeri. Kakek dan Nenek Ahmad rupanya berasal dari Indonesia. Kakeknya asli Kulon Progo, neneknya  asli Ponorogo. Keluarga tersebut merantau ke Malaysia pada tahun 1932. Karena keluarganya berasal dari Jawa, Ahmad pun fasih berbahasa Jawa.

Abdullah Ahmad Badawi, Perdana Menteri ke-5 Malaysia

Abdullah Ahmad Badawi [Image Source]
Bertambah satu lagi perdana menteri Malaysia yang memiliki darah Indonesia. Ya, sosok ini adalah Abdullah Ahmad Badawi yang saat ini berumur 77. Badawi memang pernah memangku jabatan ini di sana. Dan kalau dilihat berdasarkan urutan, beliau ini tercatat sebagai Perdana Menteri kelima negeri Jiran. Badawi memang lahir dan besar di Penang, namun keluarganya memiliki darah bugis.

Muszaphar Shukor, Astronot Pertama Malaysia

Muszaphar Shukor [Image Source]
Indonesia memang belum pernah mengirim astronot ke luar angkasa. Namun keturunan Indonesia pernah mendapat kehormatan tersebut. Pria ini adalah Muszaphar Shukor yang merupakan astronot pertama Malaysia. Sama seperti orang-orang di daftar ini, Shukor ternyata juga memiliki darah Indonesia, tepatnya Bugis. Tentu ia bukan keturunan langsung, tapi Shukor tetap sah dibilang berdarah Indonesia.

Raja Melewar, Penguasa Pertama Negeri Sembilan

Raja Melewar [Image Source]
Pada abad ke-18, Negeri Sembilan merupakan bagian dari Minangkabau. Ketika itu Raja Melewar yang masih keturunan Sultan Abdul Jalil alias sang penguasa Minangkabau, ditunjuk untuk menjadi pemimpin di sana. Waktu terus berlalu sampai akhirnya Negeri Sembilan menjadi bagian dari Malaysia. Nama Raja Melewar sendiri akhirnya lebih dikenal di sana. Tapi, tak bisa dipungkiri kalau ia adalah orang Indonesia asli.

Fenomena macam ini sebenarnya tak hanya terjadi di Malaysia. Di beberapa negara, orang-orang keturunan Indonesia juga sukses menjadi sosok-sosok hebat. Salah satu misalnya adalah Hendrik Soerat Setrowidjojo, mantan menteri sosial Suriname yang seratus persen berdarah Jawa.

Written by Aisyah Putri

Leave a Reply

Mengintip San Pedro, Penjara Tanpa Aturan yang Bikin Narapidana Hidup Enak

Mappalanca, Tradisi Ekstrim Adu Betis Masyarakat Bone yang Sarat Nilai Luhur