in

5 Makanan Ini Tak Boleh Dibekukan Kembali Setelah Cair, Bisa Membahayakan Kesehatanmu

Beberapa makanan ada yang enggak bisa disimpan di dalam kulkas, seperti semangka, terong, kentang, dan roti yang cepat basi. Karena, hal tersebut bisa mengurangi nutrisi di dalamnya. Selain makanan yang enggak boleh disimpan di kulkas, ada pula makanan yang boleh disimpan di kulkas, namun tidak boleh dimasukkan kembali saat ia sudah mencair.

Mengapa begitu? Karena makanan yang sudah melalui proses pembekuan selama dua kali akan rusak sel-selnya. Selain itu, rasanya tidak akan selezat saat ia belum dicairkan. Apa saja ya makanan yang tak boleh dibekukan ulang ini? Simak dalam ulasan berikut ini ya!

Jus buah yang kembali dimasukkan ke freezer akan rusak kandungan nutrisinya

Jus buah [sumber gambar]
Melansir Hipwee.com dari laman Foods Guy, karena mengandung gula, jus buah yang dibekukan lagi akan mengalami proses fermentasi yang lebih cepat yang membuat kandungan asamnya meningkat. Oleh karena itu, jus buah yang sudah tersebut enggak bisa diminum oleh sembarang orang, terlebih mereka yang punya asam lambung.

Es Krim, mubazir sih kalau dibuang tapi…..

Es Krim [sumber gambar]
Kalau membeli es krim dalam jumlah banyak, pasti paling enak dimasukkan ke dalam freezer dulu kan, agar beku. Ya, akan enak banget kalau dimakan saat ia sedang beku. Namun, saat es krim tersebut sudah mencair, lebih disarankan untuk tak lagi memasukkannya ke dalam kulkas ya. Karena, tekstur es akan menjadi aneh serta muncul serutan enggak halus alias es krim jadi mengkristal. Daripada dikembalikan ke kulkas, lebih baik dijadikan minuman olahan seperti milkshake, lebih enak.

Daging beku yang sudah mencair

Daging beku [sumber gambar]
Agar lebih awet dan bertahan lama, daging (sapi, ayam, atau ikan) biasanya akan dibekukan. Tetapi, jangan pernah memasukkan kembali daging beku yang sudah kamu cairkan ke kulkas ya. Lebih baik, ambil seperlunya dulu, sehingga tidak perlu membekukan kembali daging yang sudah cair. Menurut HuffPost, daging yang dibekukan lagi setelah dicairkan bisa membuat daging kehilangan sel seratnya, juga lebih berisiko terpapar bakteri yang membuatnya jadi cepat bau dan berubah warna.

Kualitas kaldu akan menurun saat dikeluarkan dari freezer

Kaldu beku [sumber gambar]
Keberadaan kulkas membuat kegiatan memasak tambah mudah. Banyak nih yang membekukan kaldu di dalam kulkas untuk stok waktu yang cukup lama. Nah, untuk urusan kaldu ini, ada baiknya kamu menyimpan kaldu dalam bentuk porsi. Sehingga, kalau nantinya butuh, kamu bisa mengambil secukupnya, tidak perlu mencairkan semua kaldu. Kaldu yang sudah cair dan ingin kamu bekukan lagi tidak akan seenak kaldu yang hanya dibekukan sekali.

Olahan pasta yang sangat tidak direkomendasikan

Pasta yang dibekukan [sumber gambar]
Yang terakhir adalah olahan pasta. Kamu pasti tau bukan, kalau banyak pasta yang menggunakan saus, seperti saus krim ataupun bolognese. saus krim ini mempunyai kandungan susu, yang sangat mudah basi dan bakteri bisa mempercepat pembusukan saat dimasukkan kembali ke freezer. Sedangkan untuk bolognase, kandungan asam yang ada di dalamnya akan meningkat saat dimasukkan kembali ke kulkas. Sehingga, jangan heran kalau memakan pasta ini akan membuat kamu sakit perut.

BACA JUGA: Dari Semangka Hingga Kentang, 4 Makanan Ini Dilarang Disimpan di Dalam Kulkas

So, hindari untuk memasukkan kembali makanan di atas ke dalam freezer setelah ia mencair ya. Karena, kalau kamu masih nekat melakukannya, mungkin akan timbul masalah kesehatan, mulai dari menghilangkan nutrisi makanan hingga menyebabkan sakit perut.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

China Tepati Janji, Inilah Potret RS untuk Pasien Virus Corona yang Selesai di Hari ke-8

Cerita Siswa Korban Bullying di Malang yang Harus Rela Mengamputasi Jari Tangannya