Kalau penulis boleh tahu, apa saja sih makanan atau minuman yang ada di kulkas kalian? Emh, mungkin telur, buah atau bahan makanan yang masih belum diolah ya. Tapi, apa makanan-makanan itu benar-benar aman disimpan di kulkas? Pasalnya, ada lho beberapa jenis makanan ketika disimpan di kulkas malah membuat beragam penyakit bagi yang mengonsumsinya.

Seperti yang dialami pria asal Kota Xiangxiang, Hunan, Tiongkok berikut ini. Ia terpaksa masuk rumah sakit setelah menyantap semangka yang disimpan di kulkas. Setelah diperiksa, pria bernama Zhang ini ususnya mengalami penyumbatan kematian jaringan alias membusuk. Lah, kok bisa? Lantas, ada makanan lain yang tidak boleh disimpan di kulkas?

Semangka yang bisa sebabkan usus membusuk

Usus membusuk karena makan semangka yang ada di dalam kulkas [Sumber Gambar]
Melanjutkan paragraf di atas, usus Zhang bisa membusuk lantaran semangka yang ada di dalam kulkas tidak disimpan di wadah tertutup. Alhasil, buah segar tersebut terkontaminasi oleh bakteri dari makanan mentah lainnya gengs. Selain itu, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Departemen Agrikultur Amerika Serikat mengatakan jika semangka diletakkan di dalam kulkas, bisa mengurangi kandungan gizi dari buah tersebut. Sehingga disarankan menyimpan buah semangka di tempat yang bersuhu ruangan.

Roti yang akan jadi lebih cepat basi

Roti bisa cepat basi [Sumber Gambar]
Siapa di sini yang suka menyimpan roti di dalam kulkas? Ada baiknya untuk dihentikan mulai sekarang ya. Sebab, menurut seorang pakar roti bernama Wayne Gisslen menyebut jika makanan tersebut dimasukkan ke dalam kulkas akan membuatnya lebih cepat basi lho. Bahkan, waktu basinya jadi enam kali lebih cepat dari yang seharusnya. Apabila kalian ingin menyimpan roti, lebih baik letakkan di dalam freezer. Hal ini akan membuat makanan tersebut menjadi lebih awet.

Terong yang bisa berkurang kandungan gizinya

Terong yang berkurang kandungan gizinya [Sumber Gambar]
Hampir semua orang menganggap kalau menyimpan berbagai macam sayuran di dalam kulkas, bisa membuat bahan makanan tersebut menjadi lebih segar. Padahal, tidak semua sayur bisa bisa seperti itu gengs. Seorang penulis buku berjudul On Food and Cooking yaitu Harold McGee menjelaskan jika terong yang merupakan sayuran dari iklim tropis kurang baik jika disimpan dalam kulkas. Alasannya karena itu bisa membuat terong menjadi tidak segar dan berkurang juga kandungan gizinya. Jadi, terong dan sayuran yang berasal dari iklim tropis lainnya lebih baik diletakkan di tempat bersuhu ruang.

Kentang yang rasanya menjadi tidak enak

Kentang yang rasanya menjadi tidak enak [Sumber Gambar]
Makanan yang seharusnya tidak disimpan di dalam kulkas adalah kentang. Yup, dinukil dari laman hhdresearch.org, kentang akan mengalami kerusakan ketika disimpan dalam lemari pendingin lho. Ini karena suhu dingin akan memecah pati yang ada di dalam kentang. Akibatnya akan menimbulkan tekstur pasir yang tentu tidak enak untuk dimakan. Selain itu, pati juga akan mulai berubah menjadi gula yang bakal mempengaruhi rasanya ketika diolah nanti Sahabat Boombastis.

BACA JUGA : Jangan Lakukan 4 Hal Ini Pada Freezer Jika Tidak Ingin Kulkasmu Meledak

Itulah makanan yang sebaiknya tidak disimpan di dalam kulkas. Ada yang mempengaruhi rasa hingga bisa mengancam nyawa juga. Nah, jadi diingat-ingat ya makanan apa saja yang tidak boleh disimpan di dalam kulkas. Menurut kalian ada lagi enggak makanan atau minuman yang tidak boleh diletakkan di dalam lemari pendingin? Jika ada, share di kolom komentar ya.