in

10 Makanan Indonesia dengan Nama Unik dan Sejarahnya

Bika Ambon - (c) wikipedia.org
Bika Ambon - (c) wikipedia.org

Makanan-makanan di Indonesia banyak sekali ragamnya dan diantaranya memiliki nama yang sangat unik. Nama tersebut bukan sembarang di berikan. Tapi memiliki arti dan sejarah tersendiri yang membuat makanan ini begitu terkenal di mata masyarakat Indonesia maupun para turis mancanegara.

Baca Juga: 5 Hal Mengenai Israel Yang Jarang Diketahui

Makanan-makanan ini biasanya sangat mudah ditemukan dan dapat dibeli dengan harga yang cukup terjangkau. Apa saja yaa kuliner dengan nama khas unik ini? Berikut team Boombastis sebutkan dan uraikan dibawah ini yang mungkin kamu juga pernah mencoba salah satunya.

1. Kerupuk Melarat – Cirebon

Siapa tidak menyukai camilan berbahan dasar tepung tapioka ini. Kerupuk memang menjadi makanan yang sangat khas bagi negara Indonesia. Berbagai macam jenis kerupuk dapat kita temukan disini. Rasanya yang gurih dan garing cocok untuk dijadikan camilan ataupun dimakan bersama nasi.

Kerupuk Melarat - (c)wikipedia.org
Kerupuk Melarat – (c) wikipedia.org

Kerupuk Melarat adalah kerupuk khas kota Cirebon. Disebut melarat karena camilan garing ini tidak digoreng dengan minyak, melainkan dengan pasir panas yang sudah dibersihkan terlebih dahulu sebelumnya karena harga minyak pada saat itu sangat mahal, dan pasir adalah inovasinya. Warna kerupuk ini identik mencolok seperti merah, kuning dan hijau.

2. Kue Satu – Jawa Barat

Kue Satu adalah kue tradisional Jawa Barat. Biasanya disajikan di acara-acara besar seperti Hari Raya Idul Fitri, khitanan, perkawinan dan lain-lain. Berbahan dasar kacang hijau, kue kering ini rasanya begitu manis dan teksturnya juga lembut. Camilan ini juga sering dijadikan oleh-oleh khas dari kota ini.

Kue Satu - (c) wikipedia.org
Kue Satu – (c) wikipedia.org

Dinamakan Kue Satu karena dalam proses pembuatannya, adonan ini dicetak satu persatu dengan menggunakan cetakan yang terbuat dari balok kayu dan biasanya berbentuk bunga. Biasanya kue ini berbentuk bulat atau bunga-bunga dengan warna cenderung putih.

Selanjutnya: Tahu Gimbal dan Nasi Kucing

Written by Rahma Muliani

Leave a Reply

Pria Berpakaian Wanita Tertangkap Basah Mengintip di Toilet

Air mancur di Kebun Raya Bogor | copyright Phon beringin | copyright commons.wikimedia.org

Pesona Indahnya Kebun Raya Bogor Tempo Dulu