in

7 Makanan Sahur agar Tidak Gampang Keroncongan Saat Puasa

Saat berpuasa Ramadan, umat muslim disunnahkan untuk makan sahur. Selain mendapat pahala, makan sahur memberikan energi bagi tubuh agar tetap kuat beraktivitas seharian hingga tiba waktu berbuka. Tetapi banyak orang yang tetap merasa lapar meskipun sudah makan sahur.

Hal itu disebabkan karena kita tidak mengonsumsi makanan yang bergizi saat sahur. Kebanyakan orang befokus pada kuantitas. Mereka makan banyak hingga kekenyangan, tapi makanan tersebut tidak memiliki nutrisi. Berikut sejumlah makanan sahur yang mengandung serat, vitamin, dan nutrisi yang baik dikonsumsi ketika sahur agar kenyang lebih lama.

1. Kurma

Kurma [sumber gambar]
Rasulullah SAW menganjurkan umat muslim untuk makan sahur dengan kurma. Buah ini memiliki tiga jenis gula, yakni glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Glukosa berperan untuk meningkatkan kadar gula dalam darah. Fruktosa dan sukrosa bertugas menyeimbangkan kadar gula yang berlebihan. Inilah yang membuat gula alami dalam kurma baik untuk tubuh dan mampu memberi energi saat puasa.

2. Kismis

Kismis [sumber gambar]
Jangan meremehkan bentuknya yang kecil, karena kismis menyimpan banyak manfaat bagi tubuh. Kismis mengandung konsentrat gula yang cukup tinggi sehingga mampu memberi energi. Bahkan buah kismis kerap dikonsumsi para atlet untuk meningkatkan energi dan memulihkan stamina.

3. Oatmeal

Oatmeal [sumber gambar]
Oat adalah sumber serat yang sangat baik. Oatmeal juga kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan. Oatmeal dapat dikombinasikan dengan daging, telur, dan sayuran atau langsung dimakan saat sahur. Oat yang mengandung indeks glikemik rendah, tidak akan meningkatkan gula darah sehingga tubuh tidak akan terasa lemas.

4. Ikan salmon

Ikan salmon [sumber gambar]
Salmon dikenal kaya akan asam lemak omega-3. Ini adalah asam lemak esensial karena tubuh tidak dapat menghasilkannya sendiri. Salmon juga menjadi sumber protein, mineral, dan vitamin yang sangat baik bagi tubuh. Tak heran, salmon selalu menjadi menu wajib dalam berbagai diet.

5. Buah dan sayur

Buah dan sayur [sumber gambar]
Puasa membuat kita kehilangan kadar air di dalam tubuh. Untuk mengembalikannya, kita bisa mengonsumsi makanan dengan kandungan air yang banyak seperti tomat, bayam, buah naga, apel, brokoli, dan semangka. Buah dan sayur juga mengandung serat, mineral, dan antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Nutrisi dalam buah dan sayur dapat memberikan efek kenyang lebih lama.

6. Quinoa

Quinoa [sumber gambar]
Kita bisa menggantikan nasi dengan bahan yang lebih sehat yakni quinoa. Padi-padian yang berasal dari Amerika Selatan ini, memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dibanding padi-padian lainnya. Namun quinoa tidak mengandung gluten, sehingga bisa menjadi pengganti karbohidrat. Selain itu, ada asam amino, vitamin B, vitamin E, dan serat agar pencernaan tidak terganggu selama berpuasa.

7. Telur

Telur [sumber gambar]
Selain murah, telur memiliki kandungan vitamin, protein, dan nutrisi yang tinggi. Rasanya yang lezat membuat kita mudah mengolah telur menjadi berbagai macam masakan. Kandungan protein pada telur akan memberikan energi bagi tubuh. Namun jangan terlalu banyak mengonsumsi telur karena dapat meningkatkan risiko darah tinggi. Konsumsi telur harus diiringi dengan banyak minum air putih.

BACA JUGA: Anti Lemas Saat Puasa Besok, Konsumsi 3 Hal Ini untuk Lebih Tahan Lapar

Jika ingin kenyang lebih lama, kita harus mengonsumsi makanan yang bernutrisi. Hindari makanan cepat saji seperti mie instan atau makanan berminyak yang membuat kita cepat haus dan lapar. Saatnya mengganti menu sahur dengan makanan bergizi agar tubuh tetap sehat selama menjalankan ibadah puasa.

Written by F A Agustina

Lucu dan Imut, Maskot Piala Dunia Qatar Malah Tuai Kontroversi

Tangkapan layar, menunjukkan dua balita yang diduga ditelantarkan. [Sumber Gambar]

2 Balita Diduga Ditelantarkan, Ternyata Ibu Sering Menitipkan Sang Anak ke Petugas Keamanan