in

5 Makanan Unik dari Negara-negara di Dunia yang Hanya Bisa Dijumpai Saat Natal

Hari Natal jatuh di tanggal 25 Desember setiap tahunnya. Di tanggal itulah, seluruh umat kristiani dari berbagai penjuru dunia merayakan hari yang memperingati lahirnya Isa Almasih. Tak ayal jika perayaan ini pun turut melahirkan tradisi-tradisi unik yang sudah dilakukan secara turun temurun di beberapa Negara. Salah satunya adalah menyiapkan makanan khusus yang biasanya hanya dilakukan di momen Natal ini saja.

Yup, makanan memang seakan menjadi simbol penting yang harus disediakan dalam perayaan khusus. Nah jika berbicara soal makanan di hari Natal, pastinya tiap daerah memiliki makanan khas tersendiri dong yah. Lantas, apa saja nih makanan yang ‘wajib’ ada saat merayakan Natal?

Jerman – Fruity Stollen

Bagi kamu yang pernah menginjakkan kaki di Jerman, tentu paham bahwa makanan yang satu ini hanya akan dijual di saat-saat tertentu saja. Yup, Fruity Stollen memang merupakan makanan khas Natal yang hanya ditemui di Supermarket pada bulan Desember dalam menyambut datangnya Natal.

Fruity Stollen [sumber gambar]
Kue ini sendiri merupakan roti yang terdapat buah kering, cengkeh, serta kacang di dalamnya. Bentuk permukaan memang sengaja dibuat tidak rata dan cenderung bergelombang. Konon katanya, kue ini merupakan lambang punuk Unta saat membawa orang-orang bijaksana terdahulu dalam menemui Isa. Wah, kisah yang menarik bukan?

Italia – Feast of 7 Fishes

Dari namanya saja, sudah bisa kita kira lah ya ini adalah makanan wajib yang akan dikonsumsi oleh warga Italia. Yup, seafood berbagai jenis merupakan hidangan besar yang hanya akan disajikan pada perayaan Natal saja. Makanan ini akan disajikan secara mewah pada meja makan yang terdiri dari ikan, kepiting, udang, cumi, dan beberapa jenis seafood lainnya.

Feast of 7 Fishes [sumber gambar]

Tak hanya jenis seafood yang berbeda, namun beberapa jenis seafood yang sama juga akan dimasak dengan cara yang tak sama loh. Mulai dari digoreng, dibakar, hingga dilapisi saus tomat yang melimpah merupakan cara nikmat dalam menyantap hidangan ini. Duh, memang bikin ngiler nih!

Amerika – Kalkun Panggang

Kalkun panggang [sumber gambar]
Nah, kalau yang satu ini tentu kita sudah tidak asing lagi kan. Ya, pada beberapa film Amerika favorit kita, tak jarang ditampilkan sekeluarga yang menyantap kalkun panggang untuk merayakan beberapa momen spesial. Tak hanya untuk menyambut datangnya Thanksgiving saja, namun hidangan mewah serta wah ini juga dihadirkan saat Natal tiba loh. Gak kebayang deh bagaimana menyantap kalkun yang seringkali kita lihat sebagai ayam raksasa itu. Pastinya yummy banget!

Swedia  – Risgrynsgröt

Di Indonesia, beras atau nasi identik dengan masakan yang akan dipadu padankan dengan makanan pendamping yang memiliki rasa asin atau gurih. Namun berbeda dengan apa yang dilakukan oleh warga Eropa. Seperti halnya Swedia yang menggunakan beras sebagai olahan puding atau yang lebih dikenal dengan nama Risgrynsgröt.

Risgrynsgröt [sumber gambar]
Masakan khas saat menyambut Natal ini memiliki rasa manis dan biasanya berisi kacang almon sebagai pendampingnya. Warga Swedia percaya, jika mengonsumsi masakan ini di hari Natal, maka keberuntungan akan hadir di tahun selanjutnya. Mau coba?

Indonesia – Ayam Budu Budu

Last but not least adalah Indonesia yang lebih tepatnya berada di kota Makassar. Ayam Budu-Budu merupakan menu utama yang agaknya wajib hadir saat merayakan datangnya Natal. Tak jauh berbeda dengan Opor yang selalu hadir saat lebaran, Ayam Budu-Budu juga kerap disajikan untuk hidangan tamu yang berkunjung untuk merayakan Natal.

Ayam Budu Budu [sumber gambar]
Ayam Budu-Budu sendiri merupakan olahan yang kaya akan rempah-rempah disertai perasan jeruk nipis serta asam jawa. Tak heran jika menu yang rasanya gurih dan segar ini lantas menjadi andalan dalam merayakan hari suci.

BACA JUGA:

Setiap perayaan memang erat kaitannya dengan munculnya makanan-makanan khas. Nah, kira-kira dari deretan makanan di atas mana sih yang paling membuatmu penasaran? Kalkun panggang nampaknya lumayan juga tuh ya.

Written by Oemayaa

Leave a Reply

Digilai Warga Australia Hingga Dihargai Ratusan Ribu, Ini Bukti Tempe Kita Sudah Mendunia

Mengenal Lafaek Diak, Para Buaya yang Disakralkan dan Disucikan di Timor Leste