in

Kepribadian Hingga Masakan Kesukaan, Ini Hal yang Diceritakan oleh Tukang Masak Jokowi

Menjadi bagian dari istana negara tentunya menjadi hal yang menyenangkan, walaupun hanya sebagai tukang masak. Lah iya dong, sekarang kan banyak banget orang yang berlomba mau bertemu dan berfoto dengan presiden. Beda lagi urusannya jika orang tersebut sudah menjadi bagian dari istana, bisa dekat-dekat selalu dengan orang nomer satu di Indonesia.

Nah, kalau selama ini yang sering dibahas adalah anak, istri, serta saudara terdekat Presiden Jokowi, kali ini kita akan membahas orang yang bekerja di dapur sang presiden ini. Ternyata, ini rahasia makanan, minuman, serta kepribadian Pak Jokowi yang diceritakan oleh pekerja di dapurnya. Cekidot!

Kata tukang masakannya ‘Jokowi adalah sosok yang sederhana’

https://www.facebook.com/Jokowi/videos/704727233049462/

Mungkin kamu bertanya-tanya bagaimana sebenarnya kehidupan sang presiden jika sedang berada di dalam rumah? Mungkin jawaban yang diberikan oleh tukang masaknya ini bisa membuat rasa kepomu hilang. Pada 2017 lalu, Presiden Jokowi pernah mengunggah sebuah video ke facebooknya. Dalam video tersebut, ditampilkan juru masaknya yang bernama Tri Supriharjo. Tri sendiri mengatakan jika Jokowi merupakan sosok sederhana yang tak pernah pilih-pilih makanan. Pak Tri sendiri sudah ikut bersama Presiden Jokowi dari tahun 2013. Pria asal Solo ini juga mengungkapkan belum pernah sekalipun ia dikomplain dan dimarahi oleh Jokowi.

Makanan kesukaan Presiden Jokowi

Soto kuning kesukaan Jokowi [Sumber gambar]
Pak Jokowi terkenal suka blusukan dan turun melihat langsung keadaan rakyatnya. Dalam urusan makanan pun ia lebih memilih singgah di depot makan atau warung pinggir jalan dibanding pergi ke restoran. Nah, menurut tukang masaknya kesederhanaan tersebut bukanlah pencitraan semata, tapi memang karena orangnya tak neko-neko. Tri Supriharjo menceritakan beberapa menu makanan yang paling sering dimakan oleh Jokowi. Semenjak pindah ke Istana Bogor, hampir setiap hari ia memesan Soto Kuning, alasannya karena oto satu ini berbeda dari soto kebanyakan dan disajikan dengan banyak rempah. Selain itu, Pak Jokowi juga suka sop ayam serta oseng-oseng tempe. Nah, kalau cemilan, tak muluk-muluk, sediakan singkong rebus, jagung rebus, dan lento pun sang presiden udah senang.

Rutin minum jamu setiap hari

Jokowi minum jamu [Sumber gambar]

Tak ketinggalan, setelah makanan ada minuman yang menjadi kesukaan Jokowi. Lagi-lagi, juru masaknya bilang kalau Jokowi rajin mengonsumsi jamu dan teh pahit. Kalau jamu yang ia racik detailnya terdiri dari potongan kunyit, jahe, serta temulawak. Jamu inilah yang menjadi kunci Jokowi yang selalu sehat dan semangat pergi ke sana kemari dan mengurus setumpuk urusan negara dari Sabang sampai Merauke. Kalau yang lebih kekinian dikit, Pak Jokowi paling suka jus kedondong. Sedikit aneh ya? Tapi katanya, kedondong yang asam itulah banyak mengandung vitamin c yang banyak manfaatnya untuk tubuh.

Bagaimana, sederhana bukan? Jadi menu presiden sama saja seperti kebanyakan menu rakyat biasa. Presiden Jokowi tak muluk-muluk dalam soal makanan, buktinya saja semua yang menjadi kesukaan beliau adalah menu yang erat kaitannya dengan kearifan lokal. Hehe.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Perjalanan Karir Pasha Ungu : Mulai dari Musisi Terkenal Hingga Rasakan Kursi Pejabat Daerah

Mahmoud Zohud, Satu-satunya Kontingen Palestina di Ajang Para Games yang Cinta Indonesia