in

Mau Panjang Umur dan Sehat Sentosa? Inilah Makanan serta Minuman yang Bisa Mengabulkannya

Cokelat jadi rahasia panjang umur wanita asal Indian [Sumber Gambar]

Panjang umur selalu jadi dambaan setiap manusia. Ya karena dengan panjang umur, berarti kita akan dianggap selalu sehat oleh orang-orang. Selain itu, kita juga jadi lebih banyak kesempatan untuk berbuat baik kepada semua orang. Bisa dibilang, panjang umur merupakan sebuah anugerah terindah dari Tuhan yang jarang diberikan kepada ciptaannya.

Tapi, berbicara tentang panjang umur, pasti Tuhan tak akan memberikan kepada kita begitu saja. Sebab, itu juga pasti ada usaha dari kita juga Sahabat Boombastis. Selain olahraga dan selalu positif thinking kepada siapa saja, panjang umur bisa dikarenakan makanan atau minuman yang kita konsumsi.

Minuman yang sering dikira pembawa penyakit, ternyata bisa perpanjang usiamu

Salah satu minuman yang dimaksud adalah kopi. Yap, minuman berkafein satu ini dikabarkan bisa membuat para peminumnya menjadi lebih panjang umur nih Sahabat Boombastis. Kabar ini bukan hanya isapan jempol belaka lho. Alasannya karena beberapa peneliti di Inggris telah melakukan riset lebih lanjut. Penelitian itu dipublikasikan JAMA Internal Medicine yang mengungkapkan kalau mengonsumsi kopi bisa berisiko mengurangi kematian dini. Hal ini juga telah diamini oleh Dr. Erikka Loftfield yang memimpin penelitian tersebut.

Kopi bisa perpanjang umur [Sumber Gambar]
Para peneliti menemukan kalau yang mengonsumsi kopi setiap harinya mengalami penurunan risiko hingga delapan persen kematian dini. Nah, angka tersebut juga meningkat sampai 16 persen untuk mereka yang konsumsi enam hingga tujuh cangkir kopi per hari. Namun sayangnya, penelitian ini hanya melihat konsumsi kopi partisipan setelah terserang penyakit dan tidak memeriksa risiko kematian secara keseluruhan. Sehingga, untuk kali ini penelitian tersebut hanya menunjukkan kalau kopi bisa jadi bagian dalam pola makan sehat. Jika untuk kopi yang bisa perpanjang umur, dibutuhkan penelitian lebih lanjut lagi.

Bumbu dapur yang sering kita gunakan memasak juga bisa perpanjang usia

Pasti kalian sudah tidak asing dengan bumbu dapur satu yang memiliki rasa sangat anyir. Apalagi kalau bukan bawang putih. Dilansir dari Boldsky.com, bawang putih mempunyai banyak manfaat bagi orang yang mengonsumsinya. Setelah dua jam memakan bawang putih, zat antioksidan yang dikandungnya akan melawan radikal bebas dalam tubuh. Kemudian, setelah empat hingga enam jam, maka bawang putih akan memberikan dorongan ada sel T yang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Bawang putih jadi penunjang panjang umur [Sumber Gambar]
Lalu, setelah tujuh jam mengonsumsi bumbu dapur tersebut, bawang putih yang mengandung zat anti bakteri akan membunuh semua kuman pada tubuh kalian. Kalau sudah 10 jam, nutrisi yang ada pada bawang putih akan membersihkan racun-racun dalam tubuh. Nah, kalau mengonsumsi bawang putih secara teratur, bisa dibayangkan apa yang akan terjadi pada diri kita. Badan kita akan terhindar dari segala penyakit dan sel-sel baik dalam tubuh bisa berkembang dengan baik. Sehingga, risiko kematian dini akan terkurangi Sahabat Boombastis.

Jarang dikonsumsi, tapi manfaatnya luar biasa

Mungkin beberapa di antara kalian masih jarang atau bahkan tidak pernah mengonsumsi teh hijau. Sebab, teh hijau masih belum begitu terkenal di negara kita ini. Namun ternyata teh hijau memiliki manfaat yang luar biasa Sahabat Boombastis. Alasannya karena minum teh ini setiap hari bisa memperpanjang umur kita lho.

Teh hijau bisa jadi minuman untuk perpanjang usia [Sumber Gambar]
Hal ini sudah terbukti karena telah dilakukan studi di Jepang. Penelitian yang dilakukan oleh Dr. Shinicho Kuriyama dan koleganya di Tohoku University School of Public Policy, Sendai, Jepang menghasilkan kesimpulan bahwa teh hijau efektif dalam memerangi penyakit jantung dan stroke. Ini disebabkan kandungan polyphenols yang ada pada teh hijau. Sehingga, tak perlu ragu lagi deh dengan manfaat yang ada pada teh hijau ini.

Makanan paling manis ini memiliki manfaat sebagus rasanya

Cokelat yang kita kira hanya mendatangkan rasa manis dan juga sakit gigi ternyata ada manfaat untuk memperpanjang umur juga. Teori ini sudah diamini oleh para ilmuwan di Harvard Medical School. Mereka telah menemukan bahwa minum dua cangkir cokelat panas per hari dapat membantu menjaga otak tetap sehat dan mencegah penurunan daya ingat pada orang tua.

Cokelat jadi rahasia panjang umur wanita asal Indian [Sumber Gambar]
Tapi, hal ini tak hanya sekedar teori saja lho karena sudah ada bukti nyatanya. Ada seorang wanita bernama Eunice Modlin asal Indiana yang kini berusia 101 tahun mengungkapkan kalau rahasia panjang umurnya adalah mengonsumsi cokelat. Bahkan, ia memakan coklat dua batang setiap harinya. Mungkin itu terlalu banyak bagi orang awam. Namun, wanita tersebut tak memungkiri kalau dirinya bisa panjang umur lantaran mengonsumsi coklat.

Makanan dan minuman di atas bisa menjadi penunjang supaya usia kita menjadi lebih panjang. Tapi harus dibarengi dengan pola hidup sehat juga Sahabat Boombastis. Contohnya adalah tidak minum alkohol dan merokok. Kemudian berolahraga serta istirahat yang cukup setiap harinya. Jadi, kalau hanya mengonsumsi makanan dan minuman di atas saja, tidak bisa dijadikan pedoman untuk memperpanjang usia. Sekali lagi, yang mengatur usia kita hanyalah Tuhan saja. Kita sebagai manusia hanya mengusahakan saja dengan cara menerapkan hidup sehat setiap harinya.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Kenali Sosok Pria yang Berjasa Besar Pada Tik Tok Hingga Bikin Ribut di Indonesia

Fakta dan Sejarah Susu Kental Manis yang Disebut Lebih Banyak Mengandung Zat Gula