in

5 Mainan 90-an Khusus ‘Anak Sultan’ yang Selalu Bikin Teman Sekelas Jadi Ngiri Berat

Berbicara mainan, bocah zaman sekarang lebih suka yang virtual daripada asli. Ya, mereka lebih demen sesuatu macam skin player dalam sebuah game dibanding mobil-mobilan. Tak bisa disalahkan juga mengingat zaman semakin modern, tapi juga mundur. Buktinya malah bapak-bapak yang justru hobi mainan, dari mobil-mobilan sampai karakter superhero.

Berkaca pada tahun 90an, bocah-bocah di zaman itu masih sangat mendewa-dewakan mainan. Saking sukanya, dulu anak-anak sampai menabung untuk bisa membeli salah satu mainan impian. Dan fenomenanya, kalau ada yang punya toys mewah, banyak banget teman-teman yang ngiri. Apalagi kalau dibawa ke kelas. Bisa heboh tuh! Sambil mengingat masa-masa menyenangkan itu, mari kita sejenak bernostalgia dengan jajaran mainan mahal yang bikin sebelah iri kelas berat.

Sepatu menyala jadi idola dan bikin ngiri anak yang lihat

Sepatu yang menyala [sumber gambar]
Kalau diingat angkatan 90-an pasti sangat ingat dengan sepatu yang satu ini. Bagaimana tidak, lantaran harganya yang bak ‘Sultan’ alias mahal luar biasa membuat hanya sebagian orang yang bisa membelinya. Namun demikian lampu menyalanya tersebut memang sangat unik bahkan di zaman itu. Apalagi kalau dibawa ke tempat-tempat gelap, alhasil biasanya banyak anak lain yang ngikut di belakang hanya untuk melihat sepatu menyala itu. Kalau sekarang sih, sepatu begituan sudah murah dan bisa dibeli di mana saja.

Jam bercahaya dan bentuk pesawat selalu sukses jadi pusat perhatian

jam keren anak 90an

Saat ini mungkin bentuk jam beraneka ragam, tapi kalau zaman dulu mungkin beda lagi ceritanya. Ya. lantaran namanya jam tangan dulu mahalnya bukan main, jadinya mungkin cuma dalam hitungan jari anak yang memakainya. Tapi beberapa dari mereka ada yang benar-benar mencuri perhatian, ya pemilik jam glow in the dark dan model bentuk pesawat. Memang sih kalau sekarang yang model seperti itu sudah sangat umum buat ditemui, namun dulu kalau yang macam begini selalu sukses bikin yang enggak punya iri setengah mati. Sebaliknya para pemiliknya bisa berlenggak-lenggok memakai jam kesayangannya bak para sultan yang ada di istana. Kurang ajar tuh emang!

Remote control yang diperuntukkan bagi mereka yang berduit saja

mobile remote control

Tak kalah bikin anak 90-an ngiri setengah mati, mobil remote control selalu jadi idola pada waktu itu. Bagaimana tidak, selain bisa dikendalikan layaknya mobil sungguhan, bentuknya pun keren bukan main. Namun sayang kalau zaman dulu harganya sangat enggak ramah buat kantong, bahkan cenderung buang-buang duit. Alhasil hanya sebagian saja yang memilikinya, dan kebanyakan hanya bisa menonton sambil melongo saat temannya memainkan mobil remote kontrol. Apalah daya buat kita, palingan hanya bisa beli mobil remote control dua tombol yang cuma bisa maju dan mundur saja.

Figure BTX yang diperuntukan hanya untuk kalangan para sultan

Mainan BTX [sumber gambar]
Kalau saat ini Action figur sudah jadi hal yang lumrah dimiliki oleh anak-anak atau orang tua, dulu hanya kalangan ‘sultan’ yang mampu memilikinya. Ya, lantaran mahalnya mainan ini, hanya sebagian anak yang memilikinya. Bukan Gundam atau pun Hot Wheel, melainkan mainan model BTX yang selalu bikin ngiri anak lainnya. Kamu pasti ingat kan  dengan yang satu ini? Ya bentuk naga yang ditunggangi memang terlihat sangat wah dan sukses bikin banyak anak ingin memilikinya. Namun apalah daya, uang jadi kendala.

Tamiya dan Crushgear selalu bikin ngiler mereka yang uang jajan pas-pasan

mainan legend anak 90-an

Sekarang mungkin harga Tamiya dan Crushgear begitu murah meriah, namun dulu buat anak 90-an, itu adalah harga yang sangat mahal. Bagaimana tidak, hanya buat beli mainan itu kita harus rela menabung menyisihkan uang jajan sampai berbulan-bulan. Kalau anak-anak orang kaya sih enak, tinggal bilang ke orangtuanya. Harga mahal ini belum termasuk beli segala suku cadang serta baterai beserta cas-casannya. Namun gak papa, kalau sudah kebeli lega banget dalam hati karena bisa main dengan yang lainnya.

Mungkin barang-barang tersebut kini murah meriah, tetapi kenangannya enggak akan seperti dulu lagi. Apalagi mengingat banyaknya pengorbanan yang kita lakukan hanya demi beli barang atau mainan itu. Rasanya kangen juga ya dengan mainan zaman dulu itu. Kamu masih ada yang punya deretan benda di atas?

Written by Arief

Seng penting yakin.....

Leave a Reply

Hancur Lebur Diterjang Tsunami, Perjuangan Hidup Petani Garam Ini Bakal Tampar Muka Pemerintah

Nathania Mugiyono Orang Asli Kebumen yang Jadi Teknisi Khusus Pembalap Moto GP