in

Kisah Hesti Candra Pratiwi, Lulusan SD yang Sukses Jadi Pengusaha Beromset Miliaran

Kisah Hesti Candra Pratiwi, Lulusan SD yang Sukses Jadi Pengusaha Beromset Miliaran [sumber gambar]

Terlahir dari keluarga miskin adalah sebuah takdir. Namun jika ingin hidup sukses, itulah yang disebut dengan pilihan. Kalimat yang ringkas dan sarat akan makna inilah yang dilakukan oleh Delta Hesti Candra Pratiwi. Memulai segala sesuatunya dari nol, siapa sangka jika wanita yang hanya lulusan Sekolah Dasar SD) ini bisa menjadi pengusaha sukses dengan omset miliaran rupiah.

Meski kini bergelimang kesuksesan, perjuangannya di masa lalu terbilang sulit dan tak semudah membalik telapak tangan. Ada kerja keras yang diperjuangkan oleh Hesti pada saat itu. Terlebih, masa lalunya bersama keluarga juga menjadi tantangannya pada saat itu. Tak menyerah, ia terus bergerak dan mencoba. Seperti apa kisahnya? Simak ulasan dari Boombastis berikut ini.

Berawal dari usaha yang didirikan bersama kekasihnya

Kesuksesan yang diraih Hesti berawal saat dirinya berpacaran dengan seorang pria bernama Tomliwafa yang kini menjadi suaminya. Tak ingin sekedar berhura-hura, pasangan kekasih ini memilih untuk saling bekerjasama membangun bisnis. Tomliwafa yang pada saat itu merupakan anak band, telah terlebih dahulu terjun di dunia bisnis dengan berjualan stiker.

Melihat Hesti yang tertarik untuk memiliki usaha sendiri, Tomliwafa menyarankan agar dirinya membuka sebuah toko online sendiri. Saat itu pada tahun 2010, bisnis seperti online shop belum banyak dilakukan oleh masyarakat. Hanya bermodal Facebook dan BBM, Hesti memutuskan untuk berjualan barang second seperti tas hingga produk fashion.

Sukses menjadi pengusaha dengan omset miliaran rupiah

Tak ingin bergantung dari penjualan barang second, Hesti pun kemudian memilih untuk berjualan sepatu yang dibelinya secara eceran di toko. Keputusannya ini ternyata berbuah manis. Banyak yang kemudian tertarik menjadi reseller dari usahanya tersebut. Perlahan tapi pasti, usaha online yang dulu dirintis oleh dirinya semakin dikenal banyak orang. Hesti pun memanfaatkan momen ini dengan meluncurkan merek Handmadeshoesby.

Hesti sukses menjadi pengusaha dengan omset miliaran [sumber gambar]
Berbekal keuletan yang kemauan kerasnya untuk berusaha, Hesti berhasil mengembangkan bisnisnya yang kemudian melayani sistem reseller, grosir,eceran, partai, hingga VIP. Bagi mereka yang ingin membeli langsung di perusahaan Hesti juga melayani bisnis secara B2B (business to business). Produk yang dihasilkannya pun telah dijual ke seluruh Indonesia dengan omset hingga miliaran rupiah.

Sempat menjalani kehidupan yang berliku bersama keluarganya

Semua keberhasilan Hesti menjalani usaha, tak lepas dari pengalaman hidupnya di masa lalu. Mengutip dari wawancaranya di YouTube milik CapCapung berjudul “Cerita Sukses Lulusan SD Jadi Miliarder Berkat Bisnis Online Shop”, Hesti menceritakan bahwa ia hidup susah di bersama keluarganya. Bahkan sang ayah diceritakannya memiliki hobi berjudi hingga menyisakan utang hingga ratusan juta rupiah.

Sang ibu bahkan sempat merantau ke Manado dan bekerja sebagai pembantu. Sementara sang ayah memilih ke Papua untuk bekerja di tambang emas. Sementara Hesti memilih bertahan di Surabaya karena dirinya yakin, bisa meraih kesuksesan dan bisa melunasi utang orang tuanya dengan potensi yang dimiliki. Beruntung, dirinya bertemu dengan Tomliwafa yang mendukung dan mendorong dirinya untuk memulai bisnis online.

Niat membantu sesama lewat kesuksesan yang dimilikinya

Sukses yang diraih oleh Hesti, tak serta merta membuat dirinya lupa dengan orang lain. Untuk itu, ia mendirikan sebuah komunitas Female Entrepreneur Leadership atau FENELA, di mana Hesti bisa berbagi pengalaman serta motivasi bisnis untuk kaum perempuan yang ingin menjadi pebisnis atau tengah menjalankan sebuah usaha.

Sukses kembangkan bisnis bersama suami [sumber gambar]

Dirinya juga menjalin kerjasama dengan pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) di seluruh Indonesia. Nama besar Hesti dan perusahaan yang dikelolanya juga turut membuka peluang lapangan pekerjaan dan mengurangi tingkat pengangguran di Surabaya, Jawa Timur. Sebuah kota di mana ia mengawali semuanya dari nol hingga sukses.

BACA JUGA: Tak Lulus SD, Pedagang Es Krim Ini Bikin Takjub Gara-Gara Usahanya Beromset 500 Juta per Bulan

Bisa dibilang, sosok Hesti kini telah menjadi seorang pengusaha sukses. Soal finansial pun bukan lagi menjadi masalah seperti yang dulu pernah dialaminya. Bahkan, dirinya tak lupa berbagi dengan sesama. Menularkan keberhasilannya untuk orang lain agar sama-sama bisa meraih kesuksesan di bidang wirausaha.

Written by Dany

Menyukai dunia teknologi dan fenomena kultur digital pada masyarakat modern. Seorang SEO enthusiast, mendalami dunia blogging dan digital marketing. Hobi di bidang desain grafis dan membaca buku.

Leave a Reply

4 Kecelakaan Pesawat di Indonesia yang Sering Dikaitkan dengan Hal-hal Mistis

Mengenal Lulu Lugiyati, Sosok Wanita Pertama di Indonesia yang Menjadi Pilot