in

4 Fakta Lo Lieh, Aktor Kelahiran Indonesia yang Sempat Satu Film Dengan Bruce Lee

Lebih dulu dari Bruce Lee [sumber gambar]

Memang pamor aktor laga Indonesia lagi naik daun. Misal saja, Joe Taslim yang akhirnya-akhir ini jadi buah bibir karena bisa berperan sebagai Sub-Zero dalam film Mortal Kombat. Belum lagi Iko Uwais, Yayan Ruhiyan dan aktor-aktor lain yang juga sudah berkiprah dalam film-film Hollywood.

Nah bicara mengenai aktor laga Indonesia di kanca Internasional, maka kamu harus mengenali sosok yang satu ini. Dia adalah Lo Lieh, seorang aktor dalam film Kung fu yang sudah go internasional jauh sebelum Joe Taslim, Iko Uwais dan lain-lain. Nah biar kamu tahu sosok aktor legenda kung fu yang pernah main dengan Bruce Lee ini, simak ulasan berikut.

Lo Lieh seorang aktor laga kelahiran Indonesia

Masalah aktor laga, mungkin nama Bruce Lee dan Jackie Chan lebh akrab di telinga kita. Tapi kamu tahu gak sih kalau ternyata ada aktor laga lain yang gak kalah pamornya dari mereka bahkan lahir di Indonesia. Dia adalah Lo Lieh, sosok pria yang lahir di pemantang Siantar Indonesia.

Lo Lieh [sumber gambar]
Lo Lieh sebenarnya memiliki nama asli Wang Lap Tat namun akhirnya memutuskan memakai nama panggung seperti yang saat ini dia gunakan. Tahun 1952, Lo Lieh ramaja dikirim ke Hong Kong untuk mengikuti  sekolah akting. Bersama Shaw Brothers, akhirnya dirinya bisa menitih karir yang cerah hingga dikenal sebagai legenda seperti sekarang.

Dia bahkan pernah bermain bersama legenda lainnya

Untuk satu panggung saja dalam jumpa fans bersama Jackie Chan sudah sangat membanggakan, apalagi kalau sampai satu film. Namun itulah salah satu pencapaian yang diraih oleh Lo Lieh. Bagaimana tidak, bersama Jackie Chan mereka disebut sebagai legenda di film laga khas mandarin.

Main bersama Jackie Chan [sumber gambar]

Dalam film Dragon Forever tahun 80-an, aktor ini berhasil berperan dengan Jackie Chan dan Sammo Hung, yang akhirnya film itu melambungkan nama mereka. Sebelumnya, tahun 70-an bahkan dirinya sempat beradu akting dengan Bruce Li loh. Melihat lawan peran dalam film-filmnya, kita tahu kalau Lo Lieh bukan aktor yang sembarangan.

Sosok Lo Lieh disebut pioner superstar laga kungfu

Ada hal yang unik dari sosok Lo Lieh ini pasalnya dirinya sebut sebagai pioner dari film aksi laga kungfu di dunia. Ya, banyak orang yang mengira Bruce Lee-lah sang pioner tersebut, namun ternyata anggapan itu tak sepenuhnya benar.

Lebih dulu dari Bruce Lee [sumber gambar]
Dilansir dari laman Screenrant, Bruce Lee memang menghasilkan film laga kungfu paling favorit pada masanya, namun yang pertama mempopulerkannya adalah Lo Lieh. Hal itu bisa diketahui dari filmnya, dimana Bruce Lee mulai terkenal setelah filmnya Enter The Dragon tahun 1973, nah sedangkan Lo Lieh sudah terkenal bahkan di Hollywood tahun 1972 dengan filmnya Five Fingers of Death.

Lo Lieh terus bermain akting hingga akhir hayatnya

Lo Lieh sendiri akhirnya meninggal pada usia 63 tahun karena serangan jantung pada tahun 2002. Namun demikian di masa tuanya dirinya tidak berhenti dalam berkarnya. Hal itu terbukti pada tahun 2001 dirinya sempat membintangi film The Vampire Combat .

Tetap berkarir di usaia tua [sumber gambar]
Hal ini membuktikan kalau Lo Lieh ini sangat profesional dalam pekerjaannya. Padahal kalau diingat, banyak film besar yang sudah dia bintangi namun dia memilih tak mau pensiun. Film Sex and Zen  dan Police Story 3 adalah film-film yang sudah mendunia yang sempat Lo Lieh bintangi bukti kehebatan aktingnya bukan isapan jempol.

Adanya Lo Lie ini memang menambah wawasan kita mengenai aktor laga Indonesia yang sudah ngetop di manca negara. Ternyata gak hanya Joe Taslim dan Iko Uwais, namun aktor zaman dulu juga ada yang sama ngetopnya. Tentu hal ini buat bangga Indonesia ya.

Written by Arief Dian

Seng penting yakin.....

Leave a Reply

Cara Atur Gaji Biar Nggak Tekor di Akhir Bulan

5 Fakta Anton Medan si Mantan Mafia Legendaris yang Insaf, Bahkan Bangun Masjid dan Pesantren