in

Gempa Lombok Memakan Korban Jiwa, Ini Cara Antisipasi Supaya Selamat dari Guncangannya

Lagi-lagi Indonesia mendapatkan kabar buruk dari kawasan timur. Adalah gempa telah mengguncang wilayah Lombok, NTB tanggal 5 Agustus 2018 kemarin dengan kekuatan 7 SR. Berkat musibah tersebut, kali ini tercatat 91 orang meninggal dan 209 luka-luka dilansir dari news.detik.com. Untuk korban meninggal sebagian besar dikarenakan tertimpa bangunan roboh.

Bukan hal yang asing lagi kalau korban gempa meninggal karena tertimpa benda atau bangunan. Pada umumnya mereka terlambat untuk menjauh dari kawasan berbahaya tersebut. Nah, untuk itu kali ini Boombastis.com akan membahas apa yang sebaiknya dilakukan ketika ada gempa.

Di dalam rumah saat ada gempa, lakukan hal ini

Jika kalian merasakan gempa saat berada di dalam rumah, maka yang bisa dilakukan ada dua cara Sahabat Boombastis. Pertama adalah berlindung di bawah meja yang kokoh supaya badan tidak tertimpa reruntuhan dari bangunan. Tapi cara berlindungnya tidak sembarangan lho yaitu dengan posisi badan telungkup kemudian kedua tangan menutupi kepala.

Berlindung dalam rumah [Sumber Gambar]
Lalu cara kedua yang dapat kita lakukan yakni dengan ke luar dari rumah. Namun untuk cara yang kedua ini ditujukan bagi gempa berkekuatan tinggi. Biasanya yang sudah menimbulkan keretakan pada beberapa bagian rumah dan juga benda-benda mulai berjatuhan.

Gempa saat berada di luar rumah, jangan lupa lakukan tindakan satu ini

Ketika ada gempa dan kalian berada di luar rumah, bukan berarti aman dari segala gangguan Sahabat Boombastis. Kalian juga patut untuk melindungi diri. Jadi, jika ada gempa sebaiknya kalian merunduk dan melindungi bagian kepala dengan tangan atau benda yang sedang dibawa.

Gempa saat di luar gedung [Sumber Gambar]

Lalu bergeraklah menjauh dari gedung, pohon ataupun tiang. Sehingga usahakan untuk mencari tempat terbuka seperti lapangan. Nah, kalau kalian sudah melakukannya, tidak perlu melakukan tindakan apapun. Tunggu sampai keadaan benar-benar aman karena kebanyakan setelah gempa utama akan ada susulan.

Berada di tempat umum saat gempa, bisa lakukan ini

Nah, untuk kalian yang berada di tempat umum saat ada gempa, caranya berbeda lagi nih. Yaitu tetap tenang dan kemudian mencari jalan untuk ke luar dari tempat tersebut. Tapi ada yang perlu diingat Sahabat Boombastis, hindarilah menggunakan lift atau ekskalator.

Gempa ketika di tempat umum [Sumber Gambar]
Alasannya karena ditakutkan kedua benda tersebut mengalami kerusakan ketika digunakan. Sebab, gempa bisa mempengaruhi kinerja dari listrik yang sewaktu-waktu mengakibatkan konsleting. Jadi sebisa mungkin gunakanlah tangga manual saja untuk menuju jalan ke luar.

Di kendaraan saat terjadi gempa, jangan lupa dengan cara antisipasi ini

Kalian berada di mobil atau di atas motor saat guncangan gempa? Jangan khawatir Sahabat Boombastis. Usahakan untuk tetap tenang. Nah, jika kalian yang berada di atas motor, berpegangan eratlah pada tiang supaya tidak terjatuh dari guncangan.

Gempa ketika di kendaraan [Sumber Gambar]
Kemudian bagi yang berada di dalam mobil, hentikan kendaraan kalian untuk beberapa waktu sampai keadaan benar-benar aman. Selanjutnya, jika gempa sudah selesai atau guncangannya tidak terlalu besar, carilah tempat aman dan yang paling penting adalah terbuka.

Bagi traveller, wajib perhatikan tips berikut

Untuk para traveller yang suka berkunjung ke gunung atau pantai perlu tahu tentang tips satu ini. Jika kalian merasakan guncangan tanah meski tidak terlalu keras, sebaiknya menjauhlah dari tempat-tempat tersebut. Disebabkan gunung bisa mengalami longsor jika sudah terkena gempa.

Gempa saat di pantai [Sumber Gambar]
Sedangkan untuk laut bisa terjadi tsunami lantaran adanya gempa di dasar perairan. Oleh karena itu, menjauhlah dari tempat-tempat itu dan juga cari wilayah yang terbuka. Lalu untuk yang berada di pantai, cari juga kawasan yang letaknya lebih tinggi daripada laut.

Cara-cara di atas sebaiknya diingat-ingat jika ada gempa yang tiba-tiba mengguncang daerah kita. Mengingat gempa yang bisa terjadi kapan dan di mana saja, membuat kita sebaiknya lebih waspada lagi. Terutama yang rumahnya berada di dekat pantai, usahakan untuk selalu tanggap dan selalu mengikuti berita. Dikhawatirkan gempa bisa memicu datangnya tsunami. Tetap waspada ya Sahabat Boombastis di manapun kalian berada.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Gibran Bersilat Lidah dengan Netizen Hingga Mirip Idol K-Pop, Ini 5 Hal Seputar Cucu Kedua Jokowi

Berperang Sampai Tahan Penalti Pele, 4 Kiper Ini Buat Penjaga Gawang Lain Terlihat Cupu