Bekerja terus kok sibuk dan stress ya? Kalau enggak bekerja nanti tak bisa menghasilkan uang? Pasti inilah yang ada di benak-benak para pekerja, terutama mereka yang full-time, pergi pagi pulang petang. Kadang, tak sempat untuk liburan, saat weekend sibuk membangun mood agar kembali baik saat nanti bekerja hari Senin.

Tapi, jangan khawatir, selagi punya trik, kamu tetap bisa liburan kok meskipun sibuk. Caranya? Nah, makanya simak dalam ulasan Boombastis.com berikut ini dong!

Gunakan waktu bekerja dengan maksimal

Deadline on time [sumber gambar]
Pertama, selama berada di kantor, maksimalkan waktumu untuk menyelesaikan segala macam deadline. Hindari kebiasaan membuang-buang waktu untuk bercanda apalagi bergosip dengan rekan kerja di kantor. Ketika atasan memberikan pekerjaan baru, maka segera selesaikan. Jika ada bagian yang kurang dimengerti, segera tanyakan agar pengerjaan tugas tidak tertunda. Bila perlu, libatkan tim agar tugas bisa diselesaikan dengan mudah dan cepat. Dengan begitu, ketikan pulang atau weekend, tak ada pekerjaan yang harus diselesaikan lagi.

Berlibur ke destinasi yang mudah dijangkau

Pilih destiansi dalam kota [sumber gambar]
Untuk berlibur, sebenarnya tak perlu ke tempat yang jauh loh. Kamu bisa memanfaatkan waktumu untuk menjelajah tempat yang lebih dekat, atau mungkin liburan di dalam kota saja. Kalau jatah cuti kantor sudah habis, maka kegiatan liburan bisa dilakukan pada Sabtu dan Minggu. Kamu bisa berwisata ke tempat tertentu bersama sahabat atau keluarga tercinta. Kegiatan ini tentu akan membuat pikiran kembali terasa fresh.

Buatlah rencana liburan sedetail mungkin

Atur rencana liburan [sumber gambar]
Syukur-syukur kalau masih punya jatah cuti. Kamu bisa berlibur selama beberapa hari ke tempat yang ingin kamu kunjungi. Ingat, selama cuti ini usahakan untuk tidak memikirkan segala beban kerja yang ada. Ya, kuncinya sih poin pertama tadi, semua deadline di kantor atau tempat bekerja sudah kamu selesaikan. Untuk liburan di luar kota, rencanakan dengan sematang mungkin dan detail. Karena plan yang detail akan membuatmu tidak membuang waktu membuat keputusan selama liburan. Plan ini bisa berupa destinasi wisata, transportasi, penginapan, dan kebutuhan lain-lain.

Ajak teman kantor atau sahabat

Libur dengan sahabat [sumber gambar]
Yap, berlibur akan lebih menyenangkan saat kamu pergi dengan mereka yang tersayang kan? Kalau mau rame, maka kamu bisa mengajak teman kantor atau bisa juga sahabat. Kehadiran mereka bisa menjadi tempat cerita dan sharing selama perjalanan dan sebagai fotografer dadakan juga. Tapi, kalau misalnya tak ada yang bisa diajak pergi bersama, mungkin memang sudah saatnya kamu solo traveling saja.

Menabung dan targetkan pergi di waktu tertentu

Menabung untuk liburan [sumber gambar]
Setiap kita pasti punya destinasi yang pengen banget dikunjungi kan. Nah, buat yang masih sibuk bekerja. Sebelum mencapai destinasi itu, carilah detail segala hal yang berhubungan dengan tempat yang mau kamu kunjungi, kalau sudah mendapatkan jumlah kira-kira budget, selanjutnya adalah menabung. Kalau tabungannya sudah mencapai target, maka tinggal eksekusi deh. Kamu bisa liburan tanpa harus bingung menentukan tempat tujuan, kan?

BACA JUGA: Kelelahan Kerja Bisa Memicu Kematian, Ini 5 Cara Menanggulanginya

Yang terpenting adalah mengerjakan pekerjaan dengan cara yang maksimal, tidak banyak PR yang dibawa ke rumah. Masalah liburan, kalau hanya untuk destinasi di dalam kota, bisa dilakukan saat libur akhir weekend. Untuk destinasi luar kota, tentu harus menyiapkan budget dan rencana yang matang dulu, guys.