in

5 Letusan Gunung Paling Dahsyat di Indonesia

Indonesia dikenal sebagai negara dengan banyak sekali gunung api yang aktif. Semuanya tersebar ke seluruh pulau-pulau besar terutama Jawa, Sumatra, Bali, Nusa Tenggara dan ujung  Sulawesi. Indonesia berada pada jalur Cincin Api Pasifik, yang mengakibatkan banyaknya gunung yang sangat aktif, beberapa di antaranya sangat berbahaya.

Beberapa tahun belakangan gunung api di Indonesia banyak yang erupsi. Seperti Kelud, Merapi, hingga Sinabung. Kejadian ini mengakibatkan bencana alam bahkan menyebabkan kematian. Berikut adalah daftar gunung-gunung di Indonesia dengan ledakannya yang dahsyat, beberapa malah menyebabkan perubahan iklim dunia.

Baca Juga : 5 Letusan Gunung Berapi Terdahsyat Sepanjang Masa

1. Gunung Tambora

Salah satu gunung dengan ledakan paling dahsyat di Indonesia adalah Gunung Tambora. Bahkan terdahsyat di dunia yang berhasil dicatat oleh sejarah. Gunung Tambora yang terletak di Sumbawa ini meletus pada tanggal 10 April 1815. Ledakan ini adalah puncak dari aktivitas vulkanik yang mulai meningkat selama hampir empat tahun.

Gunung Tambora [image source]
Gunung Tambora [image source]
Letusan Gunung Tambora benar-benar hebat. Bahkan bisa disamakan dengan ratusan ribu bom atom yang meletus bersama. Akibat ledakan gunung ini, diperkirakan ada 71.000 orang di sekitar Sumbawa meninggal karena lava, dan juga penyakit akibat debu dari gunung.

Tak hanya di Indonesia, dunia juga mendapatkan dampak dari Gunung Tambora. Usai erupsi, gunung ini mengirim banyak material debu ke langit. Terjadilah perubahan iklim yang cukup signifikan. Bahkan suhu dunia rata-rata turun hingga 0,53 derajat Celcius. Dan beberapa negara di belahan bumi utara tidak mengalami musim panas. Dan Negara di bagian selatan Eropa harus menghadapi wabah typus.

Written by Adi Nugroho

Leave a Reply

Inilah 9 Pedang Milik Rasulullah SAW Yang Melegenda

Fenomena Terompet Sangkakala Muncul Di Berbagai Belahan Dunia