in

5 Hal Sederhana ini Bisa Kamu Lakukan Agar Lebih Cerdas dalam Hidup dan Pekerjaan

lebih cerdas

Hidup enggak perkara bisa makan, tidur, kerja lalu semuanya selesai. Di era sekarang kalau kita bisanya cuma begitu saja akan mati kelindas zaman. Serius! Hidup di masa sekarang kita harus benar-benar jadi seseorang yang berkembang dan cerdas. Kalau bisanya cuma itu-itu saja maka tamat sudah riwatat kita.

Tapi tenang, lima hal sederhana di bawah ini benar-benar akan membuatmu jadi cerdas. Hidupmu jadi lebih baik, dan pekerjaan semakin berkembang, syukur-syukur jabatan naik. Well, mari kita simak bareng-bareng!

1. Menjadi Tukang Cari Ide

Di zaman yang serba canggih ini, ide adalah hal yang sangat penting. Apalagi kamu orang yang selalu menginginkan sesuatu yang beda. Ide adalah sesuatu yang bisa menjadikanmu menjadi seseorang yang sukses. Misal kamu punya ide berupa start up usaha kuliner yang spesial menyajikan makanan dari bekicot atau kangkung. Hal-hal yang kadang sepele seperti ini bisa membuat kamu jadi semakin melesat.

Menjadi Tukang Cari Ide [image source]
Menjadi Tukang Cari Ide [image source]
Kalau kamu kerja di kantor, ide bisa membuatmu gampang naik jabatan. Misal kamu punya ide unik untuk pengembangan usaha. Kalau ide itu brilian, bos pasti akan suka dan membuatmu jadi tangan kanannya. Tapi kalau kamu bisanya cuma ngendon di kubikel buat mengerjakan tugas lalu selesai langsung pulang, ya jangan harap naik jabatan. Naik gaji pun paling juga seret.

2. Punya Tantangan Jangka Pendek dan Panjang

Hidup tanpa tantangan itu rasanya akan sangat hambar. Stuck di tempat yang sama dan membuat kamu semua jadi bosan. Untuk lepas dari hal-hal mengerikan seperti ini coba kamu beri tantangan dalam hidup. Tidak usah besar-besar, misal kamu punya tantangan lancar ngomong Bahasa Inggris dalam setahun. Atau bisa mengetik dengan 10 jari dalam waktu 3 bulan.

Punya Tantangan Jangka Pendek dan Panjang [image source]
Punya Tantangan Jangka Pendek dan Panjang [image source]
Tantangan-tangan sederhana tapi berguna ini akan membuatmu jadi jauh lebih pandai. Hidup akan berjalan dengan baik dan terpenting lagi menunjang pekerjaan yang kamu lakukan. Hal ini juga bisa dilakukan oleh pelajar yang ingin memulai gebrakan baru sejak bangku sekolah. Toh zaman sekarang, kerja enggak harus punya ijazah S1 dulu, kan?

3. Membaca Adalah Wajib

Bagi seseorang yang ingin tampak lebih maju dan cerdas, membaca adalah hal yang wajib. Tanpa membaca maka kamu tidak akan mendapatkan apa-apa. Misal kamu tertarik dengan masalah branding yang saat ini lagi ngehits. Maka bacalah buku-buku yang berkaitan dengan branding hingga kamu benar-benar paham dan mampu mengaplikasikannya dalam hidup.

Membaca Adalah Wajib [image source]
Membaca Adalah Wajib [image source]
Masalah utama yang menyebabkan banyak pemuda Indonesia enggak maju adalah masalah males baca. Mereka cenderung ingin mengetahui banyak hal secara instan. Proses yang panjang kadang dilupakan hingga akhirnya jalan pintas sering dilakukan. Jika ingin maju, salah satu jalan yang bisa dilakukan adalah membaca.

4. Bergaul dengan Orang Cerdas dan Suka Share Ilmu

Daripada hangout enggak jelas dengan orang lain yang tak memberikan apa-apa, mending berkumpul dengan orang yang cerdas. Misal sering ke seminar, diskusi-diskusi masalah ide dan pekerjaan. Mintalah mereka mengajarkan apa yang mereka ketahui. Dengan saling berdiksusi maka kamu akan mengetahui banyak hal, bahkan dari sesuatu yang sebelumnya sangat asing.

Bergaul dengan Orang Cerdas dan Suka Share Ilmu [image source]
Bergaul dengan Orang Cerdas dan Suka Share Ilmu [image source]
Berdiskusi dengan seseorang yang ahli kadang membuatmu lebih bergairah dalam hidup. Terobsesi ingin seperti merek yang hebat. Bila perlu kamu bisa jadi lebih hebat dari mereka semuanya. Enggak ada yang akan tahu, kan?

5. Mengubah Mindset Untuk Menjadi Seseorang yang Maju

Hal penting yang bisa kamu lakukan sebelum menjadi seseorang yang lebih cerdas dan maju adalah mengubah mindset atau cara berpikir. Jika kamu masih berpikir terus menjadi anak buah maka sampai kapan pun tidak akan pernah jadi leader. Jika kamu masih enggan belajar hal-hal yang baru untuk menunjang apa yang ingin kamu lakukan maka sampai kapan pun kamu enggak jadi pandai.

Mengubah Minset Untuk Menjadi Seseorang yang Maju [image source]
Mengubah Minset Untuk Menjadi Seseorang yang Maju [image source]
Cara berpikir untuk maju harus ditanamkan sejak dini agar kamu bisa maju secara perlahan-lahan. Dan poin ini memang paling sulit. Apalagi kamu yang memang memiliki bibit malas yang sangat besar. So, mulai saat ini ubahlah pola pikirmu untuk selalu ingin maju.

Itulah lima hal sederhana yang bisa kamu lakukan agar hidup lebih cerdas baik pekerjaan atau pun hidup. Jika lima hal di atas telah kamu lakukan, maka kamu akan kaget melihat perubahan besar dalam hidupmu. Jadi, mulailah mulai saat ini juga!

Written by Adi Nugroho

Leave a Reply

Surganya Cewek Nerakanya Cowok

5 Fenomena Pacaran Ini Serasa Surga Bagi Cewek, Tapi Malah Jadi Neraka Bagi Cowok

5 Pemimpin Besar Dunia ini Lebih Manusiawi Daripada yang Lain. Indonesia Ada?