in

Lampu Sampai Sabun Cuci Tangan, 5 Fasilitas Umum Ini Dicuri Orang Nggak Bertanggung Jawab

Di tengah pandemi yang serba sulit, masih ada oknum-oknum tak bertanggung jawab yang melakukan tindakan kriminal. Mereka tak segan mencuri fasilitas umum untuk kepentingan pribadi. Tentunya tindaka mereka merugikan masyarakat dan pemerintah yang menyediakan fasilitas tersebut.

Kasus ini terjadi di beberapa kota di Indonesia, bahkan ada yang terjadi sebelum pandemi. Motif pelakunya pun beragam. Mulai dari butuh uang hingga sekedar iseng ingin viral. Berikut beberapa pencurian fasilitas umum yang berhasil dirangkum Boombastis.

Pencurian patung pocong di Lamongan

pencurian pocong [sumber gambar]
Baru-baru ini petugas berhasil mengamankan empat tersangka pencurian pocong di alun-alun Lamongan, Jawa Timur. Polisi mengungkap motif si pelaku ternyata hanya iseng untuk menakut-nakuti orang. Mereka melakukan aksi tersebut pada Jumat, 9 Juli 2021 dini hari. Namun pihak kepolisian masih mendalami kasus ini dan belum memutuskan hukuman yang patut untuk para pelaku tersebut.

Sabun cuci tangan yang kerap hilang di Jember

pencurian sabun cuci tangan [sumber gambar]

Demi mencegah penyebaran Covid-19, pemerintah menyediakan sejumlah fasilitas umum seperti wastafel, tisu, tempat sampah, hand sanitizer, dan sabun cuci tangan. Sayangnya, beberapa oknum justru membawa pulang sabun cuci tangan yang dipasang di alun-alun Jember tersebut. Kabar tak mengenakkan ini disampaikan oleh Kepala Dinas Komunikasi Informasi Jember Gatot Triyono. Gatot pun mengajak masyarakat untuk menjaga fasilitas umum demi kepentingan bersama agar tak terulang kejadian serupa.

Maraknya pencungkilan batu alam di Ancol

Petugas mengamankan pencurian batu alam [sumber gambar]
Kali ini, pencurian terjadi di taman bantaran Kali Ancol, Pademangan, Jakarta Utara. Petugas Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) memergoki beberapa orang sedang mencungkil batu alam pada Desember 2020. Namun dua pelaku lainnya masih buron. Sementara itu, petugas telah mengamankan barang bukti berupa palu dan obeng serta batu alam yang sudah dicungkil. Harga jual batu alam yang mahal mencapai Rp185 ribu per meter persegi, membuat para pelaku tergiur untuk mencurinya.

Puluhan lampu jalan di Desa Talang raib

pencurian lampu [sumber gambar]
Lampu penerangan jalan di jembatan Servo, Desa Talang Bulang, Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) hilang dari tiangnya. Kepala Desa Bulang Menriadi tak mengetahui motif pelaku, lantaran ada sejumlah lampu yang tidak diambil namun dirusak hingga berhamburan. Menriadi mengaku sudah melaporkan pencurian lampu tersebut kepada Dinas Perumahan dan Permukiman PALI.

Aksi pencurian kabel listrik di Suramadu

pencurian kabel listrik [sumber gambar]
Di jembatan Suramadu, Jawa Timur, juga sering terjadi tindakan pencurian. Kali ini, kabel listrik yang menjadi sasaran pelaku pencurian. Bahkan kepala Humas Yasir Faisal Ahmad mengatakan 30 meter kabel yang dicuri bernilai Rp15 juta. Kondisi ini membuat Badan Pengembangan Wilayah Suramadu memasang pagar tinggi untuk mencegah aksi pencurian tersebut.

BACA JUGA: Sarana Milik Umum Kerap Hilang Dicuri, Benarkah Warga Indonesia Bermental Maling?

Tingkah sejumlah oknum tak bertanggung jawab di negeri ini sungguh memprihatinkan. Mereka tega mencuri fasilitas yang diperuntukkan untuk masyarakat umum. Semoga semua pelaku segera tertangkap dan diberi ganjaran setimpal agar jera. Jangan sampai ada kejadian serupa.

Written by F A Agustina

Pemilik Angkringan Jogja Pak Panut Meninggal, Banyak Mahasiswa yang Pernah Diselamatkan dari Kelaparan Berduka

Biaya Keperluan Kremasi sampai 80 Juta, Hotman Paris Minta Kepolisian Tindak Rumah Duka