in

Mahasiswa UB Ciptakan Kursi Anti Ngantuk, Cocok Bagi Pejabat yang Hobinya Ketiduran

Jika kita melihat lebih dekat, kecerdasan pelajar Indonesia nggak kalah loh dengan murid luar negeri. Hanya saja, memang kadang penelitian yang mereka buat tidak diapresiasi oleh negara. Namun, baru-baru ini mahasiswa jurusan Teknik Mesin, Universitas Brawijaya telah menciptakan sesuatu yang sangat ciamik!

Penemuan tersebut diberi nama Alakantuk. Dari namanya saja, sudah bisa terbayang bukan kira-kira bagaimana bentuk dari kerja keras para mahasiswa UB ini? Simak detil penemuan tiga mahasiswa ini dalam ulasan berikut.

Alakantuk, Singkatan dari Alas Duduk Anti Kantuk

Inspirasi memang bisa datang dari mana saja. Sama seperti yang dialami tiga mahasiswa jurusan Teknik Mesin, UB ini. Wahyu Tasry Naufal, Asri Anjasari, serta Prayoga Bintang Primawan ini mendapat pencerahan setelah melihat fenomena sosial yang dekat dengan kita dan kerap terjadi.

Penemu Alakantuk [image source]
Hal tersebut adalah kecelakaan pengendara yang disebabkan oleh rasa kantuk yang menyerang. Wahyu cs lalu berusaha membuat sebuah inovasi untuk bisa membantu para pengendara agar terselamatkan dari kejadian maut tersebut. Alhasil, lahirlah Alakantuk yang didesain untuk para ‘penguasa jalanan.’

Fitur Alakantuk yang Brilian

Meski mendapatkan ide dari sebuah hal yang sederhana, namun cara kerja Alakantuk lumayan memeras otak sang pencipta. Hal tersebut dikarenakan banyak sekali elemen yang terkadung di dalamnya. Dilansir dari hipwee.com, Alakantuk memiliki dua komponen yaitu alas duduk dan gelang.

Fitur Alakantuk [image source]
Sebelum mulai berkendara, para pengguna jalan wajib untuk melingkarkan gelang Alakantuk terlebih dahulu. Hal tersebut difungsikan untuk mengukur detak jantung sang pengendara. Jika detak jantung tersebut mulai melemah, artinya sang pengendara sedang dalam keadaan tidak stabil, maka alas duduk akan bergetar seolah menyetrum dan kembali ‘membangunkan’ sang pengemudi. Keren ya!

Usul Wapres JK yang Bisa Dipertimbangkan

Meski Alakantuk masih dalam tahap perbaikan desain dan pengajuan hak paten, namun penemuan ciamik ini sudah mendapat perhatian dari Wakil Presiden Jusuf Kalla. Beberapa waktu lalu, beliau sempat bertandang ke Malang dan berbincang langsung dengan Wahyu cs.

Usul JK [image source]
Ia pun memberi usulan yang mengocok perut tapi sangat dapat dipertimbangkan. Wapres JK menyebutkan jika Alakantuk merupakan terobosan baru dan bisa menjadi hal yang wajib dimiliki oleh Ketua DPR, Setya Novanto, serta para pejabat lainnya agar tidak terserang rasa kantuk di tengah pertemuan penting. Bagaimana menurut kalian, boombers?

Bukan Pengendara? Tetap Bisa Miliki Alakantuk, Kok!

Rupanya, Wahyu cs tidak hanya ingin memasarkan penemuan briliannya kepada para pengendara saja. Ia menyebutkan bahwa Alakantuk akan didesain sedemikian rupa agar banyak lini yang bisa menggunakannya.

Mahasiswa Skripsi [image source]
Selain itu, ia juga mengungkapkan ingin membantu para mahasiswa abadi agar skripsinya cepat selesai. Sehingga Alakantuk bisa banget digunakan oleh mereka agar tidak malas-malasan mengerjakan tugas akhirnya dan segera lulus. Para pekerja kantoran yang sering ngantuk juga bisa loh menggunakannya!

Itulah selayang pandang Alakantuk, penemuan mahasiswa UB berkualitas yang sudah mulai dilirik oleh negara. Meski belum mencapai tahap final, penemuan ini sangat viral loh guys. Setelah membaca ulasan di atas, tertarikkah kalian memiliki Alakantuk?

Written by Harsadakara

English Literature Graduate. A part time writer and full time cancerian dreamer who love to read. Joining Boombastis.com in August 2017. I cook words of socio-culture, people, and entertainment world for making a delicious writing, not only serving but worth reading. Mind to share your thoughts with a cup of asian dolce latte?

Leave a Reply

Inilah 4 Bukti Bahwa ART Artis Indonesia Lebih Beruntung Dibanding Seleb Internasional

5 Fakta Keong Sawah, Makanan Sepele yang Ternyata Punya Kandungan Gizi Seperti Daging Sapi