in

6 Orang Ini Kabur dari Penjara dengan Cara yang Kreatif

Kebanyakan orang membayangkan penjara sebagai sebuah tempat hukuman dengan begitu banyak penjaga yang tidak mungkin bisa ditembus begitu saja. Hal ini ada benarnya, karena seorang kriminal seharusnya tidak mungkin dibiarkan melengang keluar masuk begitu saja. Apalagi jika mereka termasuk penjahat berbahaya.

Tapi nyatanya, ada saja orang-orang yang bisa kabur dan melepaskan diri dari penjara. Dengan resiko kemungkinan mendapatkan tambahan hukuman jika sampai tertangkap, orang-orang ini malah mencoba kabur dengan cara-cara yang tidak biasa.

1. Hugo Grotius

Pada tahun 1600, penulis Hugo Grotius terlibat masalah hukum gara-gara tulisannya tentang keadilan dan hukum alam dianggap bertentangan dengan agama yang dianut negaranya. Di dalam penjara, ia memperhatikan dan menganalisa setiap gerak-gerik para sipir penjara.

Hugo Grotius [Image Source]
Hugo Grotius [Image Source]
Ia berhasil kabur dengan cara bersembunyi di dalam peti buku yang secara rutin dikeluarkan dari penjara dan dibawa ke dalam sebuah perahu. Beberapa kali ia hampir ketahuan gara-gara penjaga merasa peti tersebut terlalu berat. Tapi ternyata ia berhasil kabul dan sampai di Belanda.

2. Jack Shephard

Jack Shephard adalah seorang tukang kayu yang terlibat kejahatan gara-gara memenuhi kehidupannya yang suka berfoya-foya. Ia ditangkap beberapa kali oleh pihak berwajib tapi selalu berhasil kabur dari penjara. Metode yang ia gunakan juga selalu berubah-ubah setiap saat. Mulai dari menerobos atap hingga menyamar menjadi wanita.

Jack Shephard [Image Source]
Jack Shephard [Image Source]
Di penjara manapun ia ditahan, Jack Shephard selalu bisa melepaskan diri. Tapi justru karena kemahirannya kabur dari penjara itulah, ia langsung dihukum gantung di depan umum ketika berhasil ditangkap lagi setelah berhasil kabur untuk kesekian kalinya.

3. John Dillinger

John Dillinger adalah seorang perampok bank yang terkenal berbahaya sekaligus kreatif. Ia pertama kali kabur dari penjara ketika sekelompok anggota geng membebaskannya dengan cara membunuh para penjaga. Namun ia kemudian ditangkap di dimasukkan kedalam sebuah sel yang lebih ketat hanya dengan sebuah kentang, semir sepatu, dan sebuah pisau cukur.

John Dillinger [Image Source]
John Dillinger [Image Source]
Dengan keinginan untuk bebas yang sangat besar, ia kemudian mengukir kentang tersebut menjadi sebuah pistol dan mengecatnya agar berwarna hitam dengan menggunakan semir sepatu. Dengan menggunakan pistol palsu tersebut, ia mengancam penjaga dan berhasil melarikan diri dan bebas selama berminggu-minggu. Tapi ia kemudian tewas dalam baku tembak setelah FBI menemukan lokasi keberadaannya.

4. Joaquin Guzman

Raja narkoba Meksiko, Joaquin Guzman alias El Chapo juga terkenal sebagai seseorang yang begitu sering melarikan diri dari penjara. Pertama kali ia berhasil melarikan diri setelah menyuap beberapa penjaga dan polisi untuk membantunya kabur. Ia kemudian bersembunyi di pegunungan Meksiko selama 13 tahun sebelum akhirnya berhasil ditangkap kembali.

Joaquin Guzman [Image Source]
Joaquin Guzman [Image Source]
Ternyata penangkapan kedua ini juga tidak bertahan lama karena El Chapo berhasil kabur dengan menggali terowongan di bawah kamar mandinya sepanjang beberapa kilometer. Ia kabur dengan menaiki motor di dalam terowongan tersebut dan berhasil keluar ke lokasi konstruksi yang tidak jauh dari sana. Tapi ia akhirnya berhasil ditangkap lagi setelah mengundang beberapa produser Hollywood untuk membuat film tentang bagaimana ia kabur dari penjara.

5. Frank Abagnale

Saat Frank Abagnale pertama kali dijebloskan ke dalam penjara, ia sadar bahwa seorang perwira Amerika tidak sengaja meninggalkan surat-surat keterangan miliknya. Ia kemudian menggunakan informasi ini dan meyakinkan kepada para penjaga bahwa dirinya adalah seorang agen yang menyamar untuk melakukan inspeksi rahasia. Abagnale kemudian juga menyuruh pacarnya mencetak kartu bisnis palsu untuknya.

Frank Abagnale [Image Source]
Frank Abagnale [Image Source]
Ketika petugas menghubungi nomor yang tertera di kartu tersebut, ternyata teman Abagnale sudah siap sedia dan mengatakan bahwa Abagnale memang seorang agen inspeksi. Para penjaga percaya dengan tipuan tersebut hingga mereka memberikan perlakukan istimewa pada Abagnale dan mengijinkannya keluar dari penjara.

6. Pascal Payet

Pascal Payet adalah seorang kriminal Prancis yang dipenjara atas tuduhan pembunuhan setelah melakukan perampokan. Ia kemudian meminta beberapa temannya untuk membajak sebuah helikopter dan menerbangkannya ke penjara di waktu ia berada di lapangan olahraga. Tidak puas kabur sendirian, ia meminta rekannya untuk memutar kembali helikopternya ke arah penjara dan membantu teman barunya di penjara kabur.

Pascal Payet [Image Source]
Pascal Payet [Image Source]
Pascal kemudian kembali ditangkap dan diletakkan di dalam sel yang dikira akan aman dari kedatangan helikopter. Namun ternyata sebuah helikopter kembali datang di malam hari dan kali ini ia benar-benar berhasil kabur dan tidak kembali.

Seorang penjahat yang benar-benar menyesali perbuatannya seharusnya tidak akan berusaha kabur dari penjara. Karena hukuman tersebut juga diberikan baginya untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. Kalaupun mereka memang tidak bersalah, seharusnya bisa diambil langkah lain yang tetap patuh pada hukum. Namun harus diakui, beberapa orang  yang disebutkan tadi memang cukup kreatif, sayang mereka menggunakannya untuk hal yang salah.

Written by Tetalogi

Leave a Reply

7 Penemuan Mesir Kuno Yang Memberi Manfaat Ribuan Tahun Hingga Sekarang

4 Alasan Ini yang Membuat Mantan Tidak Bisa Menjadi Teman