in

Berani ke Sini? Inilah Kota-Kota Gaib Paling Angker di Indonesia

Tidak sedikit kota di Indonesia, yang menyimpan banyak kisah unik, menarik dan juga menyeramkan. Bahkan beberapa di antaranya terkenal dengan kota gaib yang sangat angker. Tidak sedikit kisah mistis yang beredar di tengah masyarakat hingga kejadian yang benar-benar dialami oleh seseorang, menjadi bukti jika kota gaib itu memang ada.

Dua kota gaib di Indonesia berikut ini, akan sukses membuat bulu kudukmu berdiri ketika mendengar cerita-cerita mistis di dalamnya. Apalagi, kejadian ini benar-benar nyata dialami oleh penduduk yang tinggal di sekitar kota gaib tersebut. Yuk, kita simak kota gaib tersebut ada di mana saja sih?

Kota Saranjana, kota gaib di Kalimantan Selatan

Sebuah pulau sekaligus Kota Gaib Saranjana [sumber gambar]
Secara sepintas, Kota Saranjana hanyalah sebuah pulau kecil yang memiliki pemandangan alam yang mengagumkan, mulai dari pantainya hingga gunungnya. Namun siapa sangka, di balik keindahannya ini, ternyata pulau tersebut diyakini sebagai sebuah pulau yang angker. Bagi penduduk Kotabaru, Kalimantan, konon tidak ada manusia yang hidup di Kota Saranjana, melainkan dihuni oleh bangsa jin muslim.

Hanya orang tertentu yang bisa melihat kehidupan Kota Saranjana

Menurut pengakuan penduduk Kotabaru,  Kota Saranjana memang benar-benar ada, tapi hanya orang-orang yang punya kemampuan lebih saja yang konon bisa masuk dan melihat kehidupan di kota tersebut. Ada kisah mistis, di mana para wisatawan mengaku jika mereka melihat seperti aktivitas para manusia. Bahkan, ada gedung-gedung pencakar langit di Kota Saranjana. Namun saat mereka mendekat, pemandangannya malah hilang dan yang ada hanyalah sebuah gunung yang berbatasan langsung dengan laut.

Ilustrasi Kota Saranjana, Kalimantan [sumber gambar]

Selanjutnya ada lagi kisah mistis dari warga Kota Saranjana yang terjadi sekitar tahun 80-an. Konon saat itu ada warga Kota Saranjana yang memesan alat berat dari Jakarta. Pemerintah Kotabaru pun dibikin pusing, pasalnya beberapa pengusaha dari Jakarta datang ingin mengantarkan alat berat ke Kota Saranjana. Pembayarannya pun ternyata sudah dilakukan secara tunai oleh warga Saranjana.

Kota Wentira di Sulawesi Tengah

Kota gaib selanjutnya dari Sulawesi Tengah, lebih tepatnya Kota Wentira. Penduduk setempat meyakini jika Kota Wentira merupakan sebuah kerajaan jin terbesar yang terletak di area kebun kopi. Bahkan, keangkerannya ini pernah ditayangkan di salah satu televisi nasional loh.

Tugu yang dipercaya sebagai gerbang gaib menuju Wentira [sumber gambar]
Kalau kamu tertarik untuk mengunjunginya, ada tugu berwarna kuning, yang diyakini oleh penduduk setempat sebagai gerbang gaib menuju Wentira. Sebuah cerita beredar mengatakan kalau pemimpin Wentira adalah raja yang punya 7 panglima perang. Konon, masing-masing dari 7 panglima itu punya bala tentara yang jumlahnya amat banyak.

Konon, Kota Wentira adalah warisan dari Benua Atlantis

Tidak sedikit yang menganggap jika Wentira merupakan salah satu titik paling angker di Indonesia. Ada pendapat yang mengatakan jika Wentira merupakan warisan dari Benua Atlantis yang hilang. Padahal, kalau dilihat dengan mata telanjang, kota Wentira terlihat seperti hutan lebat saja.

Ilustrasi peradaban modern [sumber gambar]
Namun, menurut info yang beredar, bagi orang yang punya kemampuan lebih, maka bisa melihat sebagai sebuah kota dengan kehidupan yang modern, seperti kota-kota pada umumnya. Ada seseorang yang mengaku kalau pernah masuk ke kota ini dan melihat bahwa kehidupan di sana begitu modern. Ia juga mengatakan, tidak ada orang yang hidup melarat.

Kisah mistis pilot yang pernah melihat Kota Wentira

Beredar info dari penduduk setempat, selain tidak memiliki garis tengah di bibir, wujud penghuni Wentira berpenampilan seperti manusia biasa. Seorang warga mengaku kalau sudah pernah bertemu langsung dengan penghuni Wentira dan mengatakan jika penduduk di sana memakai baju warna kuning dan tidak punya garis bibir.

Ilustrasi Kota Wentira [sumber gambar]
Ada sebuah kisah mistis lain, kali ini berasal dari seorang pilot yang mengendarai pesawat tempur milik Belanda. Sang pilot mengaku melihat kota megah di tengah hutan, lengkap dengan bangunan-bangunan megah pencakar langit berwarna kuning keemasan. Nama kota ini, konon diambil dari kata “Uventira”, yang berarti ‘air berwarna merah’. Namun penduduk setempat terbiasa menyebutnya dengan nama Wentira.

BACA JUGA: Mengenal Kampung Jin di Mekkah, Kawasan yang Dekat Tanah Suci tapi Disebut-sebut Sangat Angker

Hal-hal gaib memang sulit diterima dan dibuktikan oleh akal sehat, tapi hingga saat ini, kedua kota gaib tersebut masih menjadi buah bibir dan masih menjadi misteri yang tidak terpecahkan. Nah, apakah kamu percaya tentang keberadaan kota-kota gaib ini?

Written by Hendra Digital

4 Fakta Larisnya Tabung Oksigen Pasar Gelap India karena ‘Tsunami’ Covid-19 yang Menggila

Inilah 4 Cerita Soekarno yang Sempat Dianggap ‘Dukun’, Bantu Warga Sembuh dan Bebas Masalah