in

5 Konten Kontroversi di Buku Pelajaran Sekolah, Dari yang Ngawur Sampai Ngeres

2. Buku Pendidikan Jasmani yang Mengajarkan Cara dan Gaya Berpacaran

Pada tahun 2014 lalu, muncul pemberitaan tentang buku pendidikan jasmani untuk kelas XI yang mengajarkan tentang cara dan gaya berpacaran. Tema bab tersebut adalah “Memahami Dampak Seks Bebas”. Dijelaskan pula tentang gaya pacaran yang sehat yaitu sehat fisik, sehat emosional, sehat sosial dan sehat seksual.

Namun yang paling disorot adalah gambar ilustrasi yang dinilai tidak mengandung korelasi dengan materi yang diberikan. Gambar tersebut menunjukkan seorang laki-laki dan perempuan dengan pakaian muslim lengkap dengan peci dan jilbab lebar. Hal ini tentu saja menuai protes mengingat dalam Islam sendiri tidak ada istilah pacaran.

Buku yang mengajarkan gaya pacaran, dengan gambar ilustrasi Islami [Image Source]
Buku yang mengajarkan gaya pacaran, dengan gambar ilustrasi Islami [Image Source]
Mungkin materi ini dibuat karena keprihatinan terhadap tingginya seks bebas di kalangan pelajar yang tentu saja merupakan alasan yang sangat bisa dimengerti. Meski begitu, cara penyampaiannya juga harus hati-hati agar tidak menyinggung kalangan tertentu. Banyak orang khawatir permasalahan ini akan dihubung-hubungkan dengan ‘pacaran Islami’ yang tentu saja sebenarnya tidak ada.

Written by Tetalogi

Leave a Reply

5 Cara Unik Menanggulangi Kejahatan Ala Para Polisi Dunia yang Bisa Ditiru Indonesia

Fakta Unik di Balik Potret Misterius Wanita Berambut Panjang Jaman Dulu