in

Waspadalah! Kenali 6 Coretan Dinding Ini yang Merupakan Kode Rahasia Komplotan Maling

Beberapa waktu lalu tanggal 8 April 2018 di Kota Bogor, ada peristiwa pencurian motor di sebuah rumah. Mungkin menurut kalian ini adalah hal yang biasa terjadi di sekitar kita. Namun, ternyata ada hal aneh sebelum kasus pencurian itu terjadi Saboom. Sang pemilik rumah mengatakan kalau sehari sebelum terjadi peristiwa itu, ada orang yang mencoret tembok rumahnya dengan tanda silang. Nah, setelah itu motor sang anak sudah ludes dibawa sang pencuri.

Usut punya usut, ternyata itu adalah kode dari si maling. Mereka memakai kode tersebut untuk menandai rumah mana yang akan jadi incarannya esok hari. Para komplotan pencuri enggak hanya menandai di tembok rumah aja Saboom, tapi juga pagar ataupun tiang listrik di sekitar perumahan. Bahkan sandi yang digunakan tak cuma satu saja, tapi ada bermacam-macam. Contohnya seperti di bawah ini.

Coretan silang merah tidak perlu membuatmu khawatir berlebihan

Kalau ada tanda silang merah di sekitar lingkungan rumah, kalian bisa bernafas lega tapi kudu waspada juga. Lantaran, coretan ini menunjukkan kalau daerah yang dimaksud sangat tidak aman untuk melakukan aksi pencurian. Biasanya, para maling berkesimpulan seperti itu karena kawasan tersebut ada satpam atau areanya sangat ramai.

Tanda silang merah [Sumber Gambar]
Dengan kode ini, orang yang menandai memberitahukan kepada kawanan perampoknya kalau harus lebih hati-hati jika ingin beroperasi di kawasan tersebut. Atau lebih amannya mencari kawasan lain untuk dijadikan sasaran.

Tanda silang hitam ataupun putih yang membuatmu harus lebih waspada

Bagi yang menemukan coretan silang berwana hitam atau putih, harus lebih waspada Saboom. Tanda ini mempunyai arti jika area tersebut sangatlah aman untuk dijadikan sasaran pencurian. Tak ada satpam, ronda keliling atau keadaannya sepi itulah yang membuat si pelaku memberikan tanda silang berwarna hitam atau putih tersebut.

Tanda silang hitam [Sumber Gambar]

Sandi yang berupa silang ini biasanya ukuran tidak terlalu besar Saboom, hal ini dimaksudkan agar tidak menarik perhatian orang. Sehingga kalau kalian melihat ada coretan dari pilox di dekat rumahmu, jangan malas untuk memperhatikan. Bisa saja ada tanda silang warna hitam atau putih.

Kode bertuliskan PA yang membuat kalian harus berjaga-jaga

Ada lagi kode yang kerap digunakan para maling untuk memberitahu komplotannya yakni PA. PA merupakan singkatan dari Posisi Aman. Sandi ini dipakai untuk menginformasikan kalau tempat tersebut sangat aman jika ingin dijadikan sasaran pencurian. Lantaran di kawasan itu biasanya jauh dari kegiatan para warga sekitar atau tidak terlalu sering dilalui orang.

Kode PA [Sumber Gambar]
Sandi ini kerap ditemukan di tembok rumah ataupun tiang listrik yang berada di dekat rumah incaran tersebut. Lalu, untuk kodenya pun juga selalu tampak tidak jelas, hanya huruf A saja yang dibesarkan supaya hanya dikira coretan biasa.

Coretan berupa singkatan dari alamat rumah yang suka dituliskan di tempat sampah

Untuk memudahkan para kawanannya dalam mencari target, si pelaku pencoretan akan menuliskan alamat rumah incaran. Tapi, tidak secara jelas Saboom, ia akan menuliskan alamat rumah tersebut berupa singkatan. Nah, kalau kita yang melihat pasti mengira itu hanyalah coretan pilox biasa. Namun untuk para maling ini adalah sumber kekayaan mereka yang selanjutnya.

Kode singkatan alamat rumah [Sumber Gambar]
Contoh dari kode tersebut adalah B6015 yang artinya B merupakan huruf awal dari nama kampung atau perumahan. Sedangkan 6 adalah nama bloknya. Lalu kalau 015 yakni nomor dari rumah incaran. Agar tidak menarik perhatian banyak orang, biasanya si pelaku akan menuliskan kode ini di tempat sampah.

Tanda berupa 4 digit angka yang sering ada di sekitar rumah kalian

Si pengintai tidak hanya memberikan info tentang rumah yang bisa dikuras harta bendanya Saboom, ia juga mengamati keseharian dari pemilik tempat tinggal. Si pelaku mengamati rumah dengan cara menyamar menjadi pemulung ataupun tukang PLN gadungan supaya enggak ada yang curiga dengannya. Biasanya ia menyamar selama beberapa hari agar tahu lebih jelas kapan pemilik rumah ada atau tidak di dalam tempat tinggalnya.

Kode dengan angka 4 digit [Sumber Gambar]
Nah, kalau ia merasa sudah tahu gerak gerik dari si pemilik rumah incaran, si pengintai bakal menuliskan kode di sekitar sana dengan menggunakan 4 digit angka. Misalnya adalah 5724. Kalau 57 artinya waktu aman untuk menjalankan aksi pertama antara jam 5 sore sampai 7 malam. Jika 24 adalah waktu aman menjalankan aksi pencurian kedua antara pukul 2 sampai 4 pagi.

Kode dengan tulisan strong yang bisa dilihat di rumah-rumah besar

Sandi ini biasanya ditemukan pada dinding rumah incarannya langsung Saboom. Hal ini dimaksudkan kalau rumah tersebut adalah satu-satunya tempat tinggal yang sangat direkomendasikan untuk dirampok. Ada beberapa alasan sih yang membuat si pengintai menuliskan kode tersebut.

Tanda tulisan strong [Sumber Gambar]
Pertama adalah karena rumah dalam keadaan kosong pada waktu yang lama sehingga para pencuri akan aman melakukan aksinya. Alasan yang kedua yakni pemilik hunian tersebut sangatlah kaya raya dan bisa dipastikan kalau hartanya melimpah ruah.

Ternyata yang kita kira coretan biasa, itu merupakan pesan tersembunyi dari komplotan pencuri. Sehingga kalau kalian mengetahui ada salah satu coretan seperti di atas, harus melapor kepada keamanan di sekitar daerah tersebut. Selain itu, kalian juga harus lebih memperhatikan lagi coretan-coretan yang ada di sekitar rumahmu. Harus lebih peka dan jangan pernah acuh terhadap lingkungan sekitar rumah kalian. Supaya kawasan tempat tinggal kalian bisa aman dari yang namanya penjahat.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

5 Skandal Zumi Zola yang Menghebohkan Ini Membuat Aura Selebritinya Semakin Memudar

Belum Pernah Berlaga, 5 Hal Hebat Ini Bikin Egy Maulana Vikri Makmur di Polandia