in

Rela Masuk Selokan dan Bersihkan Isi di Dalamnya, Aksi Pria di Bandung Ini Menuai Pujian

Tak banyak dari mereka yang mau ‘berjijik ria’ dengan masuk ke dalam selokan dan membersihkan isi di dalamnya. Namun, berbeda dengan sosok bernama Uha asal Bandung berikut ini. Dalam sebuah tayangan video yang viral di dunia maya, ia terlihat menyelam masuk ke dalam saluran got yang saat itu terlihat penuh dengan air kotor.

Bukan apa-apa, aksinya itu dimaksudkan demi kelancaran aliran air agar tak meluap hingga menimbulkan banjir. Tak disangka, apa yang dilakukan oleh Uha ternyata menjadi sorotan dan kemudian viral di dunia maya. Tak hanya mendapat apresiasi dari masyarakat, ia juga menuai pujian dari pejabat. Penasaran? Simak selengkapnya berikut ini.

Menyelam di dalam air keruh gorong-gorong demi mencegah banjir

https://www.instagram.com/p/B6nkENkH8F6/?utm_source=ig_embed

Ada sebuah niat haru di balik aksi Uha menyelam di kedalaman air kotor di gorong-gorong tersebut. Menurut dirinya, hal tersebut dilakukan agar air yang mengalir tidak tersumbat hingga menyebabkan banjir. Terlihat dalam video, air yang meluap tiba-tiba surut bersamaan dengan keluarnya Uha dari dalam lubang gorong-gorong.

Aksi Uha viral di dunia maya dan menuai pujian dari masyarakat

Aksinya masuk gorong-gorong kemudian viral [sumber gambar]
Apa yang telah dilakukan oleh Uha, kemudian menjadi sorotan dan viral di sosial media. Banyak dari mereka yang kagum dan memberikan apresiasi pada dirinya, karena dinilai ikut peduli soal lingkungan demi kenyamanan banyak orang. “Saya enggak nyangka bakal viral. Tapi saya bukannya malu tapi bangga banyak yang apresiasi,” ucapnya yang dikutip dari News.detik.com.

Kebiasaan si ‘manusia gorong-gorong’ yang telah dilakukan sejak lama

Sudah sejak lama masuk ke dalam gorong-gorong [sumber gambar]

Masuk ke dalam gorong-gorong sejatinya bukanlah hal yang baru bagi Uha. Sebelum dirinya viral di sosial media, kebiasaan itu telah dilakukannya sejak 2015 alias 5 tahun hingga saat ini. Tak heran jika Uha kemudian dijuluki sebagai ‘manusia gorong-gorong’ atas aksinya tersebut.

Mendapat penghargaan dari Wali Kota Bandung

Aksi masuk ke dalam gorong-gorong yang dilakukan oleh Uha juga ikut mengundang rasa kagum Wali Kota Bandung Oded M Danial. Dirinya mengakui sangat kagum dan memberikan apresiasi atas inisiatifnya tersebut. “Hari ini saya menemukan sosok warga yang luar biasa. Dia mau berkorban untuk lingkungannya. Ini merupakan sebuah kebahagiaan buat Mang Oded,” ucapnya penuh haru seperti yang dikutip dari News.detik.com.

Sosok inspiratif yang bisa menjadi contoh bagi kita semua

Sosok Uha yang inspiratif berkat aksinya [sumber gambar]
Apa yang dilakukan oleh Uha dengan masuk ke dalam gorong-gorong untuk membersihkan sampah, itulah yang merupakan bentuk inisiatif sesungguhnya. Tanpa menunggu pemerintah bergerak, hal tersebut menjadi contoh sekaligus tamparan bagi mereka yang selama ini tidak menyadari akan pentingnya menjaga lingkungan dan kebersihan.

BACA JUGA: Cuma Tukang Gali Kubur tapi Pria Ini Berhasil Jadi Kepala Desa, Kok Bisa?

Sosok seperti Uha di atas, keberadaannya memang hanya bisa dihitung dengan jari alias sangat sedikit sekali. Kepeduliannya pada lingkungan untuk masyarakat luas, mendorong dirinya hingga rela keluar masuk ke dalam gorong-gorong untuk membersihkan sampah. Aksi Uha ini pula, mengajarkan pada kita agar ikut peduli dalam menjaga lingkungan. Minimal membuang sampah pada tempatnya.

Written by Dany

Menyukai dunia teknologi dan fenomena kultur digital pada masyarakat modern. Seorang SEO enthusiast, mendalami dunia blogging dan digital marketing. Hobi di bidang desain grafis dan membaca buku.

Leave a Reply

5 Alasan Kenapa Kapal Asing Asal Vietnam Berani Mencuri Ikan di Perairan Natuna Indonesia

Penjara Abashiri, Nusakambangan Versi Jepang yang Bikin Para Napi Ampun-ampunan