in

Cerita Haru Tukang Becak yang Rela Antarkan Triplek, Siap-siap Bikin Mewek!

Mbah Jhon mengayuh becak [Sumber gambar]

Jika kita mau melihat lebih jauh dan belajar banyak perjuangan hidup, ada banyak sekali orang-orang yang berjuang sekuat tenaga demi sesuap nasi, dan mereka sebenarnya ada di sekeliling kita. Sudah tidak muda lagi kadang, usia para pejuang ini sudah lanjut, tetapi masih kuat berkeliling menjajakan dagangan serta menawarkan jasa mereka.

Salah satunya adalah Mbah Jhoni (55) asal Banyu urip, Pekalongan, Jawa Tengah yang kisahnya viral serta mengundang banyak simpati. Sebelum videonya diunggah oleh @makassar_iinfo, aksi Mbah Jhoni sudah ada di unggahan facebook milik Ali Anton Smith pada 8 Maret lalu.

Dalam video berdurasi 40 menit tersebut tampak tukang becak ini nekat membawa muatan 7 buah papan triplek yang ditaruh di atas becak. Namun, cara membawanya lain dari yang lain, bukan dengan mengayuh melainkan posisi tidur tengkurap dibawah papan triplek. Aksi mbah Jhoni kemudian direkam oleh dua orang pemuda yang ada di belakangnya dan naik motor.

Usut punya usut, Mbah Jhoni sudah melakoni profesi sebagai tukang becak cukup lama. Setiap hari dirinya memang berkeliling Pekalongan untuk mencari penumpang. Ya, seperti yang kita tau jika sekarang becak tidak lagi banyak diminati seperti dulu karena sudah tergantikan dengan ojek online.

Mbah Jhon mengayuh becak [Sumber gambar]
Adapun triplek yang ia bawakan tersebut adalah berkat penawarannya kepada seorang pria. Seperti ilustrasi percakapan yang dirangkum oleh akun @makassar_iinfo. “Pak bisa saya bawakan tripleknya?,” ujar Mbah Jhoni menawarkan jasa. Dengan masih kebingungan, triplek itupun ditumpuk pelanggan di becaknya. Mbah Jhoni ternyata melepas tempat yang biasanya diduduki penumpang dan masuk di sana, kemudian mengayuh pedal becak agar bisa berjalan di jalan raya.

Bayangkan saja betapa susahnya ada di posisi tersebut, Sahabat? Di usianya yang sudah tak lagi muda, ia masih turun ke jalanan dan mencari nafkah. Ternyata, semua yang dilakukan Mbah Jhoni adalah demi anak dan istrinya.

Posisi Mbah Jhoni di dalam becak [Sumber gambar]
Dari video tersebut, ada banyak sekali netizen yang berkomentar lucu, tak sedikit pula yang merasa kasihan kepada Mbah Jhoni. Mereka banyak yang mengatakan bahwa aksi seperti tersebut sangatlah berbahaya. “Membahayakan dirinya sndiri, dan misalkan nih ya, d dpn ada kmacetan atau tiba2 ada angkot rem dadak. Trus dianya mau ambil jalur kanan atau kiri. Dia gak bsa noleh samping belakang kanan dan kiri. Iya kalau di belakangnya motor blum apa2 jatuhnya gak sbrpa. coba kalau truck??”

BACA JUGA: Inilah 10 Kelakuan Gokil Tukang Becak Dijamin Bikin Kamu Ngakak Sampai Pingsan

Tetapi, asal tau saja, aksi yang dilakukan oleh Mbah Jhon ini menjadi pelajaran bagi kita semua, betapa susahnya orangtua mencari uang. Sangat salah jika sebagai anak masih mau menuntut lebih, membentak saat mereka tak bisa memberikan apa yang kita mau, atau sampai menjebloskan ke penjara, bahkan sampai tega membunuh. Doakan semoga orangtua kita semua agar selalu diberi rezeki di manapun mereka berada dan apapun pekerjaan mereka.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

9 Video Mirisnya Beberapa Kota di Indonesia yang Terkena Banjir Bandang

Anggotanya gugur di Papua, Inilah Misi ‘Horor’ yang Pernah Dilakukan oleh Kopassus