in

Mengenal Syekh Subakir, Ulama Besar Penyebar Islam Periode Pertama di Tanah Jawa

Perkembangan agam Islam yang pesat di Pulau Jawa, tak lepas dari jasa besar dari para Wali Songo yang menjadi penyebarnya. Meski masing-masing dari para figur para wali tersebut dikenal luas oleh generasi di era modern, ada sebuah nama yang mungkin jarang terdengar namun memiliki jasa besar bagi proses penyebaran agama Islam di Pulau Jawa.

Sosok tersebut adalah Syekh Subakir, ulama asal Persia yang merupakan generasi Wali Songo Pertama dalam upaya penyebaran Islam di tanah Jawa. Diutus oleh khalifah dari Kesultanan Turki Utsmaniyah Sultan Muhammad I, Syekh Subakir juga dikenal lantaran keberhasilannya menaklukkan bangsa jin di pulau Jawa. Seperti apa kisahnya?

Diutus untuk menangani perkara yang berkaitan dengan urusan ghaib di Pulau Jawa

Sebagai ulama besar, Syekh Subakir secara khusus diutus oleh Sultan Muhammad I dari kekalifahan Usmani di Instanbul, Turki. Tak sendiri, ia bersama delapan orang lainnya yang merupakan rombongan Wali Songo Periode Pertama yang akan berangkat ke Pulau Jawa. Masing-masing dari utusan tersebut, memiliki keahlian tertentu.

Khusus untuk Syekh Subakir, dirinya mempunyai keahlian di bidang ilmu spiritual dan spesialis menetralisir daerah angker yang dihuni oleh jin jahat. Saat tiba di tanah Jawa, Syekh Subakir mendapati bahwa masyarakat pulau tersebut rupa-rupanya masih memegang teguh kepercayaan lama yang bercampur dengan hal-hal mistis.

Berhasil mengusir para jin dan lelembut yang selama ini menjadi penghalang dakwah

Mengutip tulisan Mahmud Nurhadi dari laman dnk.id, Syekh Subakir mengetahui bahwa keberadaan para jin kafir di sanalah yang menjadi penyebab agama Islam sulit berkembang karena kerap dihalang-halangi. Untuk mengatasi masalah spiritual ini, ia membawa batu bertuah dari tanah Arab yang telah dirajah.

Kemudian, batu yang dikenal dengan nama Aji Kalacakra inilah yang digunakan Syekh Subakir untuk menetralisir kekuatan negatif dari bangsa jin di sana agar menghilang. Karena memancarkan hawa yang sangat panas selama tiga hari tiga malam, banyak dari para bangsa jin yang tak kuat hingga memutuskan untuk menyingkir ke lautan.

Figur besar penyebar Islam yang dikenal dengan kesaktiannya

Salah satu kisahnya yang masyhur adalah, saat Syekh Subakir beradu kesaktian dengan Ki Semar Badranaya Sang Danyang Tanah Jawa alias Sabda Palon selama 40 hari 40 malam. Karena keduanya merupakan tokoh sakti, Sabda Palon sampai menawarkan perundingan kepada ulama asal Persia itu.

Oleh Sabda Palon, Syekh Subakir diperbolehkan menyebarkan agama Islam namun dengan beberapa syarat, yakni membiarkan adat dan budaya tetap berkembang sebagaimana mestinya. Sabda Palon bahkan mengijinkan para raja yang nantinya beragama Islam untuk berkuasa di tanah Jawa.

BACA JUGA: Kisah Hebatnya Rompi Ontokusumo yang Digunakan Sunan Kalijaga Untuk Kalahkan Nyi Roro Kidul

Sebagai salah satu dari wali sembilan yang menyebarkan Islam di tanah Jawa, sosok Syekh Subakir memang tak banyak dikenal oleh masyarakat modern saat ini. Meski demikian, jasa-jasa dan kisahnya di masa lalu tetap akan dikenang dan tak lekang oleh zaman. Hal ini ditandai dengan adanya petilasan Syekh Subakir yang masih tetap ada hingga saat ini.

Written by Dany

Menyukai dunia teknologi dan fenomena kultur digital pada masyarakat modern. Seorang SEO enthusiast, mendalami dunia blogging dan digital marketing. Hobi di bidang desain grafis dan membaca buku.

Leave a Reply

Mitos Pulung Gantung di Gunung Kidul, Begini Kata Para Pakar dan Peneliti

Sering Menang Kejuaraan, Begini Penampakan Mobil Mewah Para Pebulu Tangkis Indonesia