Meski bermodalkan ijazah Sekolah Menengah Pertama (SMP), seorang Hardianto mampu menjawab tantangan di ibu kota sebagai perantauan yang sukses. Ya, berkat kerja keras dan usahanya tanpa kenal lelah, ia kini menjadi pengusaha di bidang modifikasi jok mobil bernama Classic Car Interior.

Hebatnya lagi, rata-rata konsumen yang menjadi kliennnya datang dari kalangan artis papan atas ibukota seperti Atta Halilintar hingga Raffi Ahmad. Melihat kesuksesan yang dimilikinya saat ini, Hardianto ternyata melewati semuanya dengan berbagai kisah pilu dan perjuangan yang berat.

Lulusan SMP yang nekat merantau ke Jakarta demi impiannya mengubah nasib

Keberanian Hardianto memilih merantau ke Jakarta pada 2007 silam, mungkin menjadi salah satu awal kesuksesannya berjuang di kota besar. Dengan menumpang truk, pria asal Blora, Jawa Tengah itu hanya membawa ijazah SMP dan satu stel baju yang melekat di badannya. Bahkan, ia juga tak memiliki tempat pasti yang akan dituju setibanya di sana. Tanpa sanak saudara, Hardianto berusaha bertahan hidup dengan bekerja serabutan.

Sempat menjadi tunawisma dan bekerja serabutan

Siapa sangka jika Hardianto pernah jadi pemulung sebelum sukses [sumber gambar]
Tanpa keahlian tertentu, mulailah petualangannya menyusuri belantara kota besar yang dikenal ganas bagi pendatang seperti dirinya. Tak langsung ke Jakarta, ia terlebih dulu singgah di Tangerang dalam beberapa minggu. Di sana, ia bahkan sempat menjadi tunawisma yang mencari penghidupan dari mengais barang bekas. “Ya, kurang lebih seperti itu (pernah jadi pemulung). Saya juga pernah jadi kuli proyek di Grogol. Sampai di tahun 2007, saya dapat pekerjaan baru pada bagian jok mobil,” ujarnya yang dikutip dari Oto Detik.

Diterima bekerja di perusahaan jok mobil yang menjadi jalan suksesnya

Sukses berbekal pengalamannya di dunia modifikasi jok dan interior mobil [sumber gambar]
Beruntung, nasib membawa dirinya bekerja di perusahaan jok mobil selama dua tahun dengan gaji pertama sebesar Rp300 ribu. Di sana, ia dengan tekun belajar hingga dirinya memiliki pengetahuan yang mumpuni di bidang modifikasi interior mobil. Bermodalkan niat dan modal sekitar Rp1,5 juta dari gaji terakhir yang diterimanya, ia bertekad untuk memulai usaha di bidang yang sama.

Mencoba membangun usaha sendiri dengan penuh perjuangan

Nekat membuka usaha sendiri hingga sukses membesarkannya [sumber gambar]
Pengalaman yang dimilikinya selama bekerja di perusahaan jok mobil, sangat membantu dirinya dalam mengembangkan usaha. Bahkan di awal-awal mendirikan usaha, ia nekat mengontrak sebuah tempat di bawah standar untuk menjalankan usahanya. Perlahan tapi pasti, usahanya mulai berkembang. Ketekunannya memanfaatkan media sosial sebagai promosi usaha, membuatnya bisnisnya semakin melejit.

Sukses menjadi pengusaha di bidang modifikasi jok mobil

Berkat kualitas pengerjaan dan produk yang dihasilkannya, Hardi perlahan menuai kesuksesannya. Tak hanya dari masyarakat umum, bengkel modifikasi interior dan joknya juga menjadi langganan public figure ibu kota seperti para selebritis, seperti Atta Halilintar, Ammar Zoni, Lucinta Luna, hingga Raffi Ahmad. Salah satunya bisa disaksikan pada video di atas.

BACA JUGA: Kisah Tri Sumono, Mantan Tukang Sapu yang Kini Jadi Pengusaha dengan Banyak Bisnis

Usaha keras memang tidak mengkhianati hasil. Kisah sukses Hardianto di atas, menunjukkan keberhasilannya memanfaatkan pengalaman yang dimiliki. Dari yang dulunya seorang karyawan modifikasi interior mobil, kini dirinya sukses menjadi pengusaha sekaligus pemilik usaha di bidang yang sama. Hebat ya Sahabat Boombastis.