Perceraian yang menghancurkan rumah tangga mantan Gubernur Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dengan Veronica Tan memang sempat menjadi sorotan beberapa waktu lalu. Siapa sangka jika hubungan keduanya yang selama ini terlihat akur rupa-rupanya bak menyimpan bara dalam sekam.

Ahok yang menggugat cerai Vero di Pengadilan Negara Jakarta Utara pada Jumat, 5 Januari 2020, memutuskan untuk berpisah lantaran adanya seorang pria yang disebut sebagai ‘good friend’. Baik Ahok maupun Vero, keduanya memiliki kisah versi masing-masing dari perceraian tersebut. Selengkapnya, simak ulasan Boombastis berikut ini.

Ahok ungkap kisah suram perceraiannya secara terus terang pada Daniel Mananta

Meski telah beberapa waktu berlalu, kisah perceraian keduanya kembali muncul dan menjadi perbincangan hangat. Hal ini terjadi setelah Ahok berbincang-bincang dengan Daniel Mananta di kanal YouTube Daniel Mananta Network yang berjudul ‘Usaha BTP untuk menyelamatkan rumah tangganya – Daniel Tetangga Kamu’ (02/07/2020).

Ahok mengisahkan bahwa dirinya sempat berpikir bahwa perceraian tersebut tidak akan pernah terjadi. Terlebih, sosoknya yang merupakan penganut kristen ortodok. Di mana anggapan Tuhan yang tidak menyukai sebuah perpisahan dalam sebuah rumah tangga telah menjadi pemahaman yang baku pada diri Ahok.

Ahok BTP dan Daniel Mananta saat bincang-bincang soal kisah perceraiannya [sumber gambar]
Berdasarkan pemahaman itulah, Ahok pun mendatangi pria yang dianggap sebagai ‘good friend’ bersama putra sulungnya, Nicholas Purnama. Tak banyak yang tahu, ia bahkan sempat memohon agar perselingkuhan tersebut diakhiri. “I was Governor loh. Saya datang, begging (memohon),” ucap Ahok dalam video tersebut.

Ahok yang pada saat itu datang bersama Nicholas sang anak, bahkan harus berusaha menahan agar buah hatinya itu tidak sampai memukul sang pria. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu memilih untuk merendahkan diri di hadapan pria tersebut dan mencoba berkomunikasi secara baik-baik.

Ahok BTP saat kisahkan masa lalu perceraiannya di kanal Youtube Daniel Mananta Network [sumber gambar]
Sayang, sikap merendah dari Ahok tersebut ternyata tak direspon secara baik-baik. “Bukan urusan saya. Itu urusan domestik saudara. Urus sendiri”, ucap Ahok menirukan suara sang pria. Dari sana, Ahok yang sempat emosi memilih untuk tetap menenangkan diri. Tak menyerah, Ahok berusaha untuk tetap sabar dalam menghadapi persoalan tersebut.

Pun saat dirinya dijebloskan di Rutan Mako Brimob karena kasus penistaan agama, ia tetap meminta sang istri agar tak lagi berselingkuh seperti pergi berduaan ke Singapura. Hingga pada akhirnya, Ahok pun memilih untuk bercerai dengan Vero. Wanita yang telah memberinya tiga anak itu bahkan sempat meminta untuk rujuk dengan dirinya.

Beberapa hal yang tidak diketahui soal perceraian keduanya dari sisi Veronica Tan

Kabar adanya orang ketiga yang selama ini dikenal dengan sebutan ‘good friend’ yang menyebabkan ambruknya rumah tangga Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok, dengan Veronica Tan, ternyata belum terbukti hingga saat ini. Bahkan, Veronica Tan pun terlihat tidak menikah dengan pria tersebut.

Jika dari versi Ahok mengumbar soal adanya ‘good friend’ tersebut, kisah perceraian dari sisi Vero juga diungkap oleh seorang warganet lewat akun Instagram @sahabatvero. Dilansir dari Tempo (05/07/2020), Putra sulungnya yang bernama Nicholas Sean Purnama juga telah mempersilakan akun tersebut untuk membela sang ibu.

Netizen tersebut menceritakan bahwa Ahok sudah dekat lebih dahulu dengan istrinya yang sekarang, Puput Nastiti Devi, sebelum resmi bercerai dengan Vero. Sosok ‘good friend’ yang selama ini dianggap dekat dengan Veronika Tan ternyata hanyalah seorang rekan bisnisnya di bidang properti.

Bahkan, Ahok sendiri mengetahui jika sang istri sering meeting dengan rekannya tersebut. “Vero ini selama ini sudah berteman baik sama Julianto karena mereka partner bisnis properti jadi Ahok sendiri tahu istrinya sering meeting sama Julianto,” tulis netizen itu, dikutip dari akun Instagram @sahabatvero, Sabtu (4/7/2020).

Veronica Tan [sumber gambar]
Kedekatan Ahok dengan Puput Nastiti Devi yang merupakan ajudannya itu juga telah diketahui oleh Vero. Ia bahkan sempat meminta cerai dari Ahok namun tertunda karena suaminya itu tengah mengikuti Pilkada. Terlebih setelah dipenjara karena kasus penistaan agama, Vero mengira hal tersebut bisa membuat dirinya tobat dan sadar.

Namun kenyataan yang terjadi, Vero malah merasa Ahok justru lebih dekat dengan Puput selama dirinya berada di dalam tahanan. Kedekatan itulah yang dirasakan oleh Vero kemudian berujung gugatan cerai pada dirinya oleh Ahok setelah delapan bulan menghuni Rutan Mako Brimob. Netizen itu menyebut bahwa Veronica Tan dan ‘good friend’ hanya skenario belaka.

BACA JUGA: 14 Potret Kemesraan Ahok dan Vero Ini Bikin Netizen Nggak Percaya Gugatan Cerainya

Jika Ahok muncul di kanal YouTube Daniel Mananta dan mengisahkan perceraiannya, Veronica Tan justru terlihat lebih santai saat melakukan LIVE di Instagram pribadinya, @veronicatan_official, dan tidak terlalu menanggapi kisah mantan suaminya itu. Terlebih, akun Instagram @SahabatVero selalu hadir memberikan jawaban atas adanya tudingan miring yang ditujukan kepada Veronica Tan.