in

Dari Artis Hingga Wakil Bupati, Hengky Kurniawan Ternyata Dulunya Pernah Jadi Pemulung

Wakil Bupati Bandung Barat. Sebelumnya, pria asal Blitar, Jawa Timur itu dikenal sebagai seorang artis sinetron dan bintang iklan di tahun 2002-an. Keberhasilannya menembus dunia politik dan terpilih menjadi wakil rakyat, jelas merupakan sebuah prestasi terbaik dalam kehidupannya.

Namun tak banyak yang tahu, Hengky meraih itu semua dengan sebuah perjuangan keras yang luar biasa. Datang dari latar belakang keluarga yang sederhana, ia harus banting tulang sebagai rangkaian dari upayanya meraih kesuksesan. Bahkan, profesi sebagai pemulung pun sempat dilakoni Hengky di masa-masa susahnya.

Datang dari latar belakang keluarga yang sederhana

Hengky Kurniawan bersama sang istri [sumber gambar]
Ayah Hengky yang berprofesi sebagai supir angkot, harus bekerja keras untuk menafkahi keluarganya. Bersama orangtua dan empat kakaknya, pria kelahiran 21 Oktober 1982 itu tinggal di rumah sederhana warisan sang nenek dengan segala keterbatasan yang ada. “Saya bukan dari keluarga mampu. Ayah saya sopir angkot,” ujar Hengky yang dikutip dari regional.kompas.com.

Berjualan makanan ringan sejak SD untuk membantu perekonomian keluarga

Wakil Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan bersama keluarganya [sumber gambar]

Saat menginjak usia Sekolah Dasar, Hengky kecil membantu keluarganya dengan berjualan makanan ringan. Saat itu, sang ayah, Leo Medhi Purwanto, banting setir dengan menekuni profesi sebagai pemasok makanan ringan (snack). Kebiasaannya berjualan dilanjutkan hingga d bangku SMP. Saat itu, Hengky kerap membuat stiker dan dijual ke teman-teman di kelasnya.

Sempat menjadi pemulung kardus bekas hajatan

Ilustrasi pemulung [sumber gambar]
Dilansir dari regional.kompas.com, Hengky remaja juga sempat menjadi pemulung sampah sisa acara pernikahan seperti kardus, gelas air mineral, dan lainnya. Oleh dirinya, semua benda itu ia kumpulkan bersama dengan teman-teman sekampungnya untuk kemudian dijual. Saat beranjak SMA, Hengky juga sempat menyalurkan oli ke warung-warung, seiring perkembangan bisnis sang ayah yang juga menjadi agen oli motor.

Sukses terjun ke dunia hiburan dan menjadi artis ibukota

Sempat terjun ke dunia entertainment [sumber gambar]
Saat merantau ke Jakarta, Hengky yang saat itu mengambil kuliah jurusan politik sempat mengikuti casting. Tak disangka, ia berhasil diterima dan mulai menapaki karirnya di dunia hiburan. Dilansir dari regional.kompas.com, nama Hengky melejit berkat perannya sebagai Ardi dalam film “Buruan Cium Gue” di tahun 2004.

Banting setir ke dunia politik hingga sukses dilantik sebagai Wakil Bupati Bandung

Sukses dilantik sebagai Wakil Bupati Bandung Barat [sumber gambar]
Dari dunia keartisan, Hengky kemudian mencoba peruntungan di dunia politik dengan bergabung di Partai Amanat Nasional (PAN). Sempat gagal mencoba peruntungan menjadi caleg DPR RI, Hengky tak menyerah. Kesempatan muncul saat ia mengiktui Pilkada Bandung Barat untuk posisi wakil bupati. Beruntung, Hengky berhasil menang dan dilantik sebagai wakil bupati Bandung Barat periode 2018-2023 pada September 2018, mendampingi Bupati Aa Umbara.

BACA JUGA: Jalan Panjang Mulan Jameela: Dari Artis Ibu kota Hingga Calonkan Diri Jadi Anggota DPR RI

Meski sempat hidup susah di masa lalunya, siapa sangka jika seorang Hengky kini bisa menjadi orang berpengaruh sebagai Wakil Bupati Bandung Barat. Jalan yang berliku, mulai dari artis hingga terjun di dunia politik, menjadi bukti bahwa usaha dan kerja kerasnya kini telah membuahkan hasil. Selamat bertugas bapak Wakil Bupati!

Written by Dany

Menyukai dunia teknologi dan fenomena kultur digital pada masyarakat modern. Seorang SEO enthusiast, mendalami dunia blogging dan digital marketing. Hobi di bidang desain grafis dan membaca buku.

Leave a Reply

4 Hal Inilah yang Membuat Mie Instan Layak Jadi Duta Makanan Indonesia

Eksotis Namun Mematikan, Inilah Kawasan Wisata di Bali yang Dijuluki Air Mata Setan