Wilayah sebagian Kabupaten Panajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara di Kalimantan Timur (Kaltim), telah resmi ditetapkan sebagai ibu kota baru Indonesia menggantikan Jakarta. Hal ini pun membuat lokasi tersebut menjadi sorotan masyarakat Indonesia beberapa waktu lalu. Selain dikenal maju, Kalimantan Timur juga memiliki banyak pengusaha yang berpengaruh. Salah satunya adalah H. Muhammad Jos Soetomo.

Sebagai pengusaha besar di wilayah Kalimantan Timur, sosok Jos dikenal sebagai pengusaha di bidang perkayuan yang sukses. Pada 2017 silam, namanya bahkan tercatat dalam daftar 150 orang terkaya di Indonesia versi Globe Asia. Tepatnya berada di urutan ke-93. Selain sukses di bidang bisnis, Jos juga dikenal lewat sikap dermawannya pada masyarakat sekitar. Seperti apa sosoknya? Simak ulasan berikut.

Pengusaha Kaltim yang masuk sebagai daftar miliarder RI versi Globe Asia 2017

Sosok pengusaha sukses yang masuk daftar 150 orang terkaya di RI [sumber gambar]
Sebagai pengusaha di bidang perkayuan, nama Jos tercatat dalam daftar 150 orang terkaya di Indonesia versi Globe Asia. Ya, pebisnis kelahiran Kutai Kartanegara, pada 4 April 1945 itu berada di urutan ke-93. Saat dirilis oleh Globe Asia, kekayaannya berada di kisaran 430 juta Dollar Amerika atau setara Rp 5,5 triliun setelah tax amnesty. Semua harta tersebut berasal dari bisnisnya yang tersebar di berbagai bidang.

Miliki perusahaan kayu dan bisnis yang bergerak di berbagai bidang

Memiliki perusahaan yang bergerak di berbagai bidang [sumber gambar]
Pengusaha yang akrab dipanggil sebagai ayah Jos tersebut, dikenal sebagai pengusaha kayu yang bernama PT Sumber Mas. Dilansir dari Pepnews, usaha tersebut menjadi induk memiliki beberapa perusahaan seperti PT Kayan River Industries Plywood (KRIP), PT Meranti Sakti Indah Plywood (MSIP), PT Meranti Sakti Indonesia (MSI), PT Dirga Rimba, dan PT Estetika Rimba. Tak hanya di bidang perkayuan, usahanya juga terdiri dari properti seperti hotel dan perumahan.

Dikenal sebagai sosok pengusaha yang dermawan

Resmikan Masjid Cheng Ho [sumber gambar]
Sukses dan berlimpah harta, tak membuat sosok Jos lupa akan sekitarnya. Pada Senin, 26 November 2018, Jos meresmikan tiga Masjid Muhammad Cheng Ho di Kota Samarinda, Kaltim. Lokasi rumah ibadah ini sendiri dibangun di atas lahan Yayasan Sumber Mas Group. Menurut dirinya, manusia bukan dikenal dan diingat dari hartanya, melainkan dari perbuatan. Dengan berbuat baik, ia dan keturunannya akan dikenang banyak orang.

Resep sukses yang menjadi kunci bagi dirinya meraih keberhasilan hidup

Figur suskes yang memiliki motivasi untuk maju [sumber gambar]
Rahasia kesuksesan seorang Jos Soetomo ternyata terletak pada doa yang selalu dibacanya saat memulai aktivitas. “Apa filosofi kehidupan saya sehingga dikatakan berhasil seperti ini? Bismillah… Dengan bismillah… kita harus menyadari, semua itu (prestasi),” ujarnya yang dikutip dari Pepnews. Tak hanya itu, ia juga berharap agar semua manusia bisa sukses dalam meraih apa yang diinginkannya.

BACA JUGA: Kisah Pengusaha Kristen yang Dirikan Masjid Bagi Pekerja Muslim dan Buka Puasa Gratis

Satu hal yang bisa kita petik dari sosok H. Muhammad Jos Soetomo di atas adalah, kesuksesan duniawi yang diraih juga sejalan dengan menerapkan nilai-nilai kebaikan pada sesama. Berbagi sebagai sebuah bentuk dari rasa syukur atas nikmat yang ada, merupakan salah satunya. Inspiratif ya Sahabat Boombastis.