in

Meluruskan Kisah Miripnya Bisnis Geprek Bensu dan I Am Geprek Bensu, Siapa yang Lebih Dulu?

Ruben Onsu memang terkenal dengan kesuksesannya bersama Geprek Bensu. Namun sudah jadi rahasia umum bahwa bisnis kulinernya tersebut masih ada hubungan sejarah dengan franchise lain bernama sejenis, I Am Geprek Bensu. Dan kisah mereka bikin banyak orang penasaran lho. Tapi justru hal ini yang membuat keduanya sama-sama laris.

Bahkan banyak Youtuber dan food vlogger yang membandingkan rasa Geprek Bensu dan I Am Geprek Bensu. Juga netizen yang masih menduga-duga siapa yang duluan? Kenapa namanya mirip? Dan ada kisah apa di antara kedua brand makanan ini?

Tadinya ada kerja sama

Ruben Onsu saat masih menjadi duta I Am Geprek Bensu [Sumber Gambar]
Melansir dari beberapa sumber, I Am Geprek Bensu telah dirintis sejak 2017 dan dimiliki oleh PT Ayam Geprek Benny Sujono. Ruben Onsu tadinya bekerja sebagai duta promosi merek I Am Geprek Bensu tersebut. Jadi Bensu di belakang merek itu ternyata masih ada hubungan dengan pemilik aslinya yakni Benny Sujono. Namun banyak orang mengenalnya sebagai nama panggilan artis Ruben Onsu.

Bensu hengkang dan membuat bisnis ayam geprek

Gaya makan ayam geprek pakai tangan Ruben Onsu [Sumber Gambar]

4 bulan setelahnya, Ruben Onsu memutuskan untuk keluar. Tak lama kemudian ia mendirikan franchise dengan nama yang sangat mirip, yakni Geprek Bensu. Tanpa banyak yang menyadari bagaimana bisnis ini berkembang, gerai Geprek Bensu mulai menjamur di mana-mana dengan cepat. Namun seiring hal itu terjadi, Ruben Onsu juga mengalami silang sengketa dengan merek I Am Geprek Bensu, di mana keduanya mempertahankan nama Bensu.

Popularitas yang 11-12

Meski demikian, diam-diam I Am Geprek Bensu juga tak kalah tenar. Apalagi paket makanan yang ditawarkan memiliki harga bersaing dengan Geprek Bensu yang sudah semakin populer. Misalnya dengan harga yang bersaing. Kisah ‘misterius’ kemiripan nama bisnis kuliner ini malah mendongkrak popularitas masing-masing. Para pecinta kuliner dan Youtuber pun ramai-ramai membeli serta membandingkan rasa ayam geprek kedua merek ini.

Ruben Onsu gagal mendapatkan hak merek dagang ‘Bensu’

Ruben Onsu kalah gugatan atas nama Bensu [Sumber Gambar]
Sayangnya, hakim pada akhirnya memutuskan untuk menolak gugatan Ruben Onsu secara keseluruhan dan menyatakan PT Ayam Geprek Benny Sujono sebagai pemilik yang sah. Dengan kata lain, sepertinya Ruben Onsu mulai harus memikirkan nama baru untuk jualannya dan merelakan ‘Bensu’ dari seluruh produk dagangnya.

BACA JUGA: Tajir tapi Hidup Sederhana, Ini 4 Warung Pinggiran Favorit Ruben Onsu dan Sarwendah Tan

Satu lagi ujian harus dilewati oleh Ruben Onsu dalam merintis bisnisnya. Namun dengan pengalaman bisnis kuliner yang konsisten dalam 3 tahun ke belakang, agaknya hal ini tidak akan banyak berpengaruh pada salah satu raja presenter Indonesia itu.

Written by Orchid

Leave a Reply

Cantik di Usia 80 Tahun, Begini Potret Ratna Sari Dewi Soekarno yang Bagai Menolak Tua

Rizal Ramli, Pakar Ekonom Cerdas yang Disebut Siap Debat Lawan Luhut Soal Utang Negara