Sebagai salah negara mayoritas Muslim, Indonesia banyak melahirkan para penghafal Al-Qur’an atau disebut sebagai hafidz. Beberapa di antara mereka bahkan telah meraih prestasi tingkat internasional di luar negeri. Seperti yang dilakukan oleh dua orang hafidz cilik yang bernama Muhammad Ghozali Akbar atau Ahmad dan Kamil Ramadhan.

Keduanya dikenal luas saat berhasil menjuarai lomba Hafiz Indonesia tahun 2017, di mana Ahmad keluar sebagai juara pertama dan Kamil juara ketiga. Sebagai penghapal Al-Qur’an, mereka berdua juga diundang melantunkan ayat-ayat suci Alquran di puncak acara MTQ Internasional Moskow ke-19. Seperti apa kisahnya, simak ulasan Boombastis berikut ini.

Dua anak yatim yang dikenal cerdas dalam hafalan Al-Qur’an

Dikenal sebagai sosok yang cerdas dalam menghafal Al-Qur’an [sumber gambar]
Ahmad maupun Kamil merupakan anak yatim yang dikenal sebagai penghafal Al-Qur’an. Keduanya mulai belajar membaca Al-Qur’an di usia yang sama, yakni 8 tahun. Hanya saja, Kamil lebih cepat menghafal 30 juz dalam waktu 6,5 bulan. Sementara Ahmad membutuhkan waktu selama 8,5 bulan untuk menghafal 30 juz.

Berhasil menjurai ajang Hafiz Cilik 2017

Saat mengikuti lomba hafiz Indonesia 2017 [sumber gambar]
Prestasi keduanya sebagai penghafal Al-Qur’an juga ditorehkan di dalam maupun luar negeri. Pada ajang Hafiz Indonesia tahun 2017, Ahmad berhasil keluar sebagai juara pertama. Sementara Kamil berhasil meraih posisi ketiga. Berlanjut di lomba Hafiz Internasional 2018 di Jeddah, Arab Saudi, Ahmad berhasil juara ketiga dan Kamil di posisi keenam.

Diundang oleh Mufti Rusia sebagai di lomba MTQ Internasional Moskow ke-19

Ahmad dan Kamil yang lantunkan ayat suci Al-Qur’an di Moskow, Rusia [sumber gambar]
Begitu fasihnya bacaan Al-Qur’an Ahmad dan Kamil, keduanya diundang oleh Dewan Mufti Rusia sebagai tamu khusus di MTQ Internasional Moskow ke-19 (19th Moscow International Quran Reciting Competition). Pada acara puncak, keduanya diminta melantunkan ayat-ayat suci Al-Qur’an yang sukses membuat ribuan penonton menitikkan air mata.

Bacaan Al-Qur’annya yang dikagumi oleh masyarakat dunia

Dalam sebuah unggahan Twitter @almeneesey (29/10/2018), tampak Ahmad dan Kamil dites hafalannya membaca beberapa ayat Al-Qur’an. Bukan satu surah utuh, tapi nomor-nomor tertentu dengan tata letak yang berbeda-beda. Disaksikan oleh orang-orang di sekitarnya, kedua hafiz cilik tersebut berhasil memukau hadirin yang ada di sana.

Sosok hebat di balik Ahmad dan Kamil

Dibimbing oleh sosok guru sekaligus ayah asuhnya [sumber gambar]
Apa yang telah diraih oleh Ahmad dan Kamil sebagai seorang penghafal Al-Qur’an tak lepas dari kesabarannya dan ketekunan Ustaz Ike Muttaqin. Tak hanya bertindak sebagai guru, Pengasuh Pesantren Tahfizh De Muttaqin juga ayah asuh yang membina keduanya dan 18 anak yatim lainnya dalam menghafal Al-Qur’an.

BACA JUGA: Mukjizat Itu Nyata, 4 Anak Ini Menjadi Penghafal Al-Qur’an Meski Alami Keterbatasan Fisik

Hafalan ayat-ayat suci Al-Qur’an yang dilantunkan oleh Ahmad dan Kamil tak hanya membuat Indonesia dan dunia bangga terhadap mereka. Lebih dari itu, perjuangan keduanya hingga berhasil menjadi seorang hafiz juga menginspirasi kita semua agar bisa berprestasi seperti mereka. Luar biasa ya Sahabat Boombastis.