in

Ketahui 5 Fakta Tentang Kucing yang Menarik dan Jarang Didengar

Di dunia ini, pasti banyak orang yang mengaku sebagai pecinta kucing. Namun, beberapa di antaranya banyak yang tidak tahu mengenai fakta tentang kucing. Sebenarnya hewan menggemaskan satu ini memiliki rahasia yang wajib kalian tahu sebagai pecinta kucing. Fakta-fakta tersembunyi tersebut dijamin membuat kalian semakin sayang kepada binatang mungil ini.

Nah, sebenarnya apa saja sih fakta tentang kucing yang harus diketahui? Ada satu, dua, tiga atau lebih? Pasti kalian para pecinta kucing penasaran kan? Yuk kita simak paparan fakta menarik tentang hewan satu ini.

1. Mempunyai pendengaran dan penciuman yang sangat sensitif

Indra pendengaran yang tajam

Seperti yang kita tahu, kalau anjing adalah salah satu hewan mamalia yang memiliki pendengaran paling tajam di antara binatang lain. Tapi, tenyata kucinglah yang mempunyai pendengaran sensitif dibandingkan dengan anjing. Ia mempunyai batas pendengaran sebesar 65 khz. Jadi, jangan heran jika ia berlaku aneh ketika kita sebagai manusia tidak mendengar apapun itu. Lalu, ia juga mempunyai indra penciuman yang sangat tajam lho. Maka dari itu, ketika kita memelihara kucing dan belum membersihkan tempat buang airnya, ia tidak akan pernah menggunakan area tersebut untuk mengeluarkan kotorannya. Sehingga, kita harus rajin untuk membersihkan kota pasir si meow ini.

2. Merupakan hewan yang sangat perasa

Merupakan hewan yang sangat perasa

Dibandingkan dengan anjing, kucing merupakan hewan yang cuek. Ya, walaupun ia sudah mengenal lama sang majikan namun itu tidak berpengaruh baginya. Namun, hewan yang satu ini mempunyai kelebihan mengejutkan di balik sifat cueknya. Itu adalah ia merupakan hewan yang sangat perasa. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Moriah galvan dan Jennifer Vonk dari Universitas Oakland, Michigan, Amerika Serikat terdapat beberapa bukti bahwa kucing bisa merasakan perubahan suasana hati dari majikannya. Ia dapat memahami emosi manusia lebih dari apa yang diperkirakan. Jadi, berita tentang kucing yang bisa membawa efek positif kepada manusia itu bukan kabar hoax semata.

3. Fakta di balik kucing yang punya sembilan nyawa

Kucing punya 9 nyawa hanyalah mitos

Pasti kalian tidak asing lagi dengan kalimat kucing mempunyai sembilan nyawa. Karena, dari dulu banyak mitos yang beredar kalau hewan berkaki empat itu bisa lolos dari kematian beberapa kali. Buktinya, ia dapat bertahan hidup walaupun jatuh dari ketinggian berapapun. Tapi, fakta jika ia memiliki sembilan nyawa itu tidaklah benar. Sebab, kucing ternyata memiliki kemampuan refleks meluruskan tubuh di udara yang akan mendaratkan kakinya terlebih dahulu sebelum ia menyentuh ke tanah. Oleh karena itu, ia tidak terluka sedikitpun dan terhindar dari yang namanya maut.

4. Kucing yang ternyata tidak mempunyai bakteri kotor di tubuhnya

Lidah kucing yang ternyata bersih dari kuman

Tahukah kalian kalau kucing ternyata tidak mempunyai bakteri kotor yang menempel di tubuhnya? Menurut penelitian dari Dr. George Maqshud, ia mengungkapkan bahwa lidah kucing tidak mengandung kuman. Selain itu, di tubuhnya hanya sebagian kecil saja yang mengandung bakteri. Ini dibuktikan dengan kucing yang tidak suka mandi. Lho bukannya bakteri lebih suka dengan hewan yang tidak gemar mandi ya? Wah, itu sangat salah besar. Kucing tidak suka yang namanya mandi karena ia sadar kalau air merupakan tempat subur untuk pertumbuhan bakteri. Jadi, ia tidak menyukai air karena menghindari perpindahan bakteri ke tubuhnya.

5. Dapat meningkatkan kesehatan manusia

Kucing dapat meningkatkan kesehatan manusia

Kucing kerap kali dianggap sebagai pembawa penyakit. Mulai dari tokso, alergi atau asma. Selain itu katanya ia juga bisa menyebabkan kemandulan, keguguran dan cacat pada bayi sejak lahir. Namun, itu semua tidak sepenuhnya benar lho Sahabat Boom. Sebab, penyakit-penyakit itu biasanya terbawa dari lingkungan ataupun makanan yang dikonsumsi. Sehingga, itu semua bukan salah dari sang kucing. Tapi, di balik fakta di atas ternyata banyak juga manfaat kucing bagi manusia. Manfaatnya adalah kucing mampu menghilangkan emosi yang berlebihan, depresi, kecemasan, bahkan mengurangi risiko serangan jantung. Sehingga, sampai saat ini banyak dokter yang menyebutkan kalau hewan berbulu lembut ini sering digunakan untuk terapi penyembuhan suatu penyakit.

Bagaimana Sahabat Boom, sudah tahu kan fakta-fakta tentang kucing yang tersembunyi selama ini. Ternyata, ia memiliki banyak manfaat untuk manusia lho. Jadi, bagi yang tidak suka dengan kucing buang jauh deh pikiran tersebut. Mulai sekarang, sayangi hewan tersebut dan jangan pernah untuk mengusirnya jika ia minta makan kepadamu di manapun. Ada yang tertarik pelihara kucing setelah ini ?

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Dilarang Melayat, Kisah Tahanan yang Ditinggal Mati Sang Anak Ini Bikin Air Mata Berderai

Ketahui 5 Fakta Golongan Darah AB, Sosok Berkepribadian Unik yang Penuh Dengan Sisi Misterius