in

8 Kerajaan yang Hampir Berhasil Menguasai Dunia

Reruntuhan Persepolis, ibu kota kerajaan Persia [Image Source]

Sejak zaman dulu, berbagai wilayah di dunia masih dikuasai oleh kerajaan-kerajaan besar yang terus berusaha memperluas wilayah atau pengaruhnya. Beberapa diantaranya bahkan hampir berhasil mendominasi dunia.

Baca Juga : Inilah Kekuatan Militer yang Pernah Membuat Indonesia Menjadi Macan Asia

Beberapa kerajaan dalam sejarah ini tercatat yang paling mendekati kesuksesan mendominasi dunia. Mendominasi di sini bukan memiliki wilayah yang paling luas, tapi memiliki pengaruh atau kontrol, baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap mayoritas populasi bumi.

1. Portugis

Portugis sering kali tidak terhitung ketika membicarakan tentang kerajaan yang besar. Padahal kerajaan ini sempat memiliki kesempatan untuk menjadi kerajaan global yang hampir sebanding dengan kerajaan Inggris. Portugis juga merupakan kerajaan pertama yang berkomitmen secara serius untuk melakukan penjelajahan kolonial. Kerajaan ini pula yang pertama kali mendarat di India, Sri Lanka, Jepang, Brazil, dan banyak wilayah Afrika lainnya.

St. Francis Xavier meminta restu Raja John III untuk melakukan ekspedisi ke Asia [Image Source]
St. Francis Xavier meminta restu Raja John III untuk melakukan ekspedisi ke Asia [Image Source]
Portugis bahkan juga berhasil menaklukan Mozambik dan Brazil serta menjadikannya wilayah kolonial kerajaan. Di titik puncak kekuasaannya, Portugis berhasil melakukan perdagangan ke wilayah yang jauh mulai dari India hingga Arab, Malaysia hingga China, dan bahkan Jepang. Hal ini membuat Portugis mendominasi rute perdagangan di Asia dan Eropa. Seandainya Portugis tidak mengalami kemunduran pada tahun 1500an, sangat mungkin kerajaan ini akan menjadi yang paling berkuasa dan bahkan melebihi Inggris.

Written by Tetalogi

Leave a Reply

7 Motor ini Jadi Andalan Pemuda Indonesia Gaet Pasangan Jiwa, Kamu Harus Punya!

4 Penjahat Paling Kejam di Indonesia ini Bisa Membuatmu Ketakutan