in

Manding, Kerajaan Tanpa Nama yang Dipercaya Jadi yang Terkaya Sepanjang Sejarah

Jasa Mansa Musa [Image Source]

Membahas tentang kerajaan terkaya sepanjang sejarah, kebanyakan orang pasti bakal berpikir kalau Inggris lah yang dimaksud. Tidak dipungkiri memang kalau kerajaan tersebut luar biasa kaya, mengingat wilayahnya yang sedemikian luas. Tapi, diketahui bukan Inggris lah dinasti paling kaya sepanjang zaman. Manding, kerajaan ini diduga adalah yang terhebat soal kekayaan.

Manding mungkin tak banyak orang tahu, tapi di masa kejayaannya, kerajaan ini begitu menggaung namanya di seantero Afrika bahkan Eropa. Kerajaan ini dikenal sangat luar biasa memang. Terutama kekayaannya yang seolah tidak ada habisnya. Pernah dengar nama Mansa Musa? Ya, si manusia paling tajir sepanjang zaman itu adalah salah satu raja dari Manding.

Lebih jauh tentang kerajaan tak dikenal tapi super kaya ini, berikut adalah hal-hal yang mungkin belum kamu tahu tentang Manding.

Manding Berada di Mali dan Menganut Islam

Wilayah Manding di Afrika [Image Source]
Sejarah mencatat jika Manding berasal dari Mali. Wilayah kekuasaannya sendiri cukup luas ketika itu, mencakup beberapa teritorial negara tetangga. Manding cukup maju dengan bangunan-bangunannya yang gahar dan bagus. Untuk sistem keagamaan, mereka awalnya menganut sistem tradisional, tapi kemudian memilih Islam sebagai agama kerajaan.

Manding yang Super Kaya

Kerajaan Manding makmur [Image Source]

Di masa jayanya, Manding adalah kerajaan yang luar biasa. Tidak hanya disegani oleh musuh-musuhnya, kerajaan ini juga sangat kaya. Emas, benda ini kala itu jadi semacam komoditi utama di sana. Diketahui ketika itu Manding memiliki sekitar tiga tambang emas di daerahnya dan masing-masing begitu menghasilkan. Menurut sejarah, peredaran emas di kala itu tidak sampai keluar sehingga semakin lama logam kuning tersebut pun melimpah di sini. Tak hanya emas, Manding juga makmur karena aktivitas perdagangannya yang masif.

Mansa Musa, Manusia Terkaya yang juga Raja Manding

Ilustrasi Mansa Musa [Image Source]
Dilihat dari silsilahnya, kerajaan Manding ini dipimpin oleh begitu banyak raja. Tapi, dari sekian banyak, yang dianggap bisa membawa Manding ke puncak kejayaannya hanya satu orang. Ya, sosok ini adalah si Mansa Musa. Bagi yang belum tahu, Mansa Musa adalah manusia terkaya di dunia. Perkiraan hartanya mencapai hampir setengah triliun dolar atau sekitar Rp. 6.675.433.159.930.831. Silakan hitung sendiri ya.

Jasa Mansa Musa Terhadap Manding

Jasa Mansa Musa [Image Source]
Meskipun sangat kaya, tapi faktanya Mansa Musa bukan orang yang jahat, pelit, dan semacamnya. Justru sikapnya sangat berkebalikan dengan itu. Diketahui ia sangat pemurah dan juga peduli terhadap semua orang. Soal dermawan, dulu diceritakan ia pernah membagi-bagikan emas kepada setiap orang ketika sedang berangkat Haji. Tak hanya dikenal sangat dermawan, Mansa Musa juga memberikan sumbangsih penting kepada Manding. Misalnya soal pembangunan, militer, sampai keagamaan.

Akhir Manding yang Mengenaskan

Sisa-sisa kerajaan Manding [Image Source]
Melihat kejayaan dan  kehebatan Manding, agaknya sulit diterima akal ya kalau kerajaan ini bisa hancur pada akhirnya. Namun, yang terjadi memang demikian adanya. Setelah Mansa Musa meninggal, berturut-turut Manding dipimpin oleh para raja yang tidak cakap. Hingga pada akhirnya di tahun 1610an, kerajaan ini mengalami perpecahan. Manding retak menjadi tiga bagian yang masing-masing dipimpin oleh orang-orang yang berbeda. Hal ini terus terjadi sampai akhirnya Manding pun tinggal nama.

Cukup disayangkan kalau kerajaan sehebat ini pada akhirnya harus berakhir. Padahal, seumpama bisa mempertahankan kekuatan, maka bukan mustahil Manding ini bisa merajai dunia dan mengalahkan kerajaan-kerajaan besar macam Inggris dan Perancis. Sayangnya, takdir berkata lain.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

6 Makanan yang Katanya Asli Indonesia Ini Ternyata Berasal dari Tiongkok

4 Tindakan Pelecehan yang Pernah Menimpa Sang Saka Merah Putih