in

Dari Pasar Sampai Pertemuan Penting, Ini Alasan Mengapa Jokowi Suka Pakai Kemeja Warna Putih

Dari beberapa presiden yang pernah memimpin Indonesia, Joko Widodo punya ciri khas tersendiri dalam berpakaian saat blusukan dan nyambangi rakyat. Kadang, ia memakai sneakers, kadang juga dipadu dengan jaket-jaket necis yang mengundang perhatian, kadang juga hanya pakai kaos oblong saja.

Oke, sekarang kita lupakan sneaker ataupun jaket, kita fokus ke baju putih yang sering banget dipakai dalam berbagai kesempatan. Entah itu ke pasar, atau bahkan acara penting, Presiden Jokowi tampak sering sekali mengenakan setelah atas putih plus celana kain hitam. Kira-kira adakah alasan di balik seragam ini? Yuk, simak bersama!

Jokowi memakai kemeja putih [Sumber gambar]
Presiden Jokowi memang dikenal sebagai sosok yang sederhana dan merakyat. Bukan masalah besar jika kamu kebetulan melihat ia makan di warung kaki lima. Kesederhanaannya –yang naik pesawat kelas ekonomi bahkan pernah menjadi bahan pembicaraan majalah TIME Amerika. Begitu pula dalam berpakaian. Jokowi mengaku jika memakai kemeja putih memang telah ia lakukan sedari menjabat Walikota Surakarta.

Menurut presiden ke-7 ini warna putih menandakan netral, tak menimbulkan kesan politik tertentu. Warna putih juga bisa menghindari seseorang dari sumuk alias gerah. Jadilah ia sangat menyukai warna putih. Selain itu, juga harganya murah jadi bisa ngirit. Seperti dilansir Liputan6.com, “Ya setiap hari saya selalu pakai baju putih begini. Ada yang harganya Rp 50 ribu, 70 ribu,” katanya dalam sebuah acara seminar yang berlangsung di Aula FK UI, Salemba, Jakarta Pusat.

Memakai baju putih saat acara penting [Sumber gambar]

Tentang baju putih ini, Presiden Jokowi pernah punya cerita lucu. Saat dirinya masih menjabat sebagai Walikota, satu ketika ia sedang menghadiri acara dengan beberapa menteri Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II di Jakarta. Dalam acara bersama para menteri tersebut ia memakai baju putih. Hanya, siang hari di Jakarta membuat gerah sehingga pejabat-pejabat tersebut membuka jas. Momen tersebut ternyata tertangkap kamera wartawan, sehingga memperlihatkan warna baju Pak Jokowi yang sudah agak kekuning-kuningan. “Itu hanya beda harga saja”, ucapnya polos.

Para PNS diwajibkan memakai kemeja putih [Sumber gambar]
Mengenai pakaian putih ini juga, Mendagri telah mengeluarkan aturan, nomor 3 tahun 2016 terkait seragam dinas para pegawai negeri sipil. Isi peraturan ini salah satunya penggunaan kemeja putih setiap hari Rabu. Mendagri Tjahjo Kumolo menjelaskan hal itu untuk mencerminkan kebersihan. Sehingga diharapkan para abdi negara bisa bekerja lebih baik ke depannya dan lebih bersih (tidak korupsi).

Jika kita lihat memang sih, sering sekali Presiden Jokowi memakai kemeja putih di berbagai kesempatan. Ternyata, warna putih tersebut melambangkan kepribadian yang sederhana dan memang sudah ciri khas dari sono-nya, bahkan sebelum ia menjabat sebagai presiden.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

10 Potret Kemiskinan di Argentina, Sisi Lain yang Jarang Diketahui dari Negara Asal Messi

Inilah Sosok Wanita yang Bakal Mewarisi Semua Harta Jet Li Jika Terjadi Hal Buruk