in

Wajib Coba! 5 Cara Ampuh Untuk Kembalikan Sinyal Handphone yang Tiba-Tiba Menghilang

Sampai saat ini, hari tanpa bayangan menjadi perbincangan publik di seluruh kalangan. Khususnya masalah tentang dampak yang ditimbulkan. Salah satunya adalah sinyal telepon yang diperkirakan bisa menghilang atau gangguan selama 15 sampai 30 menit. Pantas saja, banyak orang yang bingung kalau keadaan ini benar-benar terjadi.

Jika sinyal telepon benar-benar menghilang atau gangguan, maka komunikasi menjadi tidak lancar. Walaupun hanya beberapa menit, tapi rasanya seperti ada yang kurang. Tapi, jangan khawatir Sahabat Boom, di balik masalah ini ada solusi terbaik yang bisa kita lakukan. Jadi, kita masih bisa berkomunikasi lancar dengan beberapa cara di bawah ini.

1. Menggunakan aplikasi Open Signal

Hilang atau gangguan sinyal pada handphone menyebabkan beberapa orang terhambat aktivitasnya. Ini biasanya terjadi pada saat operator sedang eror atau area sangat kekurangan sinyal. Kalau sudah begini, pada harus siap-siap dengan aplikasi yang bernama Open Signal. Kelebihan dari aplikasi ini adalah selain bisa mencari sinyal, ia juga dapat melacak internet publik atau WiFI di sekitar tempat kalian berdiri.

Menggunakan aplikasi Open Signal [Sumber Gambar]
Cara menggunakannya adalah jalankan aplikasi seperti biasa dan pilih menu coverage. Lalu di sana kita dapat mengetahui area layanan sinyal dari paket data yang disediakan operator seluler dalam tampilan map. Nah, dari situ kita dapat menentukan jenis operator dan jangakauan sinyal (3G dan 4G). Menariknya lagi, kita dapat mengetahui operator yang paling bagus dalam memberikan layanan. Operator tersebut akan ditandai dengan simbol bintang. Jadi, tidak perlu khawatir lagi kalau tiba-tiba kehilangan sinyal di jalan.

2. Bisa juga dengan cek IMEI android

Kehilangan sinyal pada smartphone ternyata tidak hanya dari kesalahan operator atau area tempat kalian berada. Tapi ternyata juga bisa karena nomor IMEI yang mengalami gangguan. Kalau kalian belum tahu apa itu IMEI, mari kita jabarkan. IMEI merupakan sebuah nomor unik yang dimiliki oleh setiap handphone. Fungsinya adalah penyimpan semua data yang berkaitan dengan ponsel. Mulai dari tanggal pembuatan sampai komponen-komponen di dalamnya. Sehingga, bisa jadi kalau sinyal hilang pada ponsel itu karena pengaruh dari erornya nomor IMEI.

Cek kode IMEI [Sumber Gambar]
Biasanya nomor IMEI itu bisa eror karena sang empunya ponsel melakukan oprekan. Atau yang sering kita sebut dengan root. Nah, untuk root ini memang agak berbahaya karena bisa menyebabkan kerusakan pada IMEI juga. Jadi, untuk memeriksa IMEI caranya adalah dengan ketik *#06# lalu klik dial / panggilan. Kalau IMEI muncul, maka nomor tidak ada kerusakan apapun. Namun, kalau nomor IMEI tidak muncul atau kosong, bisa jadi kode mengalami eror. Untuk mengatasi itu bisa dibawa ke service center resmi agar bisa diperbaiki kembali.

3. Melakukan flash pada handphone

Untuk melakukan cara yang satu ini harus memindahkan file-file penting terlebih dahulu. Sebab, melakukan flash pada handphone bisa menyebabkan data pada ponsel hilang seketika. Biasanya cara ini dilakukan karena perangkat lunak yang terpasang pada handphone mengalami eror, sehingga mau tak mau flash harus dilakukan agar bisa kembali seperti semula.

Melakukan flash pada handphone [Sumber Gambar]
Cara yang satu ini tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Sebab, risikonya sangat tinggi dan bisa eror jika dilakukan dengan tidak hati-hati. Lalu, hal yang perlu diingat adalah setiap handphone memiliki cara flash yang berbeda. Sehingga, harus lebih hati-hati lagi dalam mencari sumber.

4. Memakai antena penguat sinyal

Walaupun ponsel hanyalah benda elektronik kecil, ia juga bisa disandingkan dengan antena. Antena tersebut biasanya digunakan untuk mendapatkan kembali atau hanya menguatkan sinyal saja. Memang agak merepotkan, tapi ini adalah cara cukup ampuh untuk menangkap kembali sinyal yang pergi tidak berpamitan.

Antena penguat sinyal [Sumber Gambar]
Caranya adalah terlebih dahulu letakkan antena eksternal di atap rumah. Lalu, kabel antena dihubungkan dengan benda yang bernama pigtail. Pigtail tersebut berfungsi untuk menyambungkan antena kepada handphone. Jika sudah, silahkan ditunggu beberapa saat karena antena masih mencari sinyal terbaik di sekitar rumah kalian. Tidak butuh waktu lama untuk menunggu dan sinyal sudah bisa digunakan pada handphone kalian.

5. Kembalikan ke setelan pabrik juga bisa dilakukan

Kehilangan sinyal yang disebabkan karena oleh aplikasi pihak ketiga atau terkena virus bisa dilakukan dengan mengembalikan ke setelan pabrik. Meskipun aplikasi pembawa virus tersebut sudah di-uninstall, tapi biasanya sinyal akan tetap hilang. Jadi, cara yang terbaik adalah dengan mengembalikan ponsel ke pengaturan pabrik.

Mengembalikan ke setelan pabrik [Sumber Gambar]
Caranya adalah silahkan buka pengaturan pada ponsel. Setelah itu, pilih menu tentang ponsel yang biasanya ada di bagian paling bawah pengaturan. Jika sudah, klik menu kembalikan ke setelan pabrik. Kalau ponsel sudah menyala kembali, maka sinyal akan kembali seperti sedia kala. Namun, hal yang tidak boleh dilupakan adalah jangan lupa untuk memindahkan data-data penting sebelum melakukan hal ini. Karena, cara satu ini bisa menghilangkan semua file pada handphone.

Demikianlah cara-cara ampuh untuk mengembalikan sinyal yang mulanya hilang. Namun, kalau sinyal hilang karena masalah operator, cara-cara di atas tidak berfungsi. Sebab, kalau dari vendor kartu SIM hanya bisa diperbaiki dari pusatnya saja. Tapi, jika sinyal hilang berasal dari masalah handphone, kelima cara di atas bisa sekali untuk dicoba.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

10 Potret Ulfi Damayanti, Putri Ely Sugigi yang Tolak Ibunya Nikah Lagi dengan Brondong

Jika Facebook Benar-benar Lenyap dan Dihapus, Maka 5 Hal Inilah yang Pasti Akan Terjadi