Papua, pulau terkaya adan terbesar ini memang sering mendapat stereotip terbelakang dari negerinya sendiri. Mengidentikkan papua dengan keterbelakangan mereka mungkin berdasarkan ketidaktahuan kita dan citra yang digambarkan media selama ini tentang mereka.

Namun, tahukah kalau di Papua, kehidupannya sudah lama jauh lebih maju dan menakjubkan dari yang kita bayangkan?  5 fakta ini akan membuatmu berpikir ulang tentang papua.

1.Tol Trans Papua membentang dari utara hingga selatan yang nan elok dipandang

Ilustrasi tol Papua [image source]
Sejak 2014, pemerintah Indonesia benar-benar ingin Papua berubah sehingga dipercepat ekonominya dengan meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. Proses mensejahterakan tersebut haruslah dimulai dengan pembangunan infrastruktur yang memadai pula. Tol Trans Papua yang direncanakan memiliki 4.325 kilometer (KM), dan yang tersambung saat ini sudah mencapai 3.667 KM atau sekitar 85 %. Tidak hanya untuk kepentingan infrastruktur, namun tol ini juga indah dilihat.

2. Mall Jayapura, Mall terbesar di Jayapura

Mall Jayapura [image source]
Siapa bilang di Jayapura tidak ada pusat perbelanjaan besar seperti Mall? Di Papua khususnya kota Jayapura juga merupakan pusat perekonomian yang besar dan telah banyak pusat perbelanjaan modern disana. Mall ini merupakan pusat perbelanjaan yang didalamnya banyak penyewa seperti Hypermart, J.CO, Matahari Departement Store dan Cinema XXI juga ada disini. Selain itu jika kita jalan-jalan di Jayapura tidak sulit kok cari kebutuhan era saat ini.

3. Liburan Tak usah panik karena Hotel Internasional telah banyak di Papua

Banyak hotel bergengsi di Papua [image source]
Nama-nama hotel seperti Swis-Bell, Aston dan Horison mungkin sering kalian dengar bagi penikmat travelling. Ya, jangan kira berkelana di sana hanya akan menemukan hutan atau tinggal di gubug-gubug murah. Karena nyatanya justru hotel-hotel dengan fasilitas terbaik tersebut juga sudah ada di Papua. Hal ini bahkan membuat Papua menjadi salah satu tujuan wisata paling mahal karena pembangunan dan eksotisme daerahnya membaur dengan baik.

4. Ob Anggen School, Sekolah bertaraf Internasional di Papua

Sekolah di Papua metodenya sudah setara internasional [image source]
Ob Anggen School adalah model institusi pendidikan modern dan bertaraf internasional di pedalaman Papua. Ob Anggen School berdiri sejak 2007 yang awalnya diperuntukkan untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), disini pengajarnya langsung dari Amerika dan bahasa pengantarnya adalah bahasa Inggris. Kini Ob Anggen School juga memiliki TK dan SD. Jadi jika ngomongin pendidikan di Papua, sebenarnya di Papua gak tertinggal banget kok. Malah sudah lebih terfasilitasi setara sekolah mahal.

5. Prestasi Pemuda yang mendunia

Boaz Salosa [image source]
Tahukah kalian nama-nama seperti Boas Salosa, Fredi Numberi dan Ari Sihasale dari tanah Papua? Mereka merupakan anak-anak Papua yang memiliki kiprah nasional bahkan internasional. Pemain timnas Boas Salosa yang membawa harum nama timnas di kancah internasional, bapak Fredi Numberi yang pernah didapuk menjadi mentri perikanan dan kelautan di era kepemimpinan pak SBY dan Ari sihasale yang merupakan sineas muda dengan menelurkan film-film berkualitas di tanah air.

Ini hanya segelintir potret Papua yang sudah menjelma jadi semakin berkembang. Bedanya, di sana alamnya banyak yang masih perawan, sementara di pulau lain telah terjamah pembangunan. Meski banyak isu tentang biaya hidup dan keterbatasan, lambat laun akan banyak orang yang berminat untuk tinggal di Papua.