Mulai dari dulu hingga sekarang, tingkah laku anggota dewan memang tak lepas dari sorotan masyarakat. Bukan apa-apa, status mereka yang dianggap sebagai perpanjangan suara rakyat di pemerintahan terkadang tak sesuai dengan harapan. Kalau sudah begini, ambyar sudah kepercayaan masyarakat pada mereka.

Seperti yang terjadi baru-baru ini, beberapa anggota dewan ketahuan tidur saat sidang. Tak hanya itu, Sekitar 290 anggota DPR bolos dari ruang rapat paripurna dan tak menghadiri pelantikan pimpinan DPR periode 2019-2024. Padahal, para wakil rakyat ini baru saja dikukuhkan sebagai anggota dewan selang sehari kemarin. Seolah mengulang kebiasaan lama yang ‘bersemi kembali’, seperti apa kejadian tersebut?

Anggota Fraksi Partai Nasional Demokrat (Nasdem) tertidur saat sidang

Sebuah foto yang viral baru-baru ini, menyoroti Ahmad Fadil Muzakki, anggota DPR RI dari Fraksi Nasdem. Pria yang baru dilantik sebagai anggota DPR itu tertangkap kamera tengah tertidur saat sidang berlangsung. Alhasil, sosoknya tersebut menjadi perbincangan hangat di media sosial. “Ya itu, memang jujur itu saya yang tertidur di foto itu yang beredar di media sosial dan itu pun karena saya sehari semalam tidak tidur,” ujar Fadil yang dikutip dari Kompas.

Ratusan anggota DPR bolos dan tak hadiri pelantikan pimpinan DPR periode 2019-2024

Kursi anggota dewan di parlemen yang terlihat kosong [sumber gambar]
Bukan hanya tidur, para anggota dewan lainnya juga memperlihatkan sikap kurang disiplin. Ya, Sekitar 290 anggota DPR bolos dari ruang rapat paripurna dan tak menghadiri pelantikan pimpinan DPR periode 2019-2024. Dari total 575 anggota DPR RI periode baru, hanya sejumlah 285 orang yang hadir dan mengisi daftar hadir. Sementara itu, ari 711 anggota DPR dan anggota DPD, sebanyak 335 anggota tidak hadir saat sidang paripurna MPR.

Mengundang rasa keprihatinan dari pengamat anggota parlemen

Buntut dari peristiwa yang ada, kemudian menjadi sorotan beberapa pihak. Menurut, Pengamat politik dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Kuskridho Ambardi, menilai, kehadiran dalam sidang paripurna jadi faktor penting yang perlu disoroti karena menunjukkan keseriusan wakil rakyat dalam bekerja. Selain itu, Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia (LSI), Djayadi Hanan juga mengatakan bahwa kinerja DPR di hari pertama ini menjadi awal yang buruk. “Ini awal yang buruk. Membuat kita bisa pesimis,” kata Djayadi yang dikutip dari Liputan 6.

Sikap serupa yang seolah terus terjadi berulang-ulang

Seorang anggota DPR sedang tidur dalam sidang paripurna DPR – Foto: Wildan Almasihu Royan/Rakyat Merdeka [sumber gambar]
Sikap kurang disiplin seperti bolos kerja dan tertidur saat sidang berlangsung, sejatiya bukanlah hal yang baru di dalam parlemen. Hal serupa juga kerap terjadi di periode-periode sebelumnya. Entah karena sudah menjadi kebiasaan atau ada faktor lain, kejadian tersebut seolah tak pernah absen terjadi di sana. Jangan heran jika masyarakat terkadang merasa muak karena merasa telah ditipu oleh yang notabene berhasil duduk di parlemen lewat suara rakyat.

BACA JUGA: 5 Fakta Para Anggota DPR dan DPD yang Dapat Tabungan Pensiun Rp 7,5 Miliar

Padahal, kesan pertama bagi seorang anggota DPR seharusnya mencerminkan dirinya sebagai figur yang memang benar-benar bekerja untuk rakyat. Sayangnya, peristiwa di atas justru membuat mereka terlihat jauh dari kesan tersebut. Ya, kita tunggu saja kinerja mereka dalam lima tahun ke depan.