in

Awas, “Man Boobs”, Kelainan Dada Pada Laki-laki yang Sering Bikin Ngeri Sendiri

Beberapa waktu yang lalu instagram sempat heboh dengan sebuah postingan viral mengenai foto seorang pria. Bagaimana tidak, ternyata bagian dada lelaki tersebut membesar layaknya payudara wanita. Netizen pun dibuat penasaran bagaimana hal itu bisa terjadi, apakah sebuah penyakit atau memang kelainan sejak lahir.

Tentang penyakit aneh yang menjangkiti pria itu, ternyata setelah ditelusuri hal itu bisa terjadi pada lelaki di mana saja loh. Ya, penyakit man boobs ini tejadi karena berbagai faktor, mulai dari kesehatan hingga pola hidup. Agar tidak penasaran, berikut informasi lengkap mengenai kelainan itu.

Apa itu man boobs?

Sebenarnya dari namanya saja kita sudah tahu, ya sebuah kelainan keadaan dada laki-laki yang membesar layaknya seorang perempuan. Secara medis, penyakit ini biasanya disebut dengan gynaecomastia. Umumnya, penyakit seperti ini terjadi pada mereka yang berumur lebih dari 30 tahun, namun ada juga yang terkena saat berumur masih belia.

Man boobs [image source]
Rupanya hal itu terjadi karena pola makan dan hidup yang tidak sehat. Memang, pada dasarnya, man boobs ini adalah kelainan hormon akibat faktor-faktor tertentu. Ya, singkatnya hormon esterogen yang biasanya banyak pada tubuh perempuan meningkat drastis karena alasan khusus. Akibatnya, membesarlah dada pria seolah seperti payudara perempuan.

Makanan cepat saji bisa meningkatkan kemungkinan terjadi

Seperti yang sudah dijelaskan, kelainan ini terjadi akibat hormon estrogen yang jumlahnya banyak pada tubuh pria. Hal tersebut dapat terjadi karena dipengaruhi banyak faktor, salah satunya adalah konsumsi makanan. Ya, rupanya kemungkinan besar seorang pria mengalami kelainan semacam ini karena mereka mengonsumsi terlalu banyak makanan atau minuman yang mengandung estrogen juga.

Pola hidup dan makan [image source]
Contohnya susu kedelai, tahu atau segala sesuatu yang terbuat dari kedelai. Selain itu makanan cepat saji juga jadi penyebab kelainan ini terjadi, karena meningkatnya lemak dan kandungan lain dalam tubuh mengakibatkan hormon estrogen dalam tubuh seseorang jadi melimpah.

Untuk beberapa kasus, man boobs tidak berbahaya

Pada saat seseorang mulai mengalami man boobs ini, ada beberapa gejala yang mengawali. Mulai dari keadaan dada yang sedikit nyeri hingga perubahan tampilan secara fisiknya. Namun demikian tidak ada hal berbahaya ketika terkena man boobs ini, selain tekanan psikis yang biasanya terjadi. Ya, umumnya mereka yang terkenan gynaecomastia, merasa malu akan keadaan dadanya yang agak berbeda dengan pria lainnya.

Operasi sedot lemak dan pengangkatan [image source]
Namun lain lagi kalau sakit yang dialami berkepanjangan atau membesar sebelah. Pasalnya kalau kasusnya seperti itu, bisa saja seorang pria sedang terkena kanker payudara, bukan man boobs biasa. Meskipun rasionya sangat kecil, satu banding seratus ribu, namun pria mesti juga perlu hati-hati.

Beberapa cara untuk menyembuhkan

Pengobatan pada gynaecomastia,masih belum jelas diketahui. Beberapa pria yang mengalami man boobs ini dulu sempat melakukan sedot lemak, ya mereka berhasil namun hanya sementara. Pasalnya beberapa saat kemudian, kelainan ini muncul lagi. Cara lain yang dilakukan adalah meminum obat penghambat hormon esterogen, beberapa kasus berhasil, namun yang lainnya tetap tidak berubah. Kalau tidak, ya operasi pengangkatan.

Olahraga [image source]
Tapi teknik pengobatan yang paling sering mendapatkan kesuksesan adalah mengubah pola hidup dan makan menjadi yang lebih sehat. Selain itu olahraga yang teratur juga membantu untuk menurunkan lemak yang ada di daerah sekitar dada. Memang sih tidak berbahaya, namun secara estetika, agak gimana gitu kalau laki-laki lihatnya.

Tuh kan, mungkin sih tidak berbahaya, tapi agak gimana gitu lihatnya. Ini pelajaran buat kita agar lebih menjaga kesehatan dan mencoba hidup sehat. Soalnya makin hari bakal tambah banyak pula penyakit yang aneh-aneh macam begitu.

Written by Arief

Seng penting yakin.....

Leave a Reply

Nostalgia Telenovela Betty La Fea, Inilah Kabar 5 Pemainnya Sekarang

Selain Apartemen, Ini Lho 7 Mega Proyek Fantastis yang Pernah Diusulkan DPR tapi Ditentang Habis-Habisan Semua Pihak