in

Menengok Pesona Keindahan Alam Jatiluwih, Cagar Budaya UNESCO yang Jadi Destinasi Barack Obama

Pesona keindahan Jatiluwih. [Image Source].

Industri pariwisata Indonesia semakin bergairah berkat kedatangan Eks Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, ke salah satu pulau surgawi di tanah air, pulau Bali. Ia datang bersama keluarganya untuk tujuan liburan. Di Bali, Obama beserta keluarga telah dan masih akan mengunjungi berbagai lanskap indah yang terhampar di pulau Dewata. Salah satu tempat menakjubkan yang menjadi destinasi mereka adalah Jatiluwih.

Jatiluwih adalah sebuah desa yang terletak di Kabupaten Tabanan. Daya tarik utama desa ini adalah keberadaan hamparan sawahnya yang berundak rapi dan sistematis. Panorama yang mampu menggetarkan hati penikmatnya ini bahkan sampai diakui oleh UNESCO, sebagai salah satu warisan budaya dunia yang keberadaannya mesti dijaga dan dilestarian. Berikut fakta-fakta Jatiluwih yang lainnya.

1. Asal usul nama Jatiluwih

Pesona keindahan Jatiluwih. [Image Source].
Konon, dulunya desa ini bernama desa Girikusuma. Pada masa itu, tersebutlah seorang tokoh agama bernama Ida Bagus Anger yang bermeditasi di tempat ini. Setelah beliau resmi diangkat menjadi pendeta, maka desa Girikusuma berganti nama menjadi desa Jatiluwih. Secara etimologis, nama Jatiluwih berasal dari dua kosakata Bahasa Bali, yakni Jati yang berarti Benar dam Luwih yang berarti bagus/indah, sehingga Jatiluwih punya makna benar-benar indah. Sesuai dengan pesona alam yang ditawarkannya.

2. Cocok buat kamu yang jenuh dengan tempat wisata modern di bali

Pesona keindahan Jatiluwih. [Image Source].
Pesona alam yang masih terjaga dan belum begitu terjamah dengan sentuhan modernitas, justru menjadi alasan mengapa banyak orang yang kepincut dengan keindahan Jatiluwih. Kawasan ini menjadi tempat yang tepat untuk “melarikan diri” dari hiruk pikuk perhotelan mewah hingga tempat wisata lain yang terlalu kental dengan citra kota besar. Di sinilah kita bisa menikmati kesejukan alam yang asri dan tradisonal ala Bali.

Leave a Reply

Menengok Khidmat dan Bahagianya Momen Lebaran Para Pasukan Perdamaian TNI di Negeri Orang

12 Foto Orang-Orang yang Selamat dari Maut Ini Akan Membuatmu Sadar Kalau Kematian Memang Begitu Dekat