in

Keiko Kondo, Istri Jepang Pertama dari Soekarno yang Konon Telah Dihapuskan dari Sejarah

Keiko dan Soekarno

Selama ini kita mengenal dengan baik bahwa Bung Karno memiliki 9 istri resmi yang salah satunya bernama Ratna Sari Dewi. Dia dianggap sebagai satu-satunya istri Bung Karno yang berasal dari Jepang. Mereka menikah pada tahun 1962 dan dikaruniai seorang anak bernama Kartika Sari Dewi Soekarno.

Beberapa saat lalu, di sebuah grup Facebook bernama The Lost History of Nusantara seorang anggota bernama Julian Permana memposting foto dari wanita Jepang. Posting itu mengatakan bahwa wanita yang ada di dalam gambar itu bernama Keiko Kondo. Dia adalah istri Jepang pertama dari Bung Karno yang konon dinikahi secara resmi sebelum Ratna Sari Dewi.

Keberadaan istri yang hilang dari Bung Karno ini tentu membuat banyak orang jadi penasaran. Iyakah proklamator kita punya dua istri gadis Jepang ataukah hanya kesalahpahaman dari sebuah postingan di bawah ini?

Postingan Julian Permata [image source]
Postingan Julian Permata [image source]
Teks lengkap dari Julian Permata bisa Anda simak berikut ini:

KEIKO SUKARNO In memoriam to beloved one,, Keiko Sukarno atau lebih di kenal dengan nama KEIKO KONDO adalah sosok paling misterius yang tidak banyak orang Indonesia dan Jepang sendiri tahu bagaimana rupa cantiknya Keiko Sang Istri Muda Presiden Sukarno,, heran tidak ada Satu pun yang tersisa mengenai sosok wanita Jepang yang cantik ini yang dinikahi Presiden Ir. Sukarno, Istri Jepang pertama sebelum Dewi Sukarno asal Jepang di nikahi menjadi Istri asal Jepang ke dua,,, Keiko yang cantik nan Malang,,, cinta mu kepada Suami mu begitu dalam namun sungguh tragis nasibmu,, Engkau berpulang begitu cepat dan tak ada Satu pun orang Indonesia Muda saat ini tahu bagaimana Wajah cantikmu nan rupawan,,, Engkau tercatat sebagai Istri pertama dari Jepang namun tidak ada Satu pun foto yang tersisa seperti apa sosok dirimu,,, seperti nya engkau sengaja ” dihilangkan ” dengan Tiada Satu pun Arsip foto dirimu nan cantik Jelita pada Arsip sejarah Indonesia Maupun di Japan sendiri,,, Keiko Cang,,, I found ur foto accidently in one of my old book previous collections,, Arigato Gozaimasu for everything that u have Came to my Country Indonesia and died tragically in Indonesia, u might be forget by most of Indonesians,,, but for me u are a very nice person,,, so every Indonesians here will remember this is Keiko Sukarno, the first Japanese wife who love Sukarno so well,,,

Dari postingan di atas kita bisa mendapatkan beberapa fakta. Pertama adalah Keiko Kondo dinikahi Bung Karno secara resmi. Sayangnya, kepergian dari Keiko yang cepat membuat semua orang melupakannya. Bahkan keluarga besar dari Bung Karno sendiri tidak mengetahui keberadaan Keiko dengan jelas dan tetap menganggap Ratna Sari Dewi sebagai istri Jepang pertama.

Soekarno, Fatmawati, Keiko [image source]
Soekarno, Fatmawati, Keiko [image source]
Keberadaan Keiko Kondo terungkap setelah Julian Pertama menemukan arsip Majalah Sari (saat ini bernama Intisari) edisi Desember 1964. Majalah ini membahas tentang Keiko Kondo yang sangat malang itu. Dia dinikahi secara resmi meski akhirnya meninggal dunia dengan cara mengerikan. Berdasarkan penuturan dari Julian Permana, Keiko Kondo meninggal karena bunuh diri.

Keiko Kondo
Keiko Kondo

Seiring berkembangnya waktu, keberadaan dari Keiko Kondo hilang begitu saja. Padahal dia juga merupakan salah satu istri yang sangat mencintai Bung Karno. Sama halnya dengan istri yang lain, dia mau mengabdi dengan sepenuh hati meski berakhir dengan sesuatu yang mengerikan.

Kalau Anda mencari nama beliau di Google atau sejenisnya, niscaya akan susah sekali mencari jejaknya. Meski demikian, keberadaan dari Keiko Kondo tetaplah penting karena menjadi salah satu bagian dari sejarah pemimpin pertama di Indonesia. Dari sini kita bisa menyimpulkan bahwa Bung Karno memiliki 10 istri yang syah dalam hidup.

Written by Adi Nugroho

Leave a Reply

Pembunuh Bayaran Paling Ganas di Indonesia Ini Terkenal Jago Membantai Korbannya

Menengok Gunung Olympus di Mars yang Ketinggiannya Takkan Bisa Kita Bayangkan